20 Contoh Pantun Nasehat Anak Orang Tua Belajar dan Agama Terbaru

20 Contoh Pantun Nasehat (Anak, Orang Tua, Belajar, serta Agama) - Pantun dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis seperti pantun jenaka, pantun nasehat, pantun teka teki serta sebagainya.  Salah satu jenis pantun yang nir kalah menarik adalah pantun nasehat. Banyak sekali contoh pantun nasehat yg memiliki amanat atau pesan moral tersendiri bagi pembacanya. Pantun ini mempunyai beberapa contoh seperti model pantun nasehat anak, contoh pantun nasehat orang tua, model pantun nasehat belajar dan contoh pantun nasehat kepercayaan . Keempat contoh pantun tersebut mempunyai ciri yang sama yaitu didalamnya terdapat pengajaran yg dapat diambil. Pantun nasehat juga dikenal menjadi pantun yang mendidik, lantaran berguna dalam mengungkapkan pesan moral bagi warga lebih kurang.
Contoh pantun nasehat atau pantun ajar bisa diberikan dari orang tua ke anak, berdasarkan guru ke muridnya, berdasarkan pemimpin ke bawahannya dan sebagainya. Semua hal tadi dapat dikemas menjadi sebuah pantun yang mendidik. Pada kesempatan kali ini aku akan menunjukkan beberapa contoh pantun nasehat anak, model pantun nasehat orang tua, contoh pantun nasehat belajar, dan contoh pantun nasehat kepercayaan . Langsung saja bisa anda simak di bawah ini.

Contoh Pantun Nasehat (Anak, Orang Tua, Belajar, serta Agama)

Pantun artinya jenis puisi lama yang memiliki makna luas serta biasanya lebih populer menjadi karya sastra puisi lama . Pantun mempunyai susunan empat baris. Setiap baris terdiri dari 8 hingga 12 istilah. Pantun tersebut memiliki pola yaitu a-b-a-b ataupun a-a-a-a. Selain itu pantun nir dianjurkan buat mempunyai pola sajak a-b-b-a atau a-a-b-b. Semua pantun, baik model pantun nasehat ataupun jenis pantun lain, dulunya berasal berdasarkan karya sastra verbal. Namun seiring berkembangnya jaman, pantun tadi berkembang sebagai bentuk goresan pena. Pantun memiliki karakteristik khusus yaitu didalamnya tidak memiliki nama pengarang atau penulisnya. Hal tersebut lantaran pantun penyebarannya melalui media ekspresi. Pembuatan pantun dari jaman dahulu sampai kini nir mencantumkan nama pengarang atau penulisnya. Dibawah ini masih ada beberapa contoh pantun nasehat anak, orang tua, belajar dan kepercayaan .

Contoh Pantun Nasehat Anak

Contoh pantun nasehat yang pertama merupakan kategori anak. Kategori ini cocok untuk anak anak SD, Sekolah Menengah pertama, Sekolah Menengah Kejuruan serta sederajat. Hal ini dikarenakan mempunyai manfaat yg baik pada membangkitkan semangat belajar mereka, dan didalamnya juga terdapat imbuhan pantun jenaka yang menghibur. Imbuhan tersebut bertujuan supaya pantun nir terkesan membosankan serta menjadikan semangat lebih berkobar. Anda bisa menciptakan model pantun nasehat yg latif dengan menambahkan istilah mutiara tentang ketulusan diberbagai bidang. Jenis pantun nasehat sangat diharapkan pada melatih mental anak agar lebih mudah berteman fengan teman lain.
Baca jua: Pengertian Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur serta Contoh Puisi
Jika anda merasa malas belajar, maka dapat mengingat contoh pantun nasehat ini. Dengan kata lain kita berharap agar generasi belia memiliki semangat yg tinggi. Berikut beberapa contoh pantun nasehat anak:
Angan angan di langit biru
Birunya misalnya buku
Hanya iman serta ilmu
Yang menilai derajatmu
Ada ular bersisik sisik
Sisiknya sangat bahaya
Lakukan nasehat yang baik
Agar hayati bisa bahagia
Baca juga: 24 Contoh Pantun Jenaka (Anak, Remaja, Cinta, Lucu, Pendidikan dan Sindiran)
Jalan jalan sama rombongan
Perginya menurut pagi
Ilmu bukanlah kesomboongan
Dipelajari agar rendah hati
Seperti yang kita ketahui bahwa pantun nasehat buat anak berisikan banyak sekali nasehat secara tersirat yang terjadi dalam kehidupan sehari hari. Selain model pantun nasehat buat anak diatas masih terdapat aneka macam model pantung yg dapat kita cari dan temukan pada aneka macam media baik media cetak maupun elektronik.
Orang orang ikut rapat
Rapatnya baru dan luas
Jika ingin ilmu bermanfaat
Pergilah ke guru dengan ikhlas
Ada ayam kehilangan bulu
Bulunya kemana mana
Jika ingin bahagia selalu
Raihlah ilmu apa adanya

Contoh Pantun Nasehat Orang Tua

Contoh pantun nasehat selanjutnya ialah kategori orang tua. Pantun nasehat orang tua adalah jenis pantun nasehat dari orang tua kepada anaknya. Namun sebuah nasehat terkadang tidak bisa pribadi dipahami oleh sang anak. Maka menurut itu kita memerlukan cara lain yang lebih mudah serta baik. Selain itu, nasehat yang diberikan pula nir menyinggung perasaan anak serta lebih mudah masuk serta dipahami menggunakan baik. Nasehat tersebut bisa diwujudkan pada bentuk pantun namun permanen menghibur. Dengan begitu nasehat yg terdapat didalamnya dapat mudah dipahami oleh anak, orang tua, guru serta sebagainya. Dibawah ini terdapat model pantun nasehat orang tua.
Ibu Ibu membeli jamu
Jamunya poly harga
Hormatilah ibumu
Karena Ibu pintu ke surga
Masak nasi tambah cuka
Cukanya dari mamat
Lihatlah anak durhaka
Tersiksa didunia dan akhirat
Pergi ke sawah menanam padi
Kesana tanpa beralas
Tanamlah budi
Dan jangan meminta balas
Orang tua adalah galat satu orang yg harus dihormati. Sebagai seorang anak maupun orang yg lebih muda kita harus pintar pandai mengolah istilah pada berbicara menggunakan orang tua supaya nir menyinggung perasaan mereka. Untuk menaruh saran juga nasehat dalam orang yg lebih tua juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Kita dapat menggunakan model pantun nasehat buat orang tua buat memberikan nasehat secara nir langsung.
Harta emas menurut berlayar
Masak nasi gunakan elpiji
Hutang emas dapat dibayar
Hutang budi di bawa mati
Ada udang di balik batu
Batunya raksasa
Kasih sayang ibu
Sepanjang masa

Contoh Pantun Nasehat Belajar

Contoh pantun nasehat selanjutnya artinya kategori belajar. Belajar merupakan kewajiban seluruh anak, tetapi terkadang para anak kehilangan semangat belajarnya. Semangat tadi dapat naik ataupun turun tergantung syarat belajar. Maka menurut itu kita harus menciptakan cara lain belajar yg lebih menyenangkan. Dengan begitu semangat akan semakin tinggi dan anak dapat lebih cerdas. Salah satu alternatif belajar menyenangkan adalah disajikan pada bentuk pantun. Berikut beberapa model pantun nasehat belajar:
Raja siang sudah tiba
Mengawali hari harimu
Dengarlah wahai ananda
Belajar merupakan tugas utamamu
Ayam jawa ayam kalkun
Disajikan menggunakan nampan
Belajar menggunakan tekun
Membawa kebahagiaan masa depan
Ada talas akbar berjajar jajar
Dibawa ke pasar Rara
Waktu kecil malas belajar
Waktu akbar akan sengsara
Belajar adalah hal yang wajib dilakukan selagi kita masih muda. Tidak hanya kaum muda saja, namun ketika kita beranjak tua kita jua diharuskan buat tetap belajar. Hal ini disebabkan karena belajar adalah proses keberlangsungan dari kita lahir hingga kita tewas. Tetapi sebagian orang masih merasa malas buat belajar, model pantun nasehat buat belajar ini bisa membantu kita mengingatkan orang buat permanen semangat pada belajar.
Poho Kweni berjajar jajar
Daunnya nir dimakan
Jika kamu rajin belajar
Manfaatnya dapat kamu rasakan
Matanya sayu sayu
Karena kurang tidurnya
Orang yang berilmu
Akan gampang hidupnya

Contoh Pantun Nasehat Agama

Contoh pantun nasehat yg terakhir ialah kategori kepercayaan . Pantun nasehat kepercayaan artinya media nasehat dalam mengingatkan serta mengajak kebaikan beragama. Jenis pantun ini juga banyak dipakai buat sarana dakwah. Ilmu kepercayaan merupakan ilmu yang utama karena dapat menciptakan insan hayati bahagia, baik global juga akhirat. Berikut beberapa contoh pantun nasehat agama:
Cahaya surya sangat hangat
Hangatnya sangat menyengat
Belajar dengan semangat
Ditambah dengan niat
Menulis pakai daun lontar
Daunnya berbisik bisik
Belajar bukan sekedar menjadi pintar
Namun menjadikan diri lebih baik
Agama merupakan bagian menurut spiritual manusia, sebagai seorang manusia beradab tentunya kita memiliki keyakinan adanya Tuhan (Allah). Untuk tetap mengingatkan serta menaruh nasehat pentingnya agama dalam kehidupan kita dapat memakai contoh pantun nasehat tentang agama misalnya dibawah ini.
Kami tiba dengan teman
Bawanya batu akik
Al Quran adalah pedoman
Menjadi langsung lebih baik
Banyak nila di pada kolam
Kolamnya ditambah tiram
Bila ilmu lebih dalam
Menjadikan hati lebih tentram
Aku cinta kamu
Mengharap terdapat balas
Bila hati pada penuhi ilmu
Jiwa akbar pikiran luas
Inilah beberapa model pantun nasehat anak, contoh pantun nasehat orang tua, contoh pantun nasehat belajar, dan contoh pantun nasehat agama yang bisa aku bagikan. Pantun nasehat adalah jenis pantun yg didalamnya masih ada pesan moral serta penyajiannya dibubuhi menggunakan pantun jenaka agar lebih menyenangkan. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru