18 Makanan Khas Aceh Paling Terkenal

Aceh adalah daerah paling utara berdasarkan pulau sumatera. Terkenal dengan nama serambi mekah karena nuansa syariat islam yg kental. Konon orang aceh merupakan keturunan arab cina eropa serta hindia (india) yg tiba melalui jalur migrasi. Hal ini mampu dicermati dari postur serta perawakan orang aceh yg berkulit gelap serta postur tinggi lebih seperti orang india. Hal lain kesamaan orang aceh serta india terletak dalam kuliner khasanah kuliner aceh mempunyai kemiripan menggunakan olahan makanan india. Makanan kaya rempah serta beraroma kuat menjadi ciri khas kuliner aceh sebagaimana masakan asia selatan termasuk india..
Nah bila anda berkunjung ke aceh jangan lupa mencicipi beberapa list kuliner spesial aceh yg memang terkenal pinya cita rasa spesial dan pastinya enak. Berikut ini merupakan kuliner spesial aceh paling terkenal dan terkenal
1. Martabak Aceh

Martabak ini adalah martabak spesial Aceh yang berbeda dari martabak yang biasa kita kenal. Bagaimana menggunakan cita rasa makanannya? Martabaknya tentu berbeda dengan martabak yg biasa kita temui. Dengan bahan dasar roti Cane, Sedangkan martabaknya sepintas mirip menggunakan telor dadar biasa, akan tetapi waktu digigit baru terasa perbedaannya. Martabak ini menggunakan roti cane menjadi "kulitnya", dan menggunakan rasa yang gurih serta sedikit pedas, martabak aceh ini lezat buat disantap sebagai cemilan serta Sangat dianjurkan dinikmati menggunakan Coffee.
2. Ayam Tangkap

Ayam tangkap merupakan makanan khas Aceh Besar, terbuat menurut ayam yang pada goreng menggunakan cabai hijau dan daun Teumuru atau Salam Koja atau Daun Kari (orang Aceh menyebutnya Teumuru sementara dua nama lainnya aku dapat dari. Rasanya memang misalnya ayam goreng biasa ditambahi aroma daun teumuru dan cabe hijau sebagai akibatnya mempunyai sensasi rasa tersendiri. Ayamnya dipotong kecil-kecil sehingga tersembunyi dibalik tumpukan daun teumuru serta cabai hijau goreng serta taburan bawang goreng di atasnya, mungkin lantaran tersembunyi itulah maka dinamakan ayam tangkap
3. Kuah Sie Itek

Masakan Itik atau Bebek sangat poly ragam serta macamnya di Nusantara. Tapi yang ini kentara beda karena masakan bebek ini punya resep sendiri menurut Aceh. Gule itek menurut Aceh yg paling populer dating dari Bireun pada daerah ini bumbunya sangat terasa. Penasaran? Anda mampu eksklusif mencobanya pada restoran-restoran spesial Aceh yg terdapat di sekitar tempat tinggal anda
4. Kuah Beulangong

Gulee Sie Kameng atau sering disebut jua menggunakan Kuah Beulangong merupakan masakan Aceh sejenis gulai yang berbahan baku primer daging kambing serta nangka muda (orang Aceh menyebutnya boh panah), dan disertai rabat pisang kepok. Dengan bumbu khas Aceh seperti capli kleng (cabe kemarau), u neu lheu (kelapa gongseng), kayu mameh (kayu cantik) serta bumbu-bumbu yg lainnya, aroma kuliner ini tercium amat khas. Konon pada kalangan orang Aceh ada suatu bumbu yg membuat daging kambing berdasarkan kuliner ini sebagai empuk dan nir berbau. Gulai ini bisa dimakan panas atau dingin.
5. Kuah Eungkot Paya

Rasa yg lahir menurut bumbu cabai kemarau, kelapa gonseng yang digiling, halia, bawang merah, bawang putih serta disiram menggunakan santan angka 3. Semua rasa ini mengingatkan kita dalam campuran masakan bernuansa India melayu muslim, yang dijuluki dengan masakan “mamak”, terutama populer pada Malyasia, buat membedakan masakan India menurut komunitas hindu.
Nama gulai ini diambil dari ikan (eungkot) yang sebagai menu utamanya. Ikan yg hidup di rawa-rawa sawah semacam lele yang diklaim seungkoe, gabus yang diklaim bace ataupun sepat dan kruep. Tapi yang umum diperjualbelikan adalah lele serta gabus.
Untuk mendapatkan rasa istimewa ikan gabus dan lele haruslah yang terbaik. Lele misalnya, wajib lele padi yg dibersihkan hingga putih dan hilang bau tanahnya menggunakan tambahan sayur berdasarkan jantung pisang menjadi gulainya. Biasanya jantung pisang uak. Dan ada juga dicampur menggunakan nangka atau pisang kepok belia tergantung berdasarkan mana tempat berasal muasal penjualnya.
6. Kuah Masam Keueung

Masakan Asam Pedas adalah kuliner yg ada hampir diseluruh Indonesia, bahkan Asia Tenggara dengan nama bermacam-macam. Di Aceh Masakan ini bernama Asam Keueung atau Masam Keueung yang arti secara harfiah merupakan Masam Pedas.
7. Gulai Kambing

Gulai kambing Aceh memiliki rasa yang khas, lantaran menggunakan bumbu spesial Aceh. Dimasak menggunakan memakai kuali besi yang besar dan terus di rebus. Artinya kapanpun anda pesan gulai kambing selalu dihidangkan pada keadaan panas, daging kambing nya pun empuk dan tidak bau. Anda pula akan pada sajikan daging rebus cincang yang pada campur dengan bawang serta cabe rawit tumbuk serta jeruk nipis menjadi pelengkap gulai kambing. Kalo berkunjung ke Banda Aceh ingat buat merasakan sajian yg satu ini.
8. Kuah Pliek U

Kuah Pliek 'U merupakan makan aceh yg sangat populer menggunakan adonan banyak sekali rasa dan kaya akan vitamin dan zat-zat yg sanggup menaikkan gairah dan kekebalan tubuh. Selain itu jua Kuah Pliek 'U jua merupakan makanan yg melambangkan hubungan dan keanekaragaman pada rakyat Aceh yg bisa disatukan pada satu kuali, sehingga mengasilkan rasa yang unik dan digemari sang seluruh masyarakat di luruh dunia. Kuah Pliek 'U juga merupakan media memperkenalkan hasil alam Aceh yg begitu kaya akan jenis sayurnya sebagai akibatnya menggunakan menyantap kuah Piek 'U berarti kita telah menyantap seluruh sayuran yang ada di Aceh. Masakan ini harus dimakan, lantaran pergi ke Aceh tanpa makan Kuah Pliek 'U, sama misalnya belum pulang ke Aceh. Masakan ini sangat gampang didapatkan, 90% tempat tinggal makan pada Aceh niscaya menyediakan Kuah Pliek 'U.
9. Sate Matang

Sate matang telah bergema pada setiap kota semua Aceh, medan bahkan Jakarta. Di mana terdapat masyarakat Aceh bermukim di kota-kota akbar di Indonesia. Pasti ada gerobak yang bertulis sate “sate matang” . Dinamakan sate matang karena asalnya dari wilayah Matang, Bireuen. Yang bikin special sate ini lantaran makanya dengan kuah soto. Di Banda Aceh, poly warung yang menyediakan kuliner ini, keliru satunya adalah di Rex Peunanyong.
10. Asam Keumamah

Kemamah adalah masakan spesial Aceh lainnya menggunakan cita cita rasanya yang sangat menantang. Persis seperti bentuknya, ikan kemamah terbuat dari ikan tuna yg sudah direbus dan dikeringkan yg kemudian diiris-iris. Ikan kemamah dapat dimasak menggunakan menggunakan aneka macam bahan masakan, misalnya santan kelapa, kentang, cabai hijau serta bahan rempahan lainnya. Selama perang Aceh melawan Belanda pada hutan belantara, jenis kuliner ini sangat terkenal lantaran sangat mudah dibawa dan dimasak.
11. Sambai Asam Udeung

Sambai Asam Udeung adalah masakan khas Aceh yg terbuat berdasarkan udang rebus yang dirajang mini dan dibumbui menggunakan bumbu-bumbu bercita rasa asam serta pedas. Di salah satu tempat tinggal makan Aceh di Jakarta, asam udeung ini populer dengan sebutan sambal ganja. Hal ini ditimbulkan sama sekali bukan lantaran makanan ini mengandung ganja, melainkan lantaran sambal ini menciptakan ketagihan orang yg menyantapnya.

Asam udeung ini selain menjadi lauk penyerta untuk disantap dengan nasi hangat, akan namun pula cocok buat digunakan menjadi lauk penyerta Sie Reuboh (daging panaskan) - masakan khas aceh lainnya. Pilihan dagingnya antara lain adalah kambing atau sapi yang direbus dengan cuka, lalu dikeringkan dan digoreng garing. Masakan ini mampu disetarakan dengan homogen dendeng, namun dengan bagian pada daging yg masih lembab.
12. Kanji Rumbi

Kanji Rumbi adalah homogen bubur menggunakan citarasa unik pada provinsi Aceh, seperti dengan bubur ayam yg dijual di daerah lain Indonesia. Kanji rumbi dimasak dengan berbahan primer beras serta rempah-rempahm menjadi pelengkap cita rasanya lazimnya kanji rumbi juga dicampur menggunakan udang serta potongan daging. Tambahan lain yg cukup penting bagi makanan ini adalah sayur-sayuran berupa wortel dan kentang yg dipotong dadu dan dimasak beserta rebusan beras ketika memasaknya. Kanji rumbi ini mudah sekali kita jumpai didesa-desa di Aceh dalam bulan Ramadhan terutama pada daerah Kabupaten Pidie dimana kanji rumbi disediakan secara perdeo di masjid serta meunasah menjadi kuliner berbuka puasa bersama. Dibeberapa kota kabupaten di Aceh pembagian kanji rumbi juga difasilitasi oleh pemerintah setempat dan pembagiannya dilakukan di masjid agung. Biasanya bagi orang yg berpuasa menyantap kanji rumbi dipercaya sanggup menjaga pencernaan sesudah seharian berpuasa.
13. Kari Kambing Pidie

Makanan spesial Aceh Pidie ini cita rasanya relatif dekat menggunakan masakan India. Namanya Kari kambing. Cabai kemarau sebagai bumbu harus karena beliau memberi aroma yang lebih bertenaga, pada samping pemakaian jintan serta cengkeh. Bumbunya lumayan poly, serta itu memberi rasa yang spicy.
Selain bumbu, turut diberi santan yg membuat kari kambing sebagai lebih legit. Yang lebih unik lagi adalah pemakaian labu air menjadi gulai. Untuk kuliner biasa, butir labu jarang dilibatkan, tapi buat kuliner untuk generik, labu dipercaya krusial agar lebih banyak.
14. Dalica

“Dalica” Aceh merupakan salah satu kuliner khas aceh yang terdiri dari daging sapi dipotong kecil-kecil menyerupai potongan sate, terong sayur, udang, pisang mengkal, trus bumbu-bumbu dapur dan santan. Warna Dalica sendiri ampir mirip kuah daging (kuah blangong), tapi isinya lebih poly daripada kuahnya sendiri.
15. Bu Guri

Nasi legit (bu guri) yg dimiliki oleh Aceh beda menggunakan nasi lemak yang biasa dijumpai di tempat lain lantaran diberi paru goreng, kuah lemak, sambal tauco, serta kelapa gongseng. Aroma spesial daun pisang pun makin menggugah selera. Apalagi jika diberi kacang goreng. Tambah mantap rasanya.
16. Boh Puniaram (Perkedel khas Aceh)

Boh Puniaram merupakan sejenis perkedel khas berdasarkan Aceh Besar. Karena tersaji dalam kenduri kematian, maka kuliner ini dibentuk secara sederhana. Bila perkedel biasa terbuat dari daging, maka masakan yg satu ini dibuat menurut kelapa kukur yg dibumbui dengan berbagai rempah misalnya lada, serai, daun jeruk dll. Kemudian campuran tersebut dicampur dengan telur kemudian dibentuk bundar -bundar dan kemudian digoreng.
Walaupun terbuat menurut bahan-bahan yg sederhana, namun cita rasanya sangat lezat !! Apalagi disantap menggunakan kuah lemak. Oh, lezatnya. Susah menggambarkan bagaimana cita rasanya, namun sekitar hampir-hampir mirip menggunakan beulacan dari Pidie.
Dikarenakan masakan ini hanya ditemukan pada kenduri kematian, maka semua orang merindukannya dan semuanya habis pada seketika..
17. Ie bu Peudah

Bahan racikan ie bu peudah terbilang asing bagi warga awam. Masakan ini menggunakan 44 bahan tidak sama. Namun terkadang, Nyak Neh nir mampu menemukan semua bahan itu.
Ie bu peudah adalah kuliner serupa bubur yg penuh rempah-rempah. Tetapi ie bu peudah tidak sinkron menggunakan bubur kebanyakan. Ie Bu Peudah tidak memakai potongan ayam ataupun udang misalnya bubur kanji. Isinya didominasi rempah-rempah sebagai akibatnya sangat kaya rasa.
Makanan ini jarang ditemui, kecuali ketika Puasa. Selain dijual pada pasar, warga di setiap Meunasah di Aceh rutin bersama-sama menyantap masakan ini ketika berbuka. Sebelumnya, masyarakat secara beserta-sama mengolah penganan tadi.
Bahan meracik kuliner itu diantaranya kacang hijau, beras, jagung, lada, jahe, kunyit, serai, ketumbar, bawang putih, pala, sampai lamkeuweuh. Bahan-bahan dibersihkan serta ditumbuk halus kemudian, disangrai sampai kemarau.
Hal yg sama pula dilakukan pada bahan pelengkap dedaunan yg memperkaya racikan bubur. Misalnya daun mireuk, daun saga, daun jeruk purut, daun teumurui, daun camplie buta, daun balek baloe, daun lada, daun kunyit, daun serapat, seumalu batee, seurumpung, tahe peuha, serta balek angen.
Racikan Ie Bu Peudah ini tentu mempermudah siapa saja yang ingin mencicipinya. Pembeli tinggal mengungkep air serta mencampur racikan dengan rabat dedaunan, seperti daun melinjo, daun jeruk purut, daun singkong, jagung, ketela, jahe, kunyit, kacang hijau, daun pepaya, potongan pisang, serta kelapa belia. Bahan tersebut dimasak serta diaduk hingga matang.
Masakan yg didominasi dedaunan herbal serta rempah ini memang memiliki khasiat tinggi. Selain menjaga stamina tubuh sepanjang Ramadan, asupan karbohidratnya tinggi karena bersumber dari beras, kacang hijau, serta jagung.
18. Mie Aceh

Mie Aceh, satu jenis kuliner yg menggoda dari Aceh, dapat dicicipi dengan dua cara, yakni pada goreng atau direbus alias menggunakan kuah. Untuk rasa mampu menentukan sendiri, apakah ingin pedas atau nir. Sebagai variasi mampu meggunakan kepiting, daging atau seafood. Variasi inilah yg nanti memilih nama mienya.
Ok Sobat... Ingat bila berkunjung ke Aceh buat merasakan keliru satu kuliner khas Aceh yang direkomendasikan di atas. Dijamin tidak akan kecewa... Selamat berdestinasi... Salam hangat menurut kami.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI