7 Komoditas Perkebunan Andalan Indonesia

7 Komoditas Perkebunan Andalan Indonesia- Negara Indonesia adalah salah satu dari 17 negara yang memiliki keanekaragaman biologi tertinggi pada dunia. Ribuan bahkan mungkin jutaan spesies baik itu tumbuhan dan fauna beredar menurut ujung barat sampai timur.Keanekaragaman hayati tersebut adalah modalyang sangat berharga bagi kelangsungan hayati sebuah negara. Salah satu manfaat dari keanekaragaman hayati Indonesia adalah di bidang perkebunan. Baca juga: Update kode promo quipper video terbaru

Perkebunan dapat diartikan sebagai aktivitas pengusahaan tumbuhan eksklusif pada tanah atau media tumbuh lainnya pada ekosistem yang sinkron secara profesional dengan bantuan iptek. Dalam hal kepemilikan, perkebunan dapat dimiliki oleh pemerintah melalui PT Perkebunan Nusantara atau dimiliki swasta. Kegiatan perkebunan di Indonesia dimulai ketika era kolonialisme. Berikut ini 7 komoditas andalan perkebunan Indonesia yg terkenal diseluruh dunia.


1. Tebu

Tebu adalah jenis flora rumput-rumputan dan merupakan flora orisinil daerah tropis. Asal mula tumbuhan tebu sampai sekarang belum diketahui menggunakan niscaya tetapi sebagian pakar botani beropini bahwa tebu asal dari wilayah Papua Nugini. Tebu tumbuh menggunakan baik pada ketinggian sampai kurang lebih 1.400 mdpl menggunakan cuaca yg nisbi panas. Tebu dapat dimanfaatkan menjadi bahan dasar pembuatan gula pasir serta penyedap kuliner. Pengolahan tebu merupakan dengan cara mengekstrak batang tebu hingga mengkristal. Perkebunan tebu di Indonesia banyak tersebar pada Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung dan Lampung. Perkebunan tebu umumnya berasosiasi menggunakan pabrik gula di sekitarnya.

2. Teh

Tanaman teh dari menurut Yunan (wilayah Cina) yg adalah daerah hutan transisi tropis menggunakan subtropis. Teh dibawa pertama kali ke Indonesia pada tahun 1684 menurut Jepang serta ditanam sebagai flora hias pada Batavia. Teh tumbuh menggunakan baik di wilayah dataran tinggi dengan ketinggian 200-dua.000 mdpl menggunakan suhu sejuk dan tanah vulkanik belia. Teh dapat tumbuh hingga kurang lebih 6-9 meter  tingginya namun di perkebunan-perkebunan, flora teh dipertahankan hanya sampai satu meter saja supaya memudahkan pada pemetikan daun. Perkebunan teh pada Indonesia tersebar mulai dai Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur.
3. Kelapa Sawit
Kelapa sawit merupakan bahan baku pembuatan minyak goreng. Tanaman ini aslinya berasal dari daerah Afrika (Guinea) serta dibawa masuk ke Indonesia dalam 1848 oleh kolonial Belanda. Tanaman sawit mulai dibudidayakan secara komersial sang pemerintah kolonial Belanda pada 1911. Kelapa sawit tumbuh baik pada ketinggian dibawah 400 meter menggunakan suhu optimal 27o C. Kelapa sawit paling baik di tanam dalam tanah berjenis podzolik diabnding tanah pasir atau gambut. Perkebunan kelapa sawit pada Indonesia tersebar di Riau, Jambi, Sumatera Selatan dan Kalimantan.
4. Tembakau
Tembakau adalah tanaman yg dari menurut Meksiko dan oleh orang sana awalnya digunakan menjadi obat tradisonal. Tembakau tumbuh menggunakan baik dalam wilayah dengan tanah gembur serta mudah menyerap air. Ketinggian loka ideal buat tumbuh kembang tembakau merupakan 0-900 mdpl. Daun tembakau digunakan sebagai bahan dasar pembuatan rokok serta cerutu. Perkebunan tembakau pada Indonesia poly terdapat pada Deliserdang, Klaten serta  Bojonegoro. Tembakau Indonesia banyak pada ekspor ke luar negeri sebagai bahan standar pembuatan cerutu. Baca jua:Zonasi Flora Fauna Perairan
5. Cengkeh
Cengkeh merupakan tumbuhan asli Indonesia yaitu menurut Maluku. Tanaman cengkeh dapat tumbuh menggunakan baik pada ketinggian hingga 900 mdpl dengan suhu antara 21-35 derajat C. Tanah yang paling sinkron buat tumbuh kembang cengkeh merupakan tanah gembur dengan kedalaman air tanah lebih menurut 3 meter. Cengkeh termasuk ke pada rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bahan baku farmasi atau kuliner. Penggunaan cengkeh paling poly adalah menjadi bahan standar rokok. Persebaran perkebunan cengkeh pada Indonesia hampir masih ada pada setiap propinsi.
6. Kopi
Kopi adalah tumbuhan orisinil Ethiopia dan kini ini menjadi komoditas dunia. Kopi pertama kali masuk ke Indonesia dalam tahun 1696 menggunakan jenis kopi Arabica. Pada umumnya kopi dapat tumbuh menggunakan baik pada tanah yang lapisan atasnya pada, gembur, fertile, banyak humus dan tidak kedap air. Tanah vulkanik dengan kandung pasir yg relatif adalah jenis tanah yang paling baik buat tumbuh kembang kopi. Penyebaran perkebunan kopi di Indonesia diantaranya masih ada pada Sumatera Utara, Lampung, Jawa, Bali serta Sulawesi Selatan.
7. Karet
Karet adalah tanaman orisinil Brasil dan sehabis itu menyebar ke seluruh global. Di Indonesia karet mulai ditanam di kebun raya Bogor. Karet merupakan keliru satu komoditas utama Indonesia karena poly menunjang perekonomian negara dari output devisa. Karet dapat tumbuh dengan baik pada tanah vulkanis muda ,tua, tanah aluvial sampai gambut. Ketinggian aporisma buat tanaman karet adalah antara 200-600 mdpl menggunakan suhu antara 25-35 derajat C. Getah karet (lateks) diambil berdasarkan pohon yg telah berusia minimal lima tahun kemudian diolah menjadi lembaran-lembaran yang nantinya diperdagangkan. Luas lahan perkebunan karet pada Indonesia mencapai 2,7 – tiga Ha serta merupakan yang terluas di global. Perkebunan karet pada Indonesia beredar pada banyak sekali propinsi mulai dari Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan. Baca Juga: Jenis-Jenis Terumbu Karang

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI