38 Perguruan Tinggi Tandatangani Nota Kesepahaman Penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan 2018


Dalam melaksanakan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun2017 tentang kewajibkan guru mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi dansertifikat pendidik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)bekerja sama menggunakan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi(Kemenristek Dikti) akan menyelenggarakan program Pendidikan Profesi Pengajar (PPG)Dalam Jabatan Tahun 2018. Kerja sama ini ditandai dengan ditandatanganinya notakesepahaman oleh rektor, wakil rektor dan koordinator PPG dari 38 PerguruanTinggi Indonesia di Hotel Milenium Jakarta, dalam Senin malam (28/05/2018).



MewakiliDirektorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud,Didik Suhardi berharap PPG yg akan dimulai pada 31 Mei 2018 mendatang iniakan berjalan menggunakan baik. “Harapan kami hanya ingin begitu guru-guru keluardari PPG, cara mengajarnya sudah berubah, cara memberi evaluasi berubah, jugayang lebih krusial anak-anak yg diajarpun semakin bersemangat,” ujarSekretaris Jenderal Kemendikbud dalam sambutannya.



Untukpola pembelajarannya, Direktur Pembelajaran Kemenristek Dikti, ParistiantiNurwandani mengungkapkan PPG pada Jabatan 2018 akan mengembangkan sistemhybrid learning menggunakan standar Indonesia, yaitumelalui daring selama tiga bulan dilanjutkan menggunakan workshop tatap muka selamalima minggu, serta terakhir mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL) selamatiga minggu. “Pada tanggal 29 Mei s.D. 4 Juli mendatang kami akan langsungmelakukan kegiatan sosialisasihybrid learning ke38 LPTK,” istilah Paristianti.
Selainitu, beliau juga menambahkan bahwa kerja sama antara 2 kementerian ini telahmenghasilkan modul sebanyak 1.200 modul yg sudah siap diterapkan ke dalamprogram PPG pada Jabatan 2018. “Harapan kami, guru Indonesia betul-betulpreofesional serta tidak kalah dari profesi dokter. Jadi nanti PPG akan samaprestisiusnya menggunakan pendidikan dokter,” ujar Purwanti.
Untukitu, Didik mengungkapkan dalam pelaksanaanya Kemendikbud menyerahkan sepenuhnyakepada pendidik yg terdapat di Perguruan Tinggi. “Teori apapun yan bapak keluarkankami pasrah,branded learning, hybridlearning, ataue-learning,apapun kami terimakasih. Semoga ilmu-ilmu yang bapak keluarkan membawaperbaikan serta perubahan yg signifikan bagi pengajar-pengajar kami pada lapangan,”celoteh Didik Suhardi.



KetuaAsosiasi Lembaga Pendidikan serta Tenaga Kependidikan (LPTK) Indonesia, SyawalGultom menambahkan dalam aplikasi PPG mendatang, para guru akan diberikompetensi-kompetensi baru yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan dapatberfikir kritis sebagai akibatnya para guru mempunyai daya akal tinggi. “Kita sepakatuntuk melakukan perubahan itu dimulai dari guru. Ubah cara membelajarkan guru,guru harus bisa menyampaikan cara berpikir, lantaran mahakarya Aristoteles itulogika. Semakin tinggi cara kita bernalar, semakin cepat negeri ini maju,”pungkas Rektor Universitas Negeri Medan ini.  



PPGdalam Jabatan 2018 akan dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu pada tahap pertama31 Mei 2018 sejumlah 6.775 guru, tahap kedua dimulai lepas dua Juli 2018 dengansasaran 7.112 pengajar serta termin ketiga akan dimulai dalam lepas 1 September 2018khusus buat guru menurut daerah 3T dengan jumlah sasaran 7.000 pengajar. Saat initelah siap PPG dalam Jabatan termin pertama buat 15 bidang studi yang akandilaksanakan pada 38 Perguruan Tinggi pada Indonesia.



Untukpelaksanaannya, pemerintah pusat melalui Ditjen GTK Kemendikbud mengalokasikananggaran pendidikan sebesar Rp.7.500.000,- per orang untuk 20.000 pengajar. Selainpemerintah pusat, terdapat pemerintah wilayah yang mengalokasikan anggaran PPG dalamJabatan yaitu Provinsi Jawa Barat dengan sasaran 650 orang, Provinsi Aceh dengansasaran 230 orang dan Kabupaten Merauke buat target 14 orang.  Sehinggaguru yang akan mengikuti PPG dalam Jabatan berjumlah 20.887 orang.
Sumber : //www.kemdikbud.go.id

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI