5 Makanan khas Kamboja Paling Enak dan Populer

Masakan Kamboja adalah galat satu khasanah masakan tertua yang pernah ada. Kuliner ini adalah kombinasi antara citarasa Vietnam serta Thailand. Namun meskipun Anda telah pernah mencicipi kuliner ke 2 negara itu bukan berarti Anda nir perlu mencoba kuliner Kamboja. Kamboja memberikan majemuk makanan yang patut dipuji lantaran kekayaan cita rasanya. Di bawah ini 5 pada antaranya yang direkomendasikan oleh CNN Travel.
1. Semut merah dengan daging serta daun basil

Serangga merupakan bahan makanan yang acapkali dijumpai dalam kuliner Kamboja. Tarantula, jangkrik, belalang, serta kalajengking umumnya dijadikan cemilan khas yang dijajakan pada pinggir-pinggir jalan. Kalau Anda ingin mencoba keliru satu menurut kuliner ekstrem ini, pilihlah semut merah. Rasa serta bentuknya lebih gampang diterima lidah orang asing daripada jangkrik atau kalajengking. Semut merah dalam banyak sekali berukuran digoreng menggunakan jahe, serai, bawang putih, daun bawang dan irisan daging sapi. Untuk melengkapi citarasa alami semut yang cenderung asam, dibubuhi juga cabe yg berlimpah.
2. Kari merah Khmer

Kari merupakan masakan spesial Asia. Tiap negara punya resep khasnya masing-masing, begitu jua menggunakan Kamboja. Di Kamboja kari disajikan dengan kuah merah yg kental. PEnampilannya mirip menggunakan kari khas Thailand. Meskipun terlihat banyak mengandung cabai, ternyata kari Khmer ini tidak sepedas kari pada Thailand. Isinya terdiri dari daging sapi, ayam atau ikan, terong, buncis, kentang, serta santan. Biasanya dimakan dengan roti, hasil menurut pengaruh budaya Prancis yg pernah menjajah negara tadi.
3. Fish a mok

Fish amok termasuk makanan Kamboja yang paling populer. Masakan ini bentuknya menyerupai puding, tetapi mempunyai citarasa yang legit karena terbuat menurut ikan. Yang membuat kuliner ini terasa unik pada pengecap adalah penambahan slok ngor, rempah spesial Kamboja yang rasanya sedikit pahit.
4. Ang dtray-meuk

Ang dtray-meuk sebenarnya adalah cumi-cumi utuh yg dipanggang. Ang dtray-meuk adalah jajanan yg biasa ditemui pada kota-kota pesisir misalnya Sihanoukville serta Kep. Para penjaja kuliner ini umumnya membawa pemanggang yg dipikul pada pundak. Cara pembuatannya sangat sederhana. Cumi-cumi diolesi menggunakan perasan jeruk nipis atau saus ikan lalu dipanggang pada atas barang arang. Untuk penyajiannya disediakan saus kemerahan khas Kamboja dalam mangkuk mini .
5. Bai sach chrouk

Bai sach chrouk berarti babi serta nasi. Kuliner ini merupakan pilihan menu sarapan yang terkenal di Kamboja. Biasanya dijual pada kedai-kedai pinggir jalan dalam pukul enam sampai sembilan pagi. Makanan ini bahan-bahannya relatif sederhana. Terbuat menurut daging babi yg diiris tipis, diolesi kecap, santan atau bawang putih dipanggang di atas bara arang agar rasa cantik keluar. Tersaji beserta nasi acar mentimun. Sebagai pelengkap disediakan kaldu ayam yang ditaburi bawang merah dan irisan daun bawang. Nasi dalam bai sach chrouk terbuat menurut butiran beras patah, beras berkualitas jelek yang biasa dijadikan pakan ayam. Pemilihan beras ini lebih merupakan tradisi Kamboja.kalau sedang berkunjung ke Phnom Penh, Anda akan menjumpai penjaja kuliner ini pada sudut-sudut jalan kota tadi.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI