6 Contoh Teks Diskusi Singkat Perkembangan Zaman Narkoba Sosial Komunikasi Masyarakat Terbaru

Contoh Teks Diskusi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru - Diskusi umumnya dilaksanakan sang beberapa orang atau grup serta menyampaikan tentang suatu hal. Didalam proses berdiskusi umumnya akan terdapat sapek aspek seperti berita, rumor, argumen, serta sebuah kesimpulan. Didalam argumen sendiri bisa kita klasifikasikan menjadi argumen positif dan argumen negatif.
Didalam contoh teks diskusi singkat yang dibicarakan biasanya terdapat beberapa topik diskusi, diantaranya adalah diskusi tentang kenakalan remaja, tentang teknologi, teks diskusi tentang narkoba hingga diskusi tentang pendidikan. Dalam berdiskusi masih ada anggaran yg harus kita penuhi yakni selalu menghormati perbedaan pendapat lantaran pada dasarnya setiap diskusi niscaya akan terdapat perbedaan pendapat.
Sebenarnya model teks diskusi dapat menggunakan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi anda yg masih pada jenjang sekolah. Selain itu pemanfaatan teknologi yang terkesan telah maju dapat membantu anda mencari model teks tadi. Kali ini aku akan menaruh beberapa contoh teks diskusi singkat dalam bahasa indonesia.
Sebelum mulai membaca model teks diskusi singkat terlebih dahulu anda perlu membaca mengenai argumentasi dalam artikel sebelumnya yg berjudul Pengertian, Ciri-karakteristik, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi supaya anda bisa tahu bagaimana cara berargumen yang sahih.
Contoh Teks Diskusi Singkat
Contoh Teks Diskusi Tentang Pengaruh Teknologi
Perkembangan teknologi berdasarkan tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan menggunakan mulai bermunculannya indera elektronik seperti smartphone, tablet, sampai music player. Di Indonesia sendiri perkembangan teknologi nir bisa dibendung lagi karena mengalami perkembangan yg teramat sangat pesat. Tetapi dibalik perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini, terjadi beberapa imbas dan imbas yg dirasakan oleh poly orang khususnya remaja.
Contoh teknologi yg kini ini menjadi primadona pada kalangan remaja adalah smartphone. Remaja biasanya menyukai smartphone karena penggunaanya yg mudah dan multifungsi, penggunaan smartphone juga dapat memudahkan aktivitas para remaja. Selain itu smartphone memiliki bentuk dan berukuran yang nisbi mini sehingga mudah dibawa kemana-mana.
Namun teknologi yang kita kenal serta tengah akrab pada kurang lebih kita ternyata juga mempunyai impak positif serta dampak negatif. Sebagai contoh bila para remaja terlalu sering memakai teknologi maka hal ini akan menimbulkan rasa ketergantungan serta kecanduan seolah mereka tidak bisa hidup tanpa teknologi. Akhirnya mereka akan jauh lebih mementingkan teknologi yg mereka miliki dibandingkan belajar dan menuntut ilmu. Namun disamping pengaruh negatif, terseliplah impak positif teknologi, yakni dengan menggunakan teknologi seperti smartphone serta tablet remaja akan bisa memanfaatkannya dengan benar seperti contoh buat mengerjakan tugas, mencari materi pada internet, serta saling berkomunikasi menggunakan gampang. Maka berdasarkan itu menjadi seorang remaja, kita harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada buat hal-hal yg positif dan baik.
Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja
Pada era perkembangan jaman kini ini seringkali kali kita mendengar isu serta keterangan tentang pergaulan bebas. Pergaulan bebas sendiri berasal berdasarkan pendayagunaan seksual yang dialami sang remaja. Eksploitasi seksual umumnya terdapat dalam gambar-gambar, dan video tidak senonoh yg marak tersebar.
Umumnya dengan melihat adegan nir senonoh yg masih ada pada video maka remaja akan memiliki anggapan bahwa pergaulan bebas merupakan hal yg lumrah buat dilakukan. Parahnya lagi, nir sedikit pula remaja yang akhirnya terjerumus lebih dalam yakni mengkonsumsi obat-obatan terlarang, merokok, sampai meminum minuman keras.
Bersarkan dasar pemikiran diataslah kami memiliki topik kenakalan remaja menjadi materi diskusi kami kali ini.
Dengan mengetahui serta mengidentifikasi konflik yang dialami oleh remaja, diharapakan dapat mencegah mereka terjerumus ke pergaulan bebas serta dampak dampak negatif yang ditimbulkannya. Untuk mewujudkan hal ini perlu diadakannya penyuluhan kabar dan pengarahan dari pihak-pihak yg dipercaya mampu merubah mental para remaja (motivator).
Contoh Teks Diskusi Tentang Anak-anak
Smartphone merupakan teknologi canggih yg memungkinkan kita buat berkomunikasi baik secara audio juga visual. Karena dipercaya dapat memudahkan segala kegiatan, smartphone akhhirnya dipakai banyak kalangan orang termasuk anak-anak. Tetapi pada dasarnya menaruh ijin pada anak-anak buat menggunakan smartphone masih sebagai bahan perdebatan pada aneka macam kalangan rakyat.
Pihak yang tidak setuju penggunaan smartphone oleh anak-anak berpendapat bahwa sartphone akan merenggut masa kanak-kanak mereka menggunakan konten serta fitur-fitur smartphone. Sehingga anak-anak akan lupa buat bersosialisasi menggunakan lingkungan kurang lebih mereka. Dengan keluarnya smartphone anak-anak akan lebih terpaku pada permainan layar dan melupakan kesenangan mereka semasa mini , hingga mereka menginjak remaja pun mereka akan selalu mempunyai rasa ketergantungan terhadap smartphone.
Namun bagi mereka yang putusan bulat, smartphone dianggap akan membantu anak-anak pada membuatkan kreativitasnya. Selain itu berdasarkan segi orang tua, mereka akan lebih gampang buat mengawasi serta menghubungi anak mereka kapan saja serta dimana saja. Penggunaan smartphone diangga bisa mencerdaskan anak-anak karena smartphone mengandung fitur-fitur buat menunjang pembelajaran.
Berdasarkan kedua pendapat diatas bisa ditarik konklusi bahwa penggunaan smartphone buat anak-anak masih sebagai berdebatan tersendiri di kalangan orangtua. Maka menurut itu sebagai orang tua hendaknya kita bisa memilah dan menentukan pengaruh efek smartphone terhadap anak kita.
Contoh Teks Diskusi Tentang Perkembangan Komunikasi
Seperti yang kita ketahui, kini merupakan era perkembangan zaman. Perkembangan zaman tadi juga menghipnotis perkembangan teknologi di aneka macam bidang seperti medis, komunikasi, trasnsportasi serta sebagainya. Namun apabila dikaji lebih dalam, perkembangan teknologi pada bidang komunikasi akan memegang peran paling akbar. Contohnya saja penggunaan smartphone, Smartphone ketika ini sudah berubah sangat modern yakni mudah untuk digunakan serta memiliki berbagai macam fitur-fitur canggih dan menarik. Tidak heran jika pada era sekarang ini remaja banyak yg menyukai smartphone. Umumnya smartphone digunakan para remaja buat keperluan komunikasi, hiburan serta sebagainya. Namun seperti yg kite ketahui bahwa perkembangan jaman dan teknologi yg terjadi sekarang ini telah memberikan dampak yg akbar bagi para remaja.
Dampak positif menurut penggunaan smartphone buat remaja merupakan mereka bisa mengeksplorasi teknologi lebih luas berdasarkan sebelumnya, memudahkan segala aktivitas mereka mulai menurut berkomunikasi baik visual maupun audio, serta membantu mereka pada mencari materi atau tugas pada internet.
Disamping dampak positif tentunya perkembangan smartphone ini juga memiliki pengaruh negatif pada remaja. Salah satunya adalah penggunaan smartphone bisa menciptakan remaja kecanduan dan memiliki rasa keterantungan seperti tidak bisa hayati tanpa perangkat ini. Tidak hanya itu saja, tetapi penggunaan smartphone yg terlalu over akan menaruh imbas berupa remaja akan malas buat belajar serta akhirnya hal ini akan menurunkan prestasi mereka.
Maka berdasarkan itu menjadi seorang remaja, kita wajib mampu memakai perangkat smartphone kita dengan sahih dan pada porsinya. Jika penggunaan smartphone ini dialokasikan menggunakan benar maka akan lebih poly mengakibatkan dampak positif bagi kita.
Contoh Teks Diskusi Tentang Perkembangan Teknologi di Masyarakat
Zaman dan teknologi saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat di berbagai bidang. Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi tadi kini ini telah mengisi sendi-sendi kehidupan kita. Mulai dari medis, transportasi, komunikasi dan sebagainya terus berkebang misalnya sudah tidak mampu lagi buat dibendung. Perkembangan teknologi pada banyak sekali bidang ini akhirnya menyebabkan beerbagai pandangan pada mata warga . Banyak rakyat yang beranggapan positif dengan perkembangan teknologi kini ini. Tetapi nir sedikit jua rakyat yg menganggap perkembangan teknologi membawa impak negatif.
Masyarakat yang notabennya menganggap perkembangan teknologi menjadi sesuatu yang positif beranggapan bahwa perkembangan ketika ini bisa membantu serta mempermudah segala kegiatan mereka. Mereka menganggap teknologi menjadi sahabat setia yang bisa membantu mereka kapan saja. Seperti model perkembangan teknologi pada bidang transportasi, kini ini manusia nir perlu berjalan kaki terlalu usang buat sampai ke tujuan mereka. Mereka bisa memanfaatkan perkembangan transportasi untuk membantu mereka sampai pada tujuan mereka. Seperti ketika kita hendak pergi melintasi negara kita nir perlu lagi berjalan serta mengarungi lautan luas, tetapi kita hanya perlu naik pesawat yang tujuannya ke negara tujuan kita.
Selain bisa membantu meningkatkan kecepatan transportasi, Perkembangan teknologi juga bisa menghubungkan insan sekalipun pada jeda yg relatif jauh.. Teknologi komunikasi tadi adalah smartphone, perangkat ini memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang yg jaraknya sangat jauh dengan kita baik secara audio maupun visual.
Dalam bidang pengobatan dan medis, perkembangan teknologi telah menolong para dokter menyelamatkan ratusan bahkan ribuan nyawa. Betapa tidak, dengan adanya peralatan medis yang sophisticated tentunya bisa mendukun proses pengobatan seorang. Seperti ketika hendak melakukan operasi pembedahan, para dokter bisa melakukan pembedahan menggunakan sangat akurat dan meminimalisir taraf kegagalan operasi tadi.
Namun pada lain sisi bagi warga cenderung menganggap perkembangan teknologi menjadi sesuatu yang negatif akan berpikiran bahwa perkembangan teknologi yg tidak dapat dibendung ini akan menjerumuskan manusia kejalan yang galat. Ibarat bom waktu, teknologo teknologi yang berkembang saat ini siap meledak kapan saja buat menaruh dampak dan dampak buruk bagi insan. Umumnya warga yg kontra terhadap teknologi akan beranggapan bahwa teknologi hanya membawa pengaruh buruk bagi insan.
Salah satu imbas buruk yg dirasakan aalah insan akan menjadi malas didalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Karena merasa telah dimanjakan sang teknologi, manusia akan menyerahkan segala urusan pada teknologi tadi hingga lupa buat bersosialisasi dengan rakyat. Akibatnya akan terjadi kesenjangan sosial pada lingkup warga . Tidak hanya itu penggunaan teknologi jua dapat menyebabkan rasa kecanduan terhadap pemakainya. Ketika mereka terlepas dari teknologi maka mereka akan merasa putus harapan.
Yang menghawatirkan menurut perkembangan teknologi adalah diciptakannya senjata-senjata sophisticated yg mematikan demi kepentingan militer suatu negara. Senjata senjata tadi biasanya akan dipakai buat saling membunuh satu sama lain dengan alasan buat memerangi kejahatan serta sebagainya. Tetapi tetap saja yang sebagai korban merupakan rakyat sipil yang notabennya tidak tahu apa apa. Senjata yang paling sophisticated dan mematikan saat ini adalah nuklir yang notabennya diklaim dengan senjata pemusnah massal. Senjata ini bisa membunuh jutaan insan pada sekejap mata di suatu daerah pada skala dan radius eksklusif.
Hal yg paling nir mampu diterima dari perkembangan teknologi merupakan teknologi kloning yang sekarang ini tengah dikembangkan. Manusia mulai mencari cara buat menyaingi kekuatan Sang Pencipta menggunakan mencoba memberikan kehidupan dalam objek kloning. Hal ini dikhawatirkan akan membuat insan lupa berdasarkan mana mereka asal dan lupa akan keberadaan Tuhan.
Berdasarkan penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa perkembangan teknologi yg terjadi dalam lingkup kehidupan bermasyarakat memang menyebabkan pengaruh negatif serta positif. Sebagai manusia yg modern serta hidupa pada perkembangan jaman, kita nir boleh melupakan eksistensi Tuhan. Selain itu kita harus bisa buat memebdakan antara pengaruh buruk dan imbas positif dari perkembangan teknologi ini.

Contoh Teks Diskusi Singkat Tentang Kebersihan serta Sampah
Sampah merupakan satu hal yang dianggap sangat meresahkan karena menaruh imbas buruk pada lingkungan. Sampah yang menumpuk umumnya dapat menyebabkan banyak sekali penyakit hingga mengakibatkan banjir. Dalam beberapa perkara, cara menanggulangi sampah dipercaya menjadi permasalahan yg krusial pada beberapa daerah tertentu. Sebenarnya pemecahan kasus mengenai sampah telah sebagai perdebatan sejak dulu.
Banyak orang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak diharapkan lagi, maka berdasarkan itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara di bakar. Tetapi bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dipercaya bukan sebagai solusi melainkan menjadi sebuah bala baru. Sampah-sampah yang dibakar akan menghasilakan polusi udara berupa bau yg tidak sedap dan asap pembakaran yg bisa menipiskan lapisan ozon.
Umumnya orang yang menyayangi lingkungan akan lebih menentukan penyelesaian berupa dekomposting serta siklus ulang. Sebagai model sampah organik seperti daun kering, batang pohon dan sebagainya bisa dijadikan menjadi pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik yg memang tidakd dapat mengalami pembusukan dapat dilakukan siklus ulang.
Pada dasarnya sampah bisa diolah serta dimanfaatkan balik . Pengolahan serta penanganan sampah yang ramah lingkungan merupakan cara paling tepat serta sesuai buat menuntaskan perasalahan sampah yg terdapat.
Itulah 6 model teks diskusi singkat pada bahasa indonesia yang membahas mengenai perkembangan zaman, perkembangan teknologi, narkoba, serta lain sebagainya. Selalu jangan lupa bahwa diskusikan hal yang bermanfaat buat kehidupan anda. Dan dalam proses diskusi kita wajib bisa menghargai perbedaan argumentasi yang terjadi. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI