20 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terbaru

20 Pengertian Demokrasi Menurut Para AhliDemokrasi mulai diperkenalkan semenjak dulu. Awal perkenalan demokrasi pertama kali terjadi di kota Athena Yunani pada abad ke lima sebelum masehi. Kata demokrasi dari menurut istilah “Demos” yg berarti rakyat serta “Kratos” yg berarti pemerintahan. Maka dari itu pengertian demokrasi secara singkat yaitu pemerintahan warga . Pengertian tersebut memiliki maksud yang luas yaitu pemerintahan berdasarkan warga , oleh masyarakat serta untuk masyarakat. Hal inilah yg menjadi dasar dalam mengembangkan politik sebuah negara. Pengertian demokrasi pula bisa dikemukakan oleh beberapa ahli.
Walaupun pemerintahan demokratis dipercaya menjadi sistem yang terbaik, namun didalamnya terdapat kekerasan atau anarki. Hal tadi dikemukakan sang tokoh Yunani antik bernama Aristoteles serta Plato. Menurut mereka sistem pemerintahan yg paling baik bukanlah demokratis. Bahkan plato jua mengemukakan bahwa sistem pemerintahan yang paling baik ialah monarkhi karena sebuah negara diperintah secara penuh sang raja demi kepentingan semua rakyat. Untuk lebih memahami makna dari demokrasi ini, anda wajib memahami jua mengenai pengertian demokrasi baik secara umum juga menurut para pakar. Kali ini aku akan menyebutkan mengenai pengertian demokrasi menurut para ahli. Untuk detail dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Menurut bahasa Yunani, Demokrasi memiliki istilah “Demokratia” yang menciptakan istilah demos atau rakyat serta kratein atau pemerintahan (kekuasaan). Demokratis berarti pemerintahan atau kekuasaan warga . Pengertian demokrasi secara umum merupakan sebuah sistem pemerintahan yang didalamnya terdapat kiprah rakyat dalam memerintah sebuah negara. Sistem ini bertujuan buat mewujudkan kedaulatan masyarakat yang diperintah oleh pemerintahan negara. Pedoman utama pada demokrasi merupakan prinsip trias politica. Prinsip tersebut membagi kekuasan politik sebagai 3 bagian yaitu legislatif, eksekutif dan yudikatif. Ketiga kekuasaan tadi wajib mempunyai sifat yg setara satu sama lain dan independen supaya bisa saling mengawasi dan mengontrol. Menurut para pakar, demokrasi mempunyai pengertian yang luas dengan makna yg tidak selaras beda.
Baca pula : Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli
Dibawah ini masih ada penjelasan mengenai pengertian demokrasi dari para ahli:
Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pengertian demokrasi dari KBBI mempunyai dua makna yaitu:
  1. Demokrasi merupakan sebuah bentuk sistem pemerintahan yg didalamnya terdapat peran serta warga pada memerintah negara. Contohnya sebagai wakil terpilih bagi seluruh masyarakat.
  2. Demokrasi ialah sebuah pandangan hidup dan gagasan yang mengedepankan hak, kewajiban dan memberlakukan seluruh rakyatnya sama.

Menurut Abraham Lincoln
Pengertian demokrasi yg kedua berdasarkan Abraham Lincoln. Abraham Lincoln adalah Presiden Amerika Serikat yang ke 16. Berdasarkan pendapatnya, pengertian demokrasi artinya sebuah sistem pemerintahan yg diciptakan menurut masyarakat, oleh masyarakat dan untuk warga . Dengan kata lain warga memegang kekuasaan paling tinggi dalam pemerintahan. Masing masing rakyat dalam pemerintah tersebut memiliki hak kesempatan serta hak bersuara yg sama pada mengatur kebijakan pemerintah. Keputusan dalam sistem ini diambil dari suara terbanyak.
Menurut H. Harris Soche
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut H. Harris Soche. Menurut pendapat dia, Demokasi adalah pemerintahan masyarakat, dimana seluruh orang dapat memegang kekuasaan dalam pemerintahan. Bahkan warga mempunyai hak melindungi diri, mengatur serta mempertahankan diri dari paksaan wakil, badan ataupun orang yang berwenang dalam pemerintahan.
Menurut Hannry B. Mayo
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Hannry B. Mayo. Demokrasi artinya kebijakan yg bersifat generik dalam penentuan dasar secara umum dikuasai sang wakil rakyat dimana didalamnya masih ada pengawasan yang selektif serta efektif. Kebijakan tadi bertujuan untuk memilih wakil rakyat dengan panduan persamaan politik. Penyelenggaraan ini dilakukan dalam keadaan bebas berpolitik.
Menurut Charles Costello
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Charles Costello. Demokrasi artinya sistem pemerintahan politik serta sosial yg kekuasaannya dibatasi sang hukum serta norma melindungi hak pribadi setiap warga negara. Sistem tersebut dilakukan berdasarkan pengakuan warga yang dijadikan menjadi panduan legitimasi serta kedaulatan rakyat. Kemudian akan diwujudkan dalam iklim politik terbuka yang artinya pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) secara terpola dan bebas. Setiap warga negara memiliki hak buat memilih pihak mana yg akan memerintah, bahkan mereka juga dapat menurunkan jabatannya kapan saja.
Baca pula : Proses Pembentukan Peraturan Perundang Undangan Nasional
Menurut John L Esposito 
Pengertian demokrasi selanjutnya berdasarkan John L Esposito. Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang dilakukan dari warga dan buat rakyat. Maka menurut itu masyarakat memiliki hak berperan aktif, berpartisipasi, maupun mengontrol kebijakan pemerintah. Kemudian pemerintah pula memisahkan beberapa forum resmi menjadi banyak sekali jenis unsur yaitu legislatif, eksekutif dan yudikatif.
Menurut Hans Kelsen
Pengertian demokrasi selanjutnya berdasarkan Hans Kelsen. Demokrasi ialah pemerintahan yang dilakukan menurut warga dan untuk masyarakat. Wakil masyarakat yang terpilih dianggap menjadi pelaksana kekuasaan negara. Tetapi masyarakat konfiden bahwa kepentingan serta kehendak mereka akan diperhatikan sang pelaksana pemerintahan.
Menurut Sidney Hook
Pengertian demokrasi selanjutnya dari Sidney Hook. Demokrasi ialah sistem pemerintahan yang keputusannya diambil berdasarkan kesepakatan semua rakyat yg bebas dan berusia dewasa, baik secara langsung juga tidak eksklusif.
Menurut C.F. Strong
Pengertian demokrasi selanjutnya dari C.F. Strong. Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang didalamnya banyak anggota dewan yang berasal dari warga . Mereka ikut berperan aktif dalam kegiatan politik sehingga pemerintahan bisa bertanggungjawab serta menjamin tindakan yang dilakukan dimasa mendatang.

Menurut Meriam, Webster Dictionary
Pengertian demokrasi selanjutnya dari Meriam, Webster Dictionary. Demokrasi merupakan sistem pemerintahan sang rakyat yang mengutamakan kedaulatan lebih banyak didominasi. Kekuasaan tertinggi berada ditangan warga melalui perwakilan warga . Perwakilan tadi dipengaruhi menurut pemilihan umum yg terencana.
Menurut Samuel Hutington
Pengertian demokrasi selanjutnya dari Samuel Hutington. Demokrasi ialah sistem pemerintahan mempunyai keputusan kuat jika wakil rakyatnya dipilih melalui pemilu yang jujur, adil serta terpola. Para calon pemimpin memiliki hak bersaing yang bebas dalam mendapatkan bunyi terbanyak. Bahkan negara yg mempunyai usia dewasa bisa membeberkan suaranya pada sistem ini.
Baca pula : Pengertian dan Macam Macam HAM
Menurut International Commission of Journalist
Pengertian demokrasi selanjutnya dari International Commission of Journalist. Demokrasi artinya sistem pemerintahan yang warganya mempunyai hak dalam menciptakan keputusan politik. Keputusan tersebut melalui wakil warga yg sebelumnya sudah dipilih secara bebas serta bertanggung jawab.
Menurut Yusuf Al Qordhawi
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Yusuf Al Qordhawi. Demokrasi artinya seorang yang ditunjuk sang warga buat mengatur serta mengurus semua urusan mereka. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yg perlu diperhatikan misalnya peraturan yg sudah berlaku bukan termasuk peraturan yg dikehendaki, pemimpin bukan seorang yang dibenci rakyat, masyarakat mempunyai hak menurunkan dan memecat para wakil pemimpin masyarakat jika bersalah, rakyat mempunyai hak buat meminta tanggung jawab kepada mereka, serta warga pula nir berkewajiban buat dibawa kedalam pemerintahan yg nir dikenal maupun tidak disukai, baik pada bidang sosial, politik, ekonomi dan budaya.
Menurut Abdul Ghani Ar Rahhal
Pengertian demokrasi selanjutnya berdasarkan Abdul Ghani Ar Rahhal. Pengertian demokrasi tercantum dalam bukunya yg bernama Al Islamiyyin wa Sarah Ad Dimuqrathiyya. Didalamnya terdapat pengertian demokrasi yaitu sistem pemerintahan warga serta sang warga . Rakyat berperan menjadi asal kekuasaan. Menurut pendapat dia, Plato adalah orang pertama yg menemukan istilah demokrasi serta didalamnya masih ada sumber kekuasaan berupa keinginan satu serta bukan beragam. Bahkan pernyataan ini memiliki kesamaan menggunakan buku Madzahib Fikriyyah Mu’ashirah yang ditulis oleh Muhammad Quthab.
Menurut Affan Gaffar
Pengertian demokrasi selanjutnya dari Affan Gaffar. Pengertian demokrasi dari Affan Gaffar memiliki dua makna yaitu:
  1. Demokrasi normatif adalah sistem demokrasi ideal yang ingin diwujudkan sang sebuah negara.
  2. Demokrasi empirik adalah sistem demokrasi yang diwujudkan dalam bidang politik.
Menurut Amien Rais
Pengertian demokrasi selanjutnya dari Amien Rais. Demokrasi merupakan sistem sebuah negara yang memiliki beberapa kriteria seperti dihadapan aturan memiliki kecenderungan, ikut dan dalam membuat keputusan, memiliki kesempatan serta hak yang sama pada pendidikan, distribusi pendapat yang adil, terbuka serta tersedia pada bidang berita, memperhatikan tata krama politik, memiliki hak protes dan bisa bekerja sama. Selain itu adapula kriteria lain yang pula krusial yaitu kebebasan pada beragama, berpendapat, berorganisasi dan persuratkabaran.
Menurut Robert A Dahl
Pengertian demokrasi selanjutnya dari Robert A Dahl. Demokrasi yang ideal harus mempunyai partisipasi yang efektif, pengontrolan agenda tahap akhir, persamaan hak pilih, pembeberan kebenaran, dan pencakupan.
Menurut Yeni R. Lukiswara serta Sumarno AP
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Yeni R. Lukiswara serta Sumarno AP. Kata demokrasi terdiri berdasarkan kata Demos yaitu masyarakat dan Cratein atau Kratos yaitu pemerintahan. Dengan kata lain demokrasi ialah pemerintahan sang masyarakat. Pengertian demokrasi dalam Declaration of Independent artinya of the people, for the people, and by the people.
Baca pula : Pengertian dan Jenis Jenis Sistem Politik di Berbagai Negara Dunia
Menurut Joseph A. Schumpeter
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Joseph A. Schumpeter. Demokrasi artinya sistem politik yg dilakukan melalui pemilihan generik untuk memilih pengambil keputusan kolektif yang terkuat. Pemilihan generik tadi dilakukan secara terjadwal serta orang dewasa memiliki hak menentukan. Dalam demokrasi ini masih ada 2 hal krusial yaitu partisipasi dan persaingan.
Menurut Ranny
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Ranny. Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yg didalamnya masih ada pengorganisasian serta penataannya dilakukan dari beberapa prinsip. Prinsip tadi mencakup persamaan politik atau political equality, anggaran lebih banyak didominasi, kedaulatan rakyat atau popular soveragnity, dan konsultasi dengan rakyat atau political consultation.
Menurut Philippe C. Schmitter
Pengertian demokrasi selanjutnya dari Philippe C. Schmitter. Demokrasi ialah teori yang menyebutkan bahwa negara diharuskan buat tanggap tentang kebutuhan dan kepentingan warganya. Warga tadi jua ikut berpartisipasi pada mengungkapkan kepentingan dan merumuskan kebutuhan yang bebas dan aktif.
Menurut Sarjen
Pengertian demokrasi yang terakhir berdasarkan Sarjen. Setiap sistem demokrasi berpedoman kepada gagasan bahwa negara wajib ikut dan dalam berbagai hal, baik secara pribadi juga melalui dewan perwakilan pada menciptakan keputusan politik.

Demikianlah penerangan mengenai pengertian demokrasi berdasarkan para ahli. Walaupun poly sekali pendapat mengenai pengertian demokrasi. Namun secara umum demokrasi merupakan sistem pemerintahan berdasarkan masyarakat, oleh rakyat serta untuk rakyat. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI