6 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya Terbaru

6 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya - Contoh teks eksposisi singkat adalah kelanjutan berdasarkan materi sebelumnya yg berjudul Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi. Sebelum kita menginjak contoh teks eksposisi ayo kita ingat tentang teks eksposisi secara umum, pengertian teks eksposisi, teks eksposisi adalah galat satu teks dalam bahasa indonesia yg memiliki tujuan buat memaparkan suatu insiden berdasarkan pengalaman kepada para pembacanya. Sama seperti teks-teks lain pada umumnya teks eksposisi mempunyai karakteristik-ciri spesifik untuk membedakan dengan teks yang lainnya. Paragraf pertama umumnya berisi tesis atau latar belakang hal yg dibicarakan, disambung menggunakan argumentasi ang berisi mengenai pokok bahasan serta diakhiri dengan paragraf penguat yg bertujuan memperkuat argumentasi.
Terdapat banyak sekali contoh teks eksposisi singkat yang bisa kita pelajari, dan model tadi dapat dikategorikan kedalam contoh teks eksposisi tentang pendidikan, politik, sosial, ekonomi budaya serta lain sebagainya.
Karena sifatnya yang terkesan mengekspose atau memaparkan, penggunaan teks eksposisi poly dipakai didalam penulisan majalah, koran serta berbagai meda cetak lainnya. Pada kenyataannya tanpa harus mencari contoh teks eksposisi kita telah kerap kali menggunakannya pada dialog kita sehari-hari. Seperti kita menaruh liputan secara rinci kepada sahabat, kita mengungkapkan materi pada saat belajar kelompok serta lain sebagainya.
Struktur Teks Eksposisi
Sama misalnya teks bahasa indonesia lainnya, teks eksposisis mempunyai struktur yg membedakan teks ini dengan jenis jenis teks lainnya. Struktur teks eksposisi pada umumnya terdiri dari tiga bagian yakni pembukaan, isi, argumentasi dan penegasan ulang.
  • Pembukaan (Orientasi) : Argumentasi adalah bagian pertama yang menyebutkan tentang pandangan penulis tentang perseteruan yg dibahas.
  • Thesis (isi) : Pada bagian ini umumnya memuat penjelasan dari orang lain maupun penulis itu sendiri yang berkaitan dengan topik bahasan teks eksposisi itu sendiri. Pada kebanyakan model teks eksposisi, bagian thesis inilah yang menjadi isi teks yang memuat utama bahasan.
  • Argumentasi : Dalam struktur teks eksposisi kita mengenal istilah argumentasi. Bagian ini akan berisi mengenai bukti konkrit yg memperkuat pernyataan penulis dalam bagian thesis. Umumnya argumentasi akan disertai menggunakan bukti bukti dan keterangan keterangan yang berkaitan langsung dengan topik konflik.
  • Penegasan ulang : Penegasan ulang merupakan bagian penutup dalam model teks eksposisi yang mengandung kesimpulan atau penegasan tentang apa saja yg sudah disampaikan oleh penulis.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya



Contoh teks eksposisi singkat yg akan saya berikan kali ini tergolong kedalam teks eksposisi pendidikan, globalisasi, serta sosial budaya atau alam. Untuk lebih jelasnya simaklah ke 3 contoh dibawah ini.
Baca Juga : Jenis-jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Peningkatan Pendidikan

Tesis : 
Pendidikan adalah hal yang paling efektf dalam memperbarui dunia. Hal tersebut dikarenakan pendidikan dapat dipakai menjadi batu loncatan buat mengetahui segala informasi dan ilmu yg terdapat.

Argumentasi :
Banyak sekali upaya yg dilakukan oleh pihak pemerintah contohnya Indonesia dalam melakukan pembangunan gedung sekolah bahkan hingga melakukan aktivitas bebas biaya sekolah atau sekolah gratis. Di Indonesia peningkatan upaya pendidikan memang tergolong tidak mengecewakan baik. Selain itu hal paling utama adalah harus ada minat siswa buat berprestasi serta belajar. Hal tersebut akan mempermudah pemerintah agar taraf pendidikan pada anak didik semakin meningkat. Sehingga para penerus bangsa bisa memberikan yang terbaik bagi Bangsa serta Negaranya.

Penegasan Ulang : 
Jika peserta didik semakin aktif sert diimbangi menggunakan fasilitas yang baik dapat melakukan kerja sama maka akan meningkatkan martabat Indonesia dikalangan negara negra pada dunia. Apabila hal tadi terjadi maka akan menarik perhatian investor asing buat menanamkan modalnya dinegara ini sehingga taraf ekonomi masyarakat pada negeri semakin semakin tinggi. Peningkatan pedidikan tadi harus diimbangi dengan kompetensi juga kualitas pengajar yang rupawan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Perkembangan Ekonomi Indonesia

Tesis : 
Perkembangan ekonomi Indonesia tetap menunjukkkan output yg efektif walaupun keadaan ekonomi pada dunia sedang mengalami krisis. Peningkatan ekonomi tadi lebih kurang 6,4 % lebih baik dibandingkan tahun kemudian. Hal tersebut dibuktikan bedasarkan catatan suku tahun. Perkembangan ekonomi Indonesia tercatat 57,5% buat daerah pulau Jawa. Hal tersebut membuat Pulau Jawa sebagai pusat perkembangan ekonomi. Apabila dikumpulkan menjadi satu maka perkembangan semester 1 pada tahun 2018 lebih baik daripada semeter 1  tahun 2018 yg hanya berkembang sebesar 6,tiga%. 

Argumentasi :
Walaupun demikian perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan. Hal tersebut dikemukakan sang peneliti ekonomi Indonesia for global justice yang bernama Salamuddin Daeng. Salamuddin Daeng berpandangan bahwa perkembangan ekonomi yang terjadi pada Indonesia nir diimbangi dengan perkembangan kesejahteraan masyarakat. Adapula faktor lain yg menciptakan perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan. 

Faktor tersebut bisa dibagi sebagai empat yaitu perkembangan ekonomi dapat dipengaruhi sang daya konsumsi warga yang berlebihan, semakin banyaknya hutang Indonesia yang bertujuan buat membuatkan perekonomian warga , asal daya alam Indonesia semakin dikuasai oleh pihak asing karena banyaknya penanaman modal asing di negara Indonesia, juga adanya ekspor bahan mentah keluar negri yg semakin meningkat jumlahnya.

Selain Salamuddin Daeng adapula peneliti ekonomi dari Universitas Gajah Mada yg bernama A. Tony Prasetiantono yg  beropini bahwa perkembangan ekonomi Indonesia ditopang oleh area pada negeri. Tetapi dampak berdasarkan krisis global yang terjadi maka membut ekspor dalam suku ke tiga juga keempat tahun ini menurun serta terjadinya penurunan angka perdagangan pada Indonesia. Menurutnya hanya sedikit jumlah angka donatur ekspor terhadap PDB.

Penegasan Ulang :
Dengan tingkat porto yg lebih akbar dengan tingkat aspirasi pemerintah yg cepat dapat mendukung perkembangan Indonesia sesuai pendapat berdasarkan A. Tony Prasetiantono. Hal tersebut bisa menciptakan indikator perubahan ekonomi sebagai kurang dari 5%. Jika taraf inflasi menurun maka jumlah tunjangan akan semakin membesar.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Globasisasi

Globalisasi merupakan tindakan yang mendunia seolah tidak mengenal lagi batas geografis di antar negara.
Keterbukaan dan adaptasi dalam segala bidang aktivitas mengindikasikan bahwa globali sasi sudah meningkat pesat dari tahun ke tahun, mulai menurut sosial, budaya, politik,yang berlangsung secara meluas dengan target yang tepat.
Baca Juga : Pengertian, Struktur, Dan Contoh Teks Eksposisi
Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai negara tentunya membutuhkan satu sama lain, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk terjadi persaingan antar negara tadi. Sumber daya alam, ilmu pengetahuan serta teknologi (IPTEK), hak asasi antara insan dapat ditunjang dengan semakin berkembang pesatnya globalisasi. Sehingga masing-masing negara akan mendapatkan laba berdasarkan negara lain seperti negara indonesia yg memasok daging sapi menurut australia, juga negara malaysia yg mengimport beras menurut negara kita.
berdasarkan penuturan Anton ariska putra, "Globalisasi bisa membawa dampak positif pada aneka macam bidang". Bidang-bidang tadi diantaranya merupakan :
  1. Bidang ekonomi, Dapat menaikkan kualitas SDM karena akan membuka lapangan pekerjaan yang layak.
  2. Dalam bidang politik. Politik dengan asas demokrasi dimana setiap orang behak buat memilih dan bersuar bisa ditegakkan.
  3. Dalam bidang sosial dan budaya. Semakin meningkatnya penggunaan teknologi sang warga dan juga masuknya budaya asing ke Indonesia.
Dengan adanya globalisasi bisa menjadikan negara lebih maju yg nantinya akan meberikan impak positif di banyak sekali sektor. Namun hal yg harus diingata berdasarkan globalisasi adalah kita wajib memproteksi dri daari imbas negatif yang masuk.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Bunga Sepatu

Bunga sepatu merupakan bunga latif yg berwarna merah keputih-putihan, tidak berbau, serta memiliki daya tarik yang kuat karena kecantikannya. Seperti bunga lainnya, bunga sepatu mempunyai cairan nektar, sang karena itu poly kupu-kupu akan menghinggapi bunga sepatu. Kupu-kupu mempunyai hubungan yg erat dengan bunga sepatu, Kupu-kupu menghisap nektar buat memenuhi makanannya, sedangkan menggunakan kupu-kupu menghisap nektar akan menaruh laba pada bunga karena kupu-kupu membantu proses penyerbukan bunga. Proses yg saling menguntungkan ini diklaim sibiosis mutualisme dimana setiap pihak saling diuntungkan.
Baca Juga : Teks Eksplanasi, Pengertian, Struktur, Dan Contoh
Dengan begitu kupu-kupu bisa bertahan hidup menggunakan menghisap nektar bunga serta bunga sendiri bisa berkembang biak menggunakan cara penyerbukan yg dibantu oleh kupu-kupu. Maka dari itu kita wajib melestarikan fauna serta tumbuhan disekitar kita.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan Remaja

Sebelum berkecimpung ke masa dewasa tentunya anak-anak wajib melewati masa remaja terlebih dahulu. Sedangkan usia remaja merupakan usia dimana kita berumur kisaran 11 tahun hingga dengan 20 tahun. Pada masa inilah remaja akan mencari jati diri mereka. Pada masa ini remaja mampu dikatakan berada dala fase rawan lantaran dampak baik maupun tidak baik bisa masuk dengan gampang. Oleh karenanya fase inilah yang nantinya akan menentukan sifat remaja sesudah dewasa.
Tidak hanya berkembang dari segi fisik namun remaja pula akan mengalami perkembangan psikis yang mengakibatkan mereka bisa bergejolak emosinya. Karena itulah remaja harus mampu mengendalikan diri pada lingkungan baik di rumah maupun pada sekolah, serta pada lingkungan rakyat. Pada masa ini peran orang tua sangat dibutuhkan supaya remaja nantinya tidak terjerumus ke hal-hal negatif.
Sudah terbukti bahwa menggunakan pendidikan karakter disekolah bisa membantu para remaja buat menuju hal yang positif. Pendidikan karakter mengajarkan para remaja buat hayati dengan berpegang teguh pada kepercayaan dan norma-kebiasaan yg berlaku.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi remaja buat membantu mereka menuju hal yg positif. Dengan remaja yang positif tentunya akan memicu perubahan yg positif pula pada negara lantaran remaja merupakan pewaris negara ini. Jika memiliki remaja yg berkualitas maka negara jua akan berkualitas pula.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Proses

Memelihara Kebersihan Lingkungan Rumah

Tesis :
Untuk menciptakan kenyamanan pada lingkungan lebih kurang serta memberi model buat lingkungan sekolah maka anda wajib memelihara kebersihan lingkungan rumah terlebih dahulu. Setiap desa sudah menerapkan sistem kebersihan lingkungan rumah. Untuk menarik minat warga maka pihak kelurahan desa sering mengadakan perlombaan kebersihan lingkungan antar desa. Terdapat beberapa cara memelihara kebersihan lingkungan rumah yaitu dengan menciptakan tempat sampah disekitar rumah, membersihkan area kurang lebih tempat tinggal , membuang sampah pada tempatnya dan masih banyak lagi.

Argumentasi :
Setiap hari diadakan pemeliharaan lingkungan tempat tinggal sang setiap  rakyat. Tetapi buat pemeliharaan lebih kurang lingkungan selalu diadakan aktivitas higienis higienis bersama setiap seminggu sekali. Pemeliharaan  tersebut meliputi menyapu laman rumah, membersihkan selokan kurang lebih rumah serta lain lain. Selain hal tersebut setiap minggu para masyarakat diajak buat melakukan aktivitas pemeliharan lingkungan  oleh kepala desa. Dengan adanya pencerahan warga terhadap kebersihan lingkungan maka bisa berdampak baik terhadap lingkungan yg bersih, semakin baiknya hubungan antar masyarakat, serta meningkatkan kerja sama supaya permanen terjalin.

Penegasan Ulang :
Kebersihan lingkungan tempat tinggal dapat menjadi contoh buat pemeliharaan kebersihan sekolah mupun kebersihan lingkungan kurang lebih. Kebersihan lingkungan rumah akan menyehatkan serta menjaga kebersihan seluruh famili yang terdapat pada rumah tesebut. Memelihara kebersihan artinya segala usaha manusia untuk menjaga kesehatan tubuh secara berkelanjutan karena kebersihan tidak selaras menggunakan kemewahan.

Penggunaan blog /webblog
Blog atau webblog merupakan laman yang terdapat pada dunia maya yang menggunakan platform blog gratis, umumnya pengguna blog tau webblog akan menentukan blogspot dan wordpress sebagai platformnya. Untuk bisa menciptakan blog, terlebih dahulu anda wajib memiliki email aktif, gmail merupakan keliru satu layanan email milik google yang dapat kita pakai.
Setelah terselesaikan menciptakan akun gmail, maka kita wajib membuat akun google plus sebagai kondisi mendaftar blogspot. Sehabis kondisi tadi terpenuhi anda bisa membuat blog dengan mengklik create blog. Didalam blog anda bisa menciptakan artikel sama seperti artikel ini. Mengklasifikasikanny menjadi beberapa label serta mulai submit ke google.
Disamping menciptakan artikel anda juga dapat memodifikasi template mengubahnya sesuai dengan asa anda. Ini termasuk pada kategori kreatifitas. Jika anda melakukan browsing anda bisa mencari dan menemukan artikel tentang contoh teks eksposisi serta lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Perbandingan

Jika dibandingkan, orang yg getol bersepeda merupakan mereka yang umumnya tinggal pada wilayah pedesaan, orang desa umumnya memang sangat menghargai kelestarian alam dan lingkungan. Sebaliknya orang perkotaan biasanya lebih memilih menggunakan kendaraan beroda empat buat menunjang aktifitasnya. Meskipun hanya berjarak beberapa meter berdasarkan rumah mereka akan menggunakan tunggangan bermotor buat hingga tujuan. Pada dasarnya kita akan lebih sehat bila berjalan kaki, disamping menyehatkan badan, menggunakan berjalan kaki kita dapat mencegah pencemaran udara serta lingkungan.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Klasifikasi

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang banyak dipakai di aneka macam negara. Pada bahasa inggris masih ada 4 skill utama yg mendasari seseorang dikatakan sanggup berbahasa inggris dengan baik atau tidak. Skill tadi merupakan:
  1. Writing.
  2. Speaking.
  3. Listening
  4. Reading.
Berdsarkan penuturan ahli bahasa (Dr.rudy Setiyanto) Klasifikasi pentingnya keempat skill tersebut merupakan seimbang. Umumnya skill writing akan herbi skill reading karena sebelum menulis kita akan melewati fase membaca terlebih dahulu. Dan skill speaking akan herbi skill listening lantaran sebelum membaca kita wajib mengenal mendengarkan.

Dalam penggunaan bahasa inggris baik disekolah juga lingkungan pekerjaan keempat skill tersebut sama pentingnya. Maka berdasarkan itu kita selalu dituntut buat menilik skill skill bahasa inggris ini sewaktu kita masih di bangku sekolah.


Pada dasarnya contoh teks eksposisi singkat bersama strukturnya bisa menggunakan mudah kita temukan di internet mengingat pertumbuhan teknologi kini in. Selain itu kita juga dapat menemukan gugusan model teks eksposisi ini tanpa sadar saat tengah membaca majalah maupun koran. Sekian tentang artikel 6 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Perlu diingat bahwa penggunaan teks eksposisi harus diadaptasi menggunakan konteks pembicaraan serta topiknya. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI