5 System Operasi Buatan Indonesia

Seiring perkambangan waktu, era digital dan teknologi sudah kian inheren dalam keseharian umat manusia. Salah satunya adalah system komputerisasi yang merambah ke banyak sekali sendi kehidupan. Mulai dari komuter, laptop, gadget serta sebagainya.
Sebelumnya, apakah itu sistem operasi? Sistem operasi merupakan program yg berfungsi mengontrol perangkat keras personal komputer dan menyediakan layanan umum yg bermanfaat buat mengoperasikan perangkat lunak yang terpasang pada personal komputer .
Hingga waktu ini, sistem operasi yang paling banyak dipakai di dunia merupakan sistem operasi windows yg dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Tercatat, terdapat lebih berdasarkan 90% personal komputer dunia yang memakai sistem operasi Windows menyusul dibelakangnya Mac .os X menggunakan 8% serta Linux 1, 57%.
Namun tahukah anda terdapat juga beberapa system operasi yang dibentuk oleh orang indonesia. Meski demikian sebenarnya bukan dibentuk asli namun lebih bersifat dikembangkan. Lantaran basis sytem operasi yang kami sebutkan pada bawah ini adalah linux. Seperti kita ketahui system operasi linux mempunyai banyak sekali turunan. Mulai berdasarkan yg paling populer seperti ubuntu, debian, dll.

Dan berikut adalah beberapa sistem operasi yg dikembangkan oleh orang Indonesia asli
1. BlankOn

BlankOn addalah ditribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan penggerak Linux Indonesia dan Tim pengembang BlankOn. BlankOn sendiri dibuat buat mengikuti kebutuhan pengguna personal komputer yg ada di Indonesia, tampilan grafis dan tema pun diubahsuaikan dengan karakteristik spesial Indonesia. Akses yang ringan dan tidak memakan terlalu banyak ruang sebagai galat satu kelebihan OS buatan Indonesia ini.

Download blankon


2. Garuda OS: 


Dari namanya saja agan niscaya sudah bisa menebak bahwa sistem operasi yang satu ini pasti dikembangkan oleh orang Indonesia. Garuda OS diluncurkan pertamakali dalam tahun 2018 serta mendukung dokumen format SNI (Standar Nasional Indonesia).
Memiliki stabilitas yang tinggi, kondusif berdasarkan virus, dan mendukung beberapa font yg sangat menarik termasuk aksara Indonesia adalah beberapa kelebihan yg dimiliki oleh Garuda OS

download garuda os
3. Dewa Linux

Dewa Linux merupakan sistem operasi yang berasal menurut kota Jember. Di desain hampir seperti menggunakan windows, Dewa Linux terbilang cukup user-friendly. Sistem operasi yg terinspirasi dari Ubuntu 9.04 Codename Jaunty Jackalope ini masih memakai kernel 2.28-15 yang terbukti relatif stabil. Versi rilis terakhir menurut Dewa Linux bernama DewaLinux Papuma. Papuma sendiri diambil dari nama sebuah pantai berpasir putih yg sangat indah Di Jember. Aplikasi yang sangat powerfull serta tampilan yang ciamik sebagai daya tarik tersendiri bagi OS yang satu ini.
4. Kuliax

Salah satu distro Linux protesis anak negeri ini dikembangkan sang KuliaxProject buat kebutuhan pendidikan. Berisi pelaksanaan lengkap yang mendukung kebutuhan perkantoran, multimedia, produktifitas dan utilitas. Kuliax sangat cocok bagi agan yang masih berstatus sebagai mahasiswa di perguruan tinggi. Kuliax sendiri hingga waktu ini telah merilis versi 7.0 codename Lumpia.


5. IGOS Nusantara

IGOS Nusantara (IGN) merupakana distro open source yg dikembangkan sejak tahun 2018 sampai ketika ketika ini. Sejak kemunculannya, IGN sudah menuai banyak pujian menurut aneka macam media serta institusi. Salah satunya diberikan sang majalah komputer terbesar di Indonesia yaitu Majalah Info Komputer.

Beberapa alasan yang mengundang reaksi positif tadi antara lain; IGN memakai kernel yang semakin andal dan handal, tampilan yg manis, Dukungan boot buat perangkat yang memakai UEFI dan masih banyak lagi yang lainnya.

download igos
Itlah beberapa sistem operasi yg dikembangkan sang orang Indonesia asli. Mungkin beberapa OS tadi sudah nir asing lagi di telinga kalian semua. Atau ada beberapa yg mungkin sudah anda mencoba pribadi. Bagaimanapun, baik-buruknya OS tergantung berdasarkan bagaimana dan buat keperluan apa kita menggunakan OS tersebut.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru