5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia Terbaru

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia - Faktor yang menyebabkan keberagaman rakyat pada  Indonesia pada dasarnya sangat beragam. Keberagaman masyarakat dapat kita amati disekeliling kita mulai menurut lingkungan rumah, sekolah, serta lain sebagainya yg meliputi suku, ras, agama, budaya dan gender. Sejatinya Indonesia adalah negara kepulauan yg mempunyai 34 provinsi serta ratusan pulau berpenghuni beredar di indonesia. Dengan angka ini sangat mungkin terjadi keberagaman warga pada Indonesia.
Keberagaan warga sendiri merupakan kondisi dimana didalam sebuah rakyat masih ada poly disparitas baik berdasarkan segi ras, agama, suku bangsa, ekonomi, budaya serta lain sebagainya. Namun menurut keragaman rakyat di indonesia inilah alasan kita menganut semboyan berbeda-beda tunggal ika yg artinya berbeda-beda namun permanen satu. Semboyan bhineka tunggal ika sendiri memiliki makna bahwa meskipun bangsa Indonesia terbentuk menurut keragaman warga namun semua keberagaman tersebut melebur sebagai satu sebagai Indonesia.

Faktor penyebab keragaman masyarakat indonesia pada dasarnya dapat kita temui dalam pelajaran pendidikan kewarga negaraan baik pada jenjang Sekolah Menengah pertama maupun SMA sederajat. Penyebab keberagaman masyarakat Indonesia sendiri bisa dari berdasarkan beberapa faktor misalnya letak geografis, disparitas kondisi alam serta lingkungan, banyaknya pulau serta sebagainya.
Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
Keberagaman masyarakat merupakan sesuatu yang lumrah terjadi pada berbagai negara. Di indoensia sendiri keberagaman dianggap indah oleh masyarakat lantaran ibarat kebun bunga, akan lebih latif apabila masih ada majemuk jenis serta warna bunga yg menghiasi kebun tersebut. Namun sebagian orang pula menganggap keberagaman adalah sebuah ancaman yg bisa memecah belah negara Indonesia. Dengan keragaman dan banyaknya suku bangsa dapat menjadi ancaman bila terjadi kesalahpahaman atau terjadi hasutan berdasarkan pihak luar. Seperti halnya sewakti perang sampit yg melibatkan melibatkan suku dayak dan madura.
Menurut aku sendiri, keberagaman masyarakat yang terjadi di indonesia merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi lantaran nir bisa dipungkiri bahwa negara indonesia adalah negara kepulauan yang terbentuk dari poly suku bangsa yg tidak sinkron beda. Salah satu cara buat menghadapi tantangan tersebut merupakan menggunakan hayati rukun dalam keberagaman serta saling menghormati antar suku bangsa juga umat beragama. Apabila tantangan tersebut bisa dilewati maka tidak menutup kemungkinan Indonesia akan menjadi negara maju yang tenang serta penuh tolenranasi.
Keberagaman rakyat indonesia sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor utama. Berikut merupakan faktor yang menyebabkan keberagaman rakyat di Indonesia.

Indonesia Adalah Negara Kepulauan
Seperti yg sudah aku jelaskan sebelumnya, Negara indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang mempunyai ribuan pulau yang terpisah. Dengan keadaan ini tentunya akan menimbulkan kesenjangan komunikasi antar penduduk pulau satu dan lainnya. Setiap penduduk pulau eksklusif akan menganut kebudayaan, kepercayaan , serta bahasa yang berada di pulau tersebut. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya keberagaman warga di indonesia.
Letak yang Strategis
Indonesia terletak di antara 2 lautan yakni lautan lautan pasifik serta lautan hindia, disamping itu indonesia jua diapit sang 2 benua yakni asia dan australia. Indonesia jjuga dikatakan mempunyai letak geografis yang strategis karena dilintasi oleh jalur perdanganan internasional, Ini sangat mempengaruhi kebudayaan serta keberagaman warga karena perdagangan nir hanya menaruh komoditas dagang saja melainkan juga menaruh impak kepercayaan dan kebudayaan lar pada warga Indonesia. Disamping itu nir sedikit juga imigran yang berbeda ras, agama, budaya dan bangsa tinggal dan menetap pada Indonesia yang menyebabkan terjadinya keberagaman masyarakat.

Perbedaan keadaan alam

Kondisi serta keadaan alam tiap wilayah serta tiap pulau di Indonesua bhineka. Seperti rakyat pesisir pantai, dataran tinggi, pegunungan, serta lembah akan memiliki disparitas dalam kehidupan mereka karena rakyat tadi menyesuaikan syarat alam yang terjadi disekitar mereka. Perbedaan ini mencakup banyak sekali aspek mulai menurut ekonomi, mata pencaharian, budaya, serta lain sebagainya.
Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasaranan yang dimaksut disini adalah transportasi yg ada disetiap pulau. Transportasi adalah suatu hal yg penting karena dapat menunjang komunikasi antar wilayah dan antar pulau. Umumnya transportasi setiap wilayah akan tidak sinkron antara satu dengan yang lainnya. Transportasi sendiri bisa menggambarkan tingkat kemajuan suatu wilayah. Faktor inilah yg nantinya dapat menjadi penyebab keberagaman warga di indonesia.
Perubahan serta Kemajuan
Perubahan dan kemajuan adalah parameter suatu negara dapat dikatakan maju atau berkembang. Umumnya tingkat perubahan serta kemajuan pada setiap wilayah akan berbeda-beda tergantung pada warga disetiap daerah tersebut apakah dapat mendapat perubahan yg baru tadi atau tidak. Sikap serta tanggapan rakyat inilah yang bisa menyebabkan keberagaman yg terjadi di indonesia.
Faktor penyebab keberagaman warga Indonesia bukanlah suatu hal buat ditakuti tetapi ini adalah suatu tantangan yg harus dihadapi. Pada dasarnya perbedaan atau keragaman inilah yg dapat sebagai senjata kita buat melawan gempuran ancaman dari luar asalkan masyarakat itu sendiri bisa hidup rukun saling menghormati dan bertoleransi.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru