8 Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris sugestif dan Artistik Singkat Beserta Strukturnya Terbaru

8 Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris, Sugestif, serta Artistik Singkat Beserta Strukturnya - Narasi memang identik menggunakan cerita, narasi merupakan sebuah pengembangan paragraf dalam sebuah cerita maupun goresan pena yg alur ceritanya disusun berdasarkan urutan awalan, tengah, serta akhiran. Paragraf narasi inilah yang akhirnya disusun membentuk sebuah cerita dan teks narasi. Paragraf narasi ini bisa menggunakan gampang kita jumpai pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah taraf Sekolah Menengah pertama sampai SMA sederajat. Berdasarkan sifatnya, narasi bisa dikelompokkan menjadi paragraf narasi ekspositoris dan paragraf narasi sugestif.
Contoh paragraf narasi ekspositoris pada umumnya akan memuat cerita yang didalamnya memuat inforasi secara lengkap dan kentara dan disampaikan secara informatif menggunakan bahasa yang baik serta benar. Contoh paragraf narasi sugestifumumnya menceritakan kisah menggunakan tujuan serta maksud tertentu misalnya membujuk pembaca. Dan contoh paragraf narasi artistik merupakan paragraf yg menceritakan kisah imajinatif yang menggunakan bahasa figuratif.
Jika kita amati lebih lanjut, maka kita akan menyadari bahwa sebenarnya banyak sekali karya tulis misalnya cerpen, novel, dan banyak sekali karangan termasuk kedalam pembagian terstruktur mengenai contoh paragraf narasi singkat. Contoh teks narasi sendiri sangat gampang buat kita temukan di banyak sekali media masa baik itu cetak maupun digital yg bersumber dari internet.
Didalam paragraf narasi umumnya kita pula akan menemukan unsur unsur baik intrisik maupun extrinsik misalnya alur, penokohan, tema, setting, serta kita juga mampu menarik konklusi atau amanat yg terkandung pada teks narasi ini. Tujuan primer model paragraf narasi adalah buat menghibur pembacanya melalui estetika yang dituangkan pada tulisan. Selain itu teks narasi juga memiliki tujuan buat memberikan pengalaman membaca serta keterangan pada pembaca.

Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris, Sugestif, dan Artistik Singkat Beserta Strukturnya

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, kita bisa menemukan banyak sekali contoh paragraf narasi singkat pada aneka macam media massa baik cetak maupun berbasis digital. Contohnya cerita fiksi yang masih ada dalam komik, juga novel yang notabennya adalah karangan narasi panjang.

Contoh paragraf narasi ekspositoris

Cut Nyak Dhien adalah pahlawan perempuan yang asal dari kepulauan Aceh. Pada tahun 1880 Cut Nyak Dhien bersama suaminya melakukan perlawanan terhadap Belanda. Tetapi pada lepas 30 September 1893 tepatnya pada kota Kutaraja rombongan Cut Nyak Dhien menyerahkan diri pada Belanda.teuku Umar atau suami dari Cut Nyak Dhien secara diam diam membuat rencana buat menghancurkan pasukan pertahanan Belanda. Akhirnya rencana tersebut berhasil melumpuhkan pihak Belanda. Pada lepas 11 Februari 1899 Teuku Umar mati pada peperangan serta Cut Nyak Dhien ditunjuk menjadi pemimpin pembela Indonesia dalam melawan Belanda. Cut Nyak Dhien lalu ditangkap dan dirawat dirumah sakit Belanda pada masa kemunduran Aceh. Pada akhirnya dia mangkat pada lepas 6 November 1908.
Dari penggalan contoh paragraf narasi ekspositoris diatas dapat kita amati bahwa informasi dalam paragaraf disampaikan secara kentara mulai dari awal, tengah hingga akhir dalam rangkaian alur maju

Contoh teks narasi ekspositoris

Tidak hanya berbentuk paragraf, tetapi pada artikel kali ini saya pula akan memberikan model teks narasi ekspositoris singkat tentang perumusan proklamasi.

Perumusan Teks Proklamasi
Perumusan teks proklamasi merupakan usaha awal pada kemerdekaan Indonesia. Perjuangan tersebut diawali menggunakan dibawanya Ir. Soekarno serta Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Tetapi kedua tokoh tersebut pulang ke Jakarta pada lepas 16 Agustus 1945. Sebelumnya Presiden RI beserta para tokoh ingin mengadakan rendezvous dengan orgaisasi PPKI sehubungan buat merumuskan teks proklamasi. Pertemuan tadi akhirnya gagal dikarenakan pihak Jepang mengetahui rencana tersebut. Akhirnya Achmad Soebardjo membawa Ir. Soekarno buat menginap di tempat tinggal Laksamana Maeda yang bertempat di Jalan Imam Bonjol No. 1.
Baca pula: Pengertian Teks Narasi, Ciri-karakteristik, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi
Kedatangan Ir. Soekarno tadi kemudian disambut hangat sang Laksamana Maeda. Bahkan dia pula ingin ikut membantu proses perumusan teks proklamasi tadi. Kemudian Laksamana Maeda membawa Ir. Soekarno buat bertemu pemimpin departemen kemiliteran Jepang supaya kemerdekaan indonesia dapat terwujud. Namun lantaran pihak Jepang tidak membantu mewujudkan kemerdekaan Indonesia akhirnya Ir. Soekarno bersama Moh. Hatta bertekad buat segera memproklamasikan Indonesia. Proses perumusan teks proklamasi terjadi pada rumah Laksamana Maeda dengan dihadiri sang para pemimpin organisasi, anggota PPKI dan pemimpin pemuda.
Baca pula: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
Perumusan teks Proklamasi dilakukan oleh Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dn Achmad Soebardjo  diruang makan Laksamana Maeda. Perumusan tadi disaksikan oleh  B.M. Diah, Miyoshi, Sukarni dan Sudiro. Teks proklamasi ini disusun oleh ketiga tokoh tersebut dan membuat beberapa kalimat. Untuk kalimat pertama disampaikan sang Ir. Soekarno. Kemudian dianjutkan menggunakan pernyataan dari Moh. Hatta serta diakhiri oleh pernyataan Achmad Soebardjo. Teks proklamasi tersebut akhirnya selesai dan tinggal meminta persetujuan sang semua pihak. Dikarenakan terdapat beberapa tokoh Jepang yang hadir dalam pertemuan tersebut maka masih ada perselisihan bahwa teks proklamasi ini nir boleh ditandatangani sang semua pihak.
Baca pula: Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-karakteristik, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot
Dengan beberapa pertimbangan akhirnya teks proklamasi ini ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta dengan beberapa perubahan istilah dalam teks ini. Pada tanggal 17 Agustus 1945 yg bertempat pada Jalan Pegangsaan Timur No. 56 teks proklamasi dikumandangkan sang Ir. Soekrano. Bunyinya yaitu “kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal hal yang tentang pemindahan kekuasaan dan lain lain diselenggarakan menggunakan cara saksama serta pada tempo yg sesingkat singkatnya. Jakarta, 17 bulan 08 tahun 05. Atas nama bangsa Indonesia Soekarno/Hatta.”

Contoh paragraf narasi sugestif singkat

Hari senin adalah hari yg sangat melelahkan, karena suasana liburan masih terasa ketika rutinitas balik . Apabila dalam umumnya hari senin merupakan awal semangat berutinitas namun hal itu nir terjadi padaku. Berawal berdasarkan pagi hari yang dimulai buat mempersiapkan alat alat sekolah. Dilanjutkan menggunakan rutinitas sekolah yang membuatku merasa masih ingin merasakan lebih lama liburan. Rutinitas sekolahku selesai dalam pukul 3 sore. Saat sesampainya dirumah saya segera mandi serta makan sambil beristirahat sejenak. Istirahatpun tidak teralu lama karena wajib mengerjakan tugas tugas sekolah yang belum selesai saya kerjakan.
Paragraf diatas termasuk kedalam model paragraf narasi sugestif lantaran membujuk pembaca baik orang tua maupun siswa buat mengerjakan tugas dan rajin pada sekolah

Contoh teks narasi sugestif singkat

Perlawanan pada Pagi Buta
Pagi itu surya belum menampakkan sinarnya serta ayam jago belum melaksanakan tugasnya. Tetapi dipagi buta itu pak Komar keluar berdasarkan rumahnya. Hembusan angin pagi yang dingin seakan akan nir mempan menggunakan kulit rapuhnya. Pak tua ini membawa cangkul dan makanan buat dibawanya kesawah. Pak Komar berjalan menuju sawah tetapi langkahnya terhenti karena ada tangisan bayi. Kesunyian pagi seakan akan terpecah menggunakan bunyi tangisan ini. Dengan rasa gelisah pak Komar mencari sumber bunyi tersebut. Pak Komar kaget menggunakan apa yang ia lihat, ternyata suara itu dari berdasarkan bayi yg lucu. Bayi itu berada dibawah pohon ringin tanpa terdapat yang menemaninya. Suara tangis tadi ternyata tidak hanya mengundang pak Komar saja melainkan mengundang ular piton yang sedang kelaparan. 

Ular tadi segera menghampiri oleh bayi buat dijadikan makanannya. Tetapi pak Komar dengan sigapnya segera mengangkat oleh bayi. Ular itu seakan akan tidak menghiraukan pak Komar serta hanya memandangi bayi malang itu. Pak komar ingin berusaha menjauhkan bayi tadi menggunakan ular yg kelaparan itu. Tetapi saat hendak membawa sang bayi, pak Komar diserang sang ular piton tersebut. Kaki pak komar dibelitnya sampai dia merasa kesakitan. Ia pun mengambil cangkul yang dibawanya tersebut serta menyerang ular piton tadi. Akhirnya ular tersebut mati serta pak Komarpun berhasil melarikan diri. Akhirnya pak Komar balik kerumahnya buat merawat bayi malang itu serta bayi tadi  kemudian diangkat sebagai anaknya.
Contoh diatas adalah model teks narasi sugestif singkat yang bisa anda jadikan surat keterangan yang pada intinya kita nir boleh pantang menyerah dalam berdoa serta berharap

Contoh Teks Narasi Singkat

Dipagi yg cerah ini merupakan hari yang nir dapat dilupakan sang Sheila. Lantaran dipagi hari ini beliau diberikan kejutan ulang tahun dari pacar serta teman temannya. Sebelum kejadian kejutan tadi Sheila sempat curiga dengan pacarnya karena tingkah lakunya tidak seperti umumnya. Kecurigaan tersebut akhirnya benar lantaran sepulang sekolah Sheila diberi kejutan anggun dari pacar serta teman temannya. Ia pun mendapatkan bantuan gratis spesial dari oleh kekasih.
Contoh paragraf narasi diatas mengungkapkan bahwa Sheila memperoleh kejutan anggun dari pacar dan sahabat temannya. Tetapi sebelumnya Shelia sempat curiga dengan tingkah laku sang pacar.

Contoh paragraf narasi pendek

Disebuah desa yang jauh terdapat 2 orang anak yatim piatu yang bernama Keila dan Tina. Kedua anak tadi tinggal disebuah gubuk reot yang sebenarnya tidak layak buat ditempati. Kakak beradik tersebut menerima makanan berdasarkan belas kasihan para warga kurang lebih. Namun penderitaan Tina dan Keila berakhir karena masih ada salah satu warga kaya yang hendak mengasuh kedua anak tersebut. Akhirnya mereka dibawa kerumah masyarakat kaya tadi dan dirawat dengan baik. 
penggalan dari contoh teks narasi ini menjelaskan bahwa disebuah desa tinggalah 2 anak yg yatin piatu. Mereka hidup lantaran belas kasihan dari para rakyat kurang lebih. Tetapi terdapat keliru satu masyarakat yg berbaik hati mengasuh serta merawat mereka. Ahirnya Tina dan Keila dibawa kerumahnya.

Contoh teks narasi artistik

Disuatu sore, Toni hendak mencari kayu bakar kehutan yg letaknya dibelakang rumah. Toni pulang kehutan sendirian tanpa ditemani oleh kakeknya lantaran ia tidak ingin bikin capek sang kakek. Tanpa ia sadari, ternyata ia terlalu jauh menuju kedalam hutan. Malampun tiba dan bunyi bunyi anehpun terdengar. Tonipun merasa gelisah dan takut karena ini merupakan pengalaman pertamanya menuju hutan sendirian. 
dari model paragraf narasi artistik diatas dapat kita simpulkan bahwa toni menuju hutan sendirian serta ini merupakan pengalaman pertama menuju hutan tersebut. Toni merasa gelisah serta takut lantaran mendengar suara suara aneh dimalam hari.
Itulah artikel dan materi tentang kumpulan model teks dan paragraf narasi singkat yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Pada dasarnya narasi memang tidak jauh tidak selaras menggunakan gaya penulisan dalam bahasa indonesia lainnya. Namun kita harus mengingat bahwa narasi memiliki gaya penulisan unik yg membedakan karya tulis narasi menggunakan karya tulis lainnya. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru