4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap Terbaru

4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap - Bangun prisma adalah bangun ruang yg mempunyai sisi atap dan alasnya sama dan mempunyai sisi samping yg berbentuk persegi panjang. Sebenarnya bangun ruang ini bisa dibagi sebagai beberapa jenis prisma beserta sifat sifat prismanya. Yang membedakan diantara jenis prisma tadi merupakan bentuk alas serta atapnya. Meski begitu secara generik rumus volume prisma dan rumus luas bagian atas prisma sama. Namun yg membedakan diantara jenis jenis bangun prisma tadi ialah luas alasnya saja. Hal ini dikarenakan bentuk alas dan atapnya yang tidak selaras beda.
Bangun ruang prisma sebenarnya mempunyai majemuk bentuk bahkan sampai puluhan serta ribuan bentuk. Namun dalam Ilmu Matematika bangun prisma hanya dijabarkan sebagai 4 bentuk saja. Pada pembahasan kali ini saya akan mengungkapkan tentang 4 jenis prisma beserta sifat sifat prismanya lengkap. Untuk detail dapat anda simak pada bawah ini.

4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap

Prisma dibedakan menjadi 4 jenis yaitu prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima dan prisma segi enam. Setiap bentuk prisma tersebut mempunyai sifatnya masing masing. Dibawah ini terdapat penerangan mengenai jenis jenis prisma lengkap dengan sifat sifat prismanya. Berikut ulasan selengkapnya:

Prisma Segitiga

Jenis prisma yg pertama ialah prisma segitiga. Prisma segitiga adalah bangun ruang prisma yg memiliki alas dan atap yg bentuknya segitiga bersama sisi samping (selimut) yg bentuknya persegi panjang. 
Adapun sifat sifat prisma segitiga menjadi berikut:
  • Bangun prisma ini memiliki 6 titik sudut.
  • Prisma segitiga memiliki 9 rusuk.
  • Mempunyai tiga buah rusuk tegak.

Prisma Segi Empat

Jenis prisma selanjutnya ialah prisma segi empat. Prisma segi empat merupakan bangun ruang prisma yang mempunyai alas dan atap yg bentuknya segi empat atau persegi bersama sisi samping (selimut) yg bentuknya persegi panjang. Bangun prisma ini seringkali diklaim sebagai bangun balok.
Adapun sifat sifat prisma segi empat menjadi berikut:

  • Prisma segi empat mempuntai 2 alas dan 2 atap. 4 sisi samping yang bentuknya persegi panjang dan secara keseluruhan mempunyai 6 sisi.
  • Mempunyai 8 titik sudut.
  • Prisma segi empat mempunyai 12 rusuk.
  • Mempunyai 4 rusuk tegak.
Baca jua : Cara Praktis Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap

Prisma Segi Lima

Jenis prisma selanjutnya artinya prisma segi 5. Prisma segi lima adalah bangun ruang prisma yg memiliki alas dan atap yg bentuknya segi 5 beserta sisi samping (selimut) yg bentuknya persegi panjang.
Adapun sifat sifat prisma segi lima menjadi berikut:
  • Prisma segi 5 mempunyai 10 titik sudut.
  • Bangun prisma ini memiliki 7 sisi, 5 diantaranya adalah sisi samping serta dua sisi lainnya adalah sisi atap dan alasnya.
  • Mempunyai 15 rusuk.
  • Prisma ini memiliki lima rusuk tegak.

Prisma Segi Enam

Jenis prisma selanjutnya adalah prisma segi enam. Prisma segi enam adalah bangun ruang prisma yg memiliki alas serta atap yg bentuknya segi enam beserta sisi samping (selimut) yang bentuknya persegi panjang.
Adapun sifat sifat prisma segi enam menjadi berikut:
  • Prisma segi enam memiliki 12 titik sudut.
  • Bangun prisma ini mempunyai 8 sisi, 6 antara lain merupakan sisi samping serta 2 sisi lainnya adalah sisi atap serta alasnya.
  • Mempunyai 18 rusuk.
  • Prisma ini memiliki 6 rusuk tegak.
Demikianlah penjelasan tentang 4 jenis prisma lengkap dengan sifat sifat prismanya. Prisma bisa dibagi menjadi 4 jenis yaitu prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima, dan prisma segi enam. Semoga artikel ini dapat berguna. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI