5 Macam Ekosistem di Indonesia

Indonesia sangat kaya akan banyak sekali ekosistem mulai menurut dataran pantai sampai pegunungan tinggi yg tertutup es pada Puncak Jaya Wijaya. Diperkirakan ada 47 macam ekosistem khas yg ada di Indonesia. Kali ini kita akan coba pahami lima model ekosistem yg ada pada Indonesia.

1. Ekosistem hutan bakau, masih ada pada wilayah pantai. Ekosistem ini didominasi sang tumbuhan bakau yang hidup di air payau dekat pantai. Ekosistem hutan bakau menjadi loka berlindung ikan, fauna pantai, hewan laut dan burung-burung. Hutan bakau banyak beredar pada pantai utara Jawa, pantai timur Sumatera serta pantai selatan Papua.

2. Ekosistem hutan hujan tropis, terdapar pada menjadi besar daerah Indonesia. Hutan hujan berupa hutan belantara yang lebat serta kaya kan keanekaragaman biologi. Suksesi alam berjalan mulus di hutan hujan sehingga fauna dari yang paling terkecil sampai akbar ada di sini, begitupun tanaman . Hutan hujan banyak masih ada di Sumatera, Kalimantan serta Papua.
3. Ekosistem padang rumput sabana, terdapat di Nusa Tenggara Timur dan Papua. Ekosistem ini didominasi oleh rumput menggunakan semak-semak akasia. Di pada sabana hidup mamaliam besar , herbivora dan karnovora. Contoh hewan yang hayati disini merupakan kuda, rusa serta wallaby.

4. Ekosistem sawah, terdapat pada wilayah pertanian. Ekosistem sawah merupakan ekosistem binaan dengan adanya tumbuhan sejenis contohnya tanaman padi saja, jagng saja, atau kedelai saja. Biodiversitas ekosistem ini rendah jadi suksesi nir stabil. Buktinya insan perlu mengelola sawah menggunakan membuat irigasi, memberi pupuk serta membasmi hama.

5. Ekosistem kota, masih ada di perkotaan. Ekosistem kota juga adalah ekosistem binaan yang terdiri berdasarkan beberapa komponen biotik dan abiotik yg didominasi insan. Kota merupakan wujud dari peradaban manusia yang berkembang.

Di dalam ekosistem yg telah usang terbentuk, keanekargaman biotanya tinggi namun populasi tiap jenisnya mini Contoh keanekaragaman di pada hutan hujan tropik, di dalamnya populasi herbivor kecil. Bandingkan menggunakan pada padang rumput yang punya hebivor pada jumlah besar . Selain itu masih banyak lagi ekosistem pada luar daratan seperti ekosistem pantai, terumbu karang hingga bahari pada.

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI