4 Contoh Cerpen Singkat dan Unsur Intrinsiknya Terbaru

Contoh Cerpen Singkat danUnsur Intrinsiknya - Cerita pendek atau yg lebih terkenal diklaim dengancerpen adalah sebuah karya tulis yang berbentuk karangan cerita. Cerita pada cerpen sendiri bisa berupa kisah nyata yang diangkat pada sebuah karya sastra atau karya tulis serta bisa pula berupa sebuah karangan fiksi belaka. Sama misalnya halnya karangan sastra lainnya seperti fabel, novel dan sebagainya syarat absolut terciptanya model cerpen yg baik serta berkualitas merupakan terdapat dua buah unsur yang dinamakan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik didalam contoh cerpen tersebut. 

Pada dasarnya masih ada banyak sekali model cerpen singkat dan unsur intrinsiknya yang masih ada pada internet maupun media lain seperti buku, perpaduan cerpen serta lainnya. Disetiap model cerpen yang ada tanpa kita sadari akan terdapat dua unsur pembangun yang dinamakan unsur ekstrinsik serta unsur intrinsik. Untuk mengetahui bagaimana cara menemukan unsur intrinsik dan ekstrinsik sebuah cerpen maka bacalah artikel sebelumnya yang berjudul Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen.

Kenapa cerpen wajib mempunyai unsur intrinsik dan ekstrinsik?. Untuk menjawab pertanyaan tadi maka terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian berdasarkan unsur ekstrinsik serta unsur intrinsik itu sendiri.
  • Unsur Intrinsik merupakan unsur yang terkandung pada cerita dan dapat kita temukan dalam model cerpen itu sendiri. Unsur intrinsik meliputi tema, alur, tokoh, gaya bahasa, latar, amanat, serta lain sebagainya yg berpengaruh menciptakan jalannya cerita.
  • Sedangkan unsur enksrinsik adalah unsur pembangun cerpen berdasarkan luar yang tidak akan kita temukan dalam model cerpen. Unsur ekstrinsik mempengaruhi tata cara tata cara, budaya, pendidikan menurut oleh pengarang dan lain sebagainya.

Dari penerangan di atas bisa kita simpulkan bahwa unsur intrinsik dan ekstrinsik adalah dua buah unsur yg membangun sebuah cerpen. Unsur intrinsik memegang peran penting dalam proses terciptanya sebuah cerpen karena unsur intrinsik akan mensugesti tema, alur, penokohan, serta lain sebagainya.


Dalam artikel kali ini saya akan menaruh contoh cerpen singkat bersama dengan unsur intrinsiknya yang akan kita bahas secara lebih pada. Meskipun pada artikel sebelumnya yang berjudul model cerpen singkat mengenai persahabatan telah saya bahas. Tetapi pada model cerpen singkat kali ini saya akan memberi penekanan lebih tentang unsur intrinsiknya.
Untuk detail simaklah beberapa contoh cerpen dibawah ini lengkap menggunakan pembahasan unsur intrinsiknya:
Contoh Cerpen Singkat

Cinta dan Takdir
Jam dinding terus berputar, gerimis semakin sebagai hujan. Sudah hampir 3 jam dan sekarang hampir mendekati ketika maghrib, Sika yang sejak pergi sekolah terus mengurung diri pada pada kamanya. 
Kembali sika melirik kitab catatan kecilnya seraya kitab catatan itu menyampaikan "baca saya sika!". Namun sebaliknya sika melempar kitab itu ke lantai karena kesal dia menyampaikan "aduhhhh susah banget sihhhh masuk ke otak" keluhnya karena belajarnya tidak mampu aporisma. Karena sika merasa pusing dan lelah akhirnya beliau menyelonjorkan kaki pada kasurnya dan mengambil posisi berbaring. Sembari berbaring entah kenapa ia teringat dengan mantan kekasihnya "hmm andai sajaaaa... AHHH jadi tambah males, kenapa sihhh!" seru sika karena teringat mantan kekasihnya. 
Sama misalnya perempuan pada umumnya yang pernah merasakan jatuh cinta dan patah hati. Sika merasakan hal yg serupa saat masih berpacaran dengan andri. Dalam hatinya sika menyesal lantaran telah menyianyiakan andri "Ah bodoh banget sih saya, kenapa saya dulu harus menyianyiakan andri" Penyesalan itu terus berlajut waktu ia melihat foto andri yg disimpannya dalam laci "ih kenapa saya dulu wajib menciptakan kesalahan". "kenapa aku kurang bersyukur udah punya pacar kayak andri". Meskipun andri bukan laki-laki yg dewasa serta lebih terkesan kekanak-kanakan namun oada kenyataanya sika nir bisa lepas dari andri. Pada ketika andri menaruh sepucuk surat kecil pada sika mengenai perasaanya yg ingin putus sika tidak memahami lagi wajib mengiyakan atau menolak dalam ketika itu. "kenapa saya tidak sanggup berpikir lebih dewasa sih?" ujar sika. Semenjak putus dengan andri sika sering melamun seseorang diri, berkhayal andaikan waktu bisa diputar serta beliau dapat berpikir lebih dewasa dalam ketika andri memberikan surat putus itu.

Meskipun sika hidup pada famili yg lebih terkesan "broken home" lantaran mempunyai seseorang ayah yg ringan tangan nir membuat sika menjadi wanita yang pendiam dan sedih. Sejatinya sika merupakan perempuan yg tegar.

Telolet Telolet! Bunyi bel istirahat di sekolahnya berdering kencang, namun sika tetap nir bergerak berdasarkan bangkunya. Dengan tatapan kosong dan tanpa gerakan selayaknya orang tertidur, sika bengong dan melamun sampai keliru seseorang temannya membangunkan sika berdasarkan lamunannya.

“Sikkk!” sembari memegang tangannya yang menyangga ketua.
“elu kok melamun aja sih, Kenapa?”
“Aduhhh rin, ngagetin dehh, lagi pusing nih.”
“Ohh Pantesan kok keliatan lesu, umumnya jua sholat dhuha kini udah sporadis. Hihihi.”
“Ihhh itu ada andri tuh sikk", ujar rini sembari menyenggol sika. "Paan sih! Kalo kamu suka beliau ya jangan nyenggol aku !" "Yeeee, yg suka saya apa kamuuu?" balas rini menggunakan penuh insinuasi. Sejenak guyonan kedua sahabat itu menciptakan sika tersenyum mini hingga dia iangat insiden pemukulan ayahnya yang dilakukan dalam ibunya tersebut malam. Memang ayah sika adalah orang yang ringan tangan, meskipun ibu sika hanya sekedar mengingatkan jangan merokok dan minum miras namun yg didapat malah tamparan serta pukulan.
"Aku udah putus rin berdasarkan andri" ujar rini" sembari menunda ketawa yang sebenarnya terasa begitu getir di hati. Bukan tanpa alasan hati sika terasa getir lantaran menunda beban pikiran serta beban kehidupan yg ditanggungnya melihat bunda sika selalu dipukul.
Hari demi hari terus berlalu, Tetapi perasaan sika pada andri ternyata tidak bisa berubah. Sika nir dapat membohongi perasaanya bahwa sika masih memendam rasa pada andri. Pada satu siang pada pelajaran matematika, misalnya umumnya sika terlelap pada lamunannya, membayangkan andai saja andri masih menjadi pacar sika "hmm andri andaikan engkau masih jadi pacarku, saya kangen semasa kita pacaran" ujar sika. Hingga salah satu temannya yg bernama trimo menepuk pundak sika dan berkata "sikkk kok ngalamun aja sihhh???" tanpa sengaja sika berteriak karena kaget akan tepukan trimo "ahhhhhhh" teriak sika. Guru matematika sika yg terkesan galak (lantaran memang kebanyakan pengajar matematika galak hehehe) sontak menoleh ke arah sika yang misalnya orang kebingungan. "Sika kenapa engkau ? Ayoo maju sini" ujar bu pengajar. "eee enggak kok bu" balas sika menggunakan paras bingung dan memelas" Seisi kelas menahan rasa ingin ketawa lantaran apabila mereka ketawa telah pasti mereka akan jadi korban selanjutnya hehehe.
Terdapat 2 orang yg tidak tertawa, justru sebalikanya, malah mereka berpikir kenapa sika menjadi begini. Orang itu nir lain serta nir bukan adalah rini serta andri yg merupakan teman sekelas sika. 
"hmmm kenapa ya sama sika, kok makin kesini makin buruk aja beliau" ujar andri.
"apa mungkin karena kita habis putus" "atau lantaran beliau ada perkara" hmmm.

Disisi lain bu yuli selaku guru matematika memarahi sika habis habisan. Seperti orang yg habis makan cabai rawit 1000 biji. Muka mak yuli memerah lantaran menahan murka "Kamu itu yaaaaa, kalo nggak niat ikut pelajaran aku ya gak usah ikut. Ngganggu temenmu yang lain tau gak?! Bikin susah aja!" bentak bu yuli pada sika.
Tulilut tulitu tulilulilut...... 
Bunyi bell sekolah misalnya bunyi es krim campina itu menyelamatkan rini menurut amukan pengajar paling galak disekolahnya. 
"Kamu kepala kelas pimpin doa" perintah bu yuli.
Karena merasa simpatik akhirnya andri menghampiri sika serta menanyakan tentang konflik tadi siang di kelas. "Sik sebenarnya engkau kenapa sih?" tanya andri. Dengan perasaan berbunga bunga lantaran sebenarnya sika masih mencintai andri menjawab "enggak kok enggak nggak papa". "Hmmm lain kali kamu harus lebih berhati hati kalo jamnya bu yuli. Tau sendiri kan bu yuli kalo murka kek gimana" meskipun andri berceloteh panjang lebar namun sika nir memperdulikannya karena yg dicermati sika merupakan wajah dan mata andri yang coklat akbar itu menciptakan sika semakin terpana serta sulit buat melupakannya. "sik??? Engkau dengerin enggak sih?" tanya andri . "ehhh iya maaf saya denger kok, jawab sika.
Malam harinya disaat sika tengah berada dikamar tiba-datang ayah memanggil sika, "Sik, kesini bapak mau bicara krusial". Tidak umumnya bapak sika mengajak bicara sika. Sesudah sika berada di depan bapaknya akhirnya bapaknya menceritakan bahwa dalam besok sore beliau akan dilamar oleh anak teman bapaknya "APAA???? Aku kan masih sekolah pak? Trus gimana sekolahku?!" tanya sika menggunakan paras gundah dan kecewa mendengar liputan yang disampiakan ayahnya. "Yaa kamu kan sanggup tunangan dulu, lulus kuliah nanti baru kamu menikah sama dia, orangnya baik kok" jawab ayah. Sebagai seseorang anak sika tidak bisa melakukan apa-apa lantaran jika ayahnya mengajak berbicara itu bukanlah perundingan melainkan sebuah pemberitahuan yg tidak dapat diganggu gugat. Yang mampu sika lakukan hanyalah bercerita sembari menangis pada ibunya. Sang bunda yg penyanyang serta penyabar sangat mengerti benar perilaku suaminya yg keras ketua. "Sudahlah nakk, turuti dulu apa mau bapakmu" sambil menangis, mak memberi nasehat dalam sika.
Keesokan harinya sika tidak masuk sekolah, Bukan tanpa alasan sika tidak mau masuk sekolah karena beliau sangat kelelahan menangisi nasibnya sepanjang malam. Entah karena kebetulan atau bukan, Namun andri pula nir masuk sekolah hari itu tanpa pemberitahuan yang kentara.
Jam sudah memperlihatkan pukul 16.00 Sika telah harus bersiap siap buat menyambut calon tunangannya. "Buu, saya nggak mau dilamar dulu" pinta sika sambil merengek dalam ibunya" namun mak sika hanya mampu menggelengkan ketua sambil menahan kesedihan.
pada pukul 17.00 tepat datanglah iring-iringan rombongan mempelai pria layaknya program lamaran pada umumnya. Betapa kagetnya sika saat melihat siapa yg keluar berdasarkan kendaraan beroda empat sedan putih tersebut lantaran ternyata calon tunangan yang dijodohkan menggunakan sika merupakan andri sendiri yang merupakan mantan kekasih sika.
"Kamu????" "kok engkau terdapat disini sih?" tanya sika 1/2 tidak percaya.
"Iya ini aku andri" Jawab andri dengan bunyi lirih.
Tanpa basa basi akhirnya sika memeluk erat andri karena memang sika sangat menyayangi andri
"SIk, maafin aku yaa, sebenernya aku sangat sayang dan cinta sama engkau " ujar andri karena memang andri masih sangat sayang pada sika.
"Iya ndri, saya pula minta maaf"
Betapa terkejutnya sika serta andri karena takdir mempertemukan mereka pulang dalam ikatan pertunangan setelah mereka lama berpisah.

Tema: Takdir serta percintaan
Amanat: Dalam kehidupan berpikirlah dua kali sebelum mengambil sebuah tindakan supaya tidak menyesal dikemudian hari. 
Alur: Alur yang digunakan adalah alur campuran (Maju serta mundur)
Setting:
  • Kamar sika pukul 17.00.
  • Rumah sika Pukul 16.00.
  • Sekolahan sewaktu jam sekolah.
  • Kelas pada waktu jam istirahat.

Penokohan serta perwatakan:
  • Sika : sabar, tertutup, tabah, bertenaga, pelamun, taat beribadah.
  • Andri : kekanak-kanakan, pemalu, perhatian.
  • Rini : Setia kawan, perhatian, lucu.
  • Bapak tari : Keras kepala, emosian, egois.
  • Ibu tari: Penyayang, tabah.
  • Trimo: Usil.
  • Bu yuli: Galak, Tidak sabaran.

Sudut pandang : Sudut pandang yg digunakan adalah sudut pandan orang ketiga karena pengarang nir terlibat pribadi pada cerita.

9 Frictions
Aku merupakan seorang anak didik disebuah SMA favorit pada daerahku. Aku memiliki beberapa teman yaitu Cepy, Afif, Rifki, Gery, Riki dan Irfan.
Pada hari jumat kami mendapat tugas IPA buat membuat percobaan seputar Bioteknologi, akantetapi kami tidak lekas mengerjakannya dalam hari itu! Karna kami memiliki kesibukan masing-masing akhirnya kami sepakat akan mengerjakan tugas itu dalam hari kamis pergi sekolah minggu depan dan itu pula dilaksanakan berbarengan menggunakan latihan tari.
Mulanya kami akan ikut latihan tari dulu pada sekolah lantaran memang sedang diadakan latihan buat persiapan sendra tari 2 bulan lagi, tetapi karna keliru seorang kami yg merayakan ulang tahun Rizal mengundang kami buat ikut program ultahnya. Akhirnya kami ikut merayakannya, yaaa walaupun sebenarnya tujuan kami hanya ingin merasakan kudapan manis ulang tahunnya saja, Karena keasyikan makan kudapan manis akhirnya kami lupa terdapat jadwal latihan tari yg wajib dilakukan. Hihihi. Akhirnya kami bergegas ke rumah Gery tanpa afif karena beliau sedang terdapat urusan lain.
Sesampainya dirumah Gery saya beristirahat sejenak sambil menunggu Rifki serta Irfan Tertinggal dibelakang, Tidak lama berselang Irfan serta Rifki sampai yang berbarengan dengan Gery yg membawakan seikat rambutan serta air dingin, Sontak kami eksklusif menikmati suguhan yang diberikan Gery. Tidak usang sesudahnya Irfan mendapat telfon menurut Afif yg pungkasnya minta dijemput pada depan komplek karena ingin ikut mengerjakan tugas. Karena mempertimbangkan jeda tempat tinggal Gery dan depan komplek sangat jauh akhirnya kami putusan bulat buat menjemput Afif serta mengerjakan dirumah Rifki karena tempat tinggal rifki memiliki jeda paling dekat menggunakan depan komplek.

Bersama menggunakan Afif kami menuju tempat tinggal Rifki, Sesampainya disana kami beristirahat sejenak dirumah rifki yg berada di lantai atas. Kami bercakap cakap layaknya sedang mengadakan kedap, padahal hal yg dibahas tidak begitu penting sih hehehe, Tidak lama berselang Rifki memanggil ibunya buat meminta dibawakan makanan dan minuman buat kami. Bukkk bawain kuliner saa minuman dong, pinta Rifki pada ibunya. Iya-iya bentar. Jawab ibunya. Jangan lupa fantanya sekalian bisikku dalam Rifki, hehehhe..
Akhirnya kami pulang kebawah untuk berlatih tari, sembari sekali waktu menyantap makanan yg diberikan ibu Rifki. Hehehe.. Emang sih dalam awalnya kami hanya bercanda. Eh tidak taunya rifki benar-sahih meminta kuliner pada ibunya.
Pada waktu diperjalanan hujan pun turun pulang kami akhirnya berteduhh pada sebuah saung yang tidakk jauh menurut tempat pembuatan roti. Rifki dan Irfan memutuskan utk pergi ke tempat tinggal produsen roti tadi supaya tugas kami cepat selesai jadi aku , Ceppy , Gery dan Riki pun menungguu di saung yang juga merupakan pos ronda. Sesudah beberapa mnt Irfan serta Rifki keluar menghampiri kami dalam waktu keadaan masih gerimis, Kami berharap semuanya telah beres serta terselesaikan, akan namun masih ada proses yakni mengoven roti, dan ternyata dirumah itu hanya menciptakan adonan roti saja yg nanti akan pada panggang pada toko yg letaknya agak jauh berdasarkan loka pembuatan adonan itu. Kami pun pulang walau keadaan masih gerimis, sesampainya di toko Rifki mengusulkan supaya roti dibuat misalnya kata-istilah 9F, akhirnya kami pun setuju ,tetapi Riki mengusulkan istilah kata 9 Fiction yang mempunyai arti 9 Fiksi. Jujur saja aku nir terlalu paham mengapa dia menentukan istilah-istilah itu namun kami menyetujui usulannya tersebut. Karena Rifki risi hujan akan semakin lebat akhirnya beliau menyuruh kami buat pulang kerumah masing-masing serta sisanya dia yang mengerjakan, maka kami pun menyetujui serta pergi kerumah kami masing masing.
Keesokan harinya selesainya kudapan manis jadi, Kami menyerahkannya sebagai tugas boteknologi kami. Tidak disangka-sangka ternyata kami menerima nilai terbaik dikelas.

Unsur Intrinsik Cerpen
Tema : Pertemanan, dan kegigihan.
Sudut Pandang : Sudut pandang cerpen diatas memakai sudut pandang orang pertama.
Amanat : Dalam pertemanan rasa setia kawan merupakan sifat yang wajib dimiliki seorang, jangan menunda-nunda pekerjaan.
Alur : maju
Latar : sekolah , tempat tinggal Rifki , Rumah Gery, Toko Roti, Pos Ronda.
Penokohan serta perwatakan
afif: Baik
Riki: Baik
Cepy: Baik
Aughy: Baik
Gery: Baik
Rifki: Baik, bertanggung jawab dan humoris.
Irfan: Baik

Sebenarnya masih terdapat 2 contoh cerpen singkat bersama unsur instrinsiknya yg ingin saya sampaikan. Dua contoh cerpen singkat tadi mempunyai tema persahabatan dan percintaan yg berjudul:
Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)Contoh Cerpen Singkat Tentang Cinta (Contoh, Struktur, Alur serta Tema)
Silahkan simak kedua contoh diatas buat menambah pengetahuan anda.

Itulah 4 Contoh Cerpen Singkat dan Unsur Intrinsiknya yang bisa aku sampaikan dalam artikel kali ini. Selalu ingat bahwa pada dasarnya buat menemukan unsur intrinsik dalam sebuah cerpen sangatlah gampang apabila kita memperhatikan secara teliti komponen yang masih ada dalam cerpen tersebut. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI