8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi Terbaru

8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan serta Pengalaman Pribadi - Teks eksemplum adalah jenis teks fitnah yg pada umumnya menceritakan peristiwa maupun konduite yang dialami oleh tokoh dalam cerita. Umumnya teks eksemplum akan diawali menggunakan pernekalan tokoh tokoh yg masih ada pada cerita, lalu diikuti dengan insiden yg dialami tokoh pada cerita dan diakhiri menggunakan interpretasi yang muncul menurut tokoh pada cerita tadi. Contoh teks eksemplum yg paling banyak kita temui adalah mengenai pendidikan, pengalaman eksklusif, cerita hewan dan maupun cerita masyarakat.
Dalam pelajaran Bahasa Indonesia niscaya telah dijelaskan tentang pengertian serta contoh teks eksemplum. Terdapat beberapa pendapat bahwa teks eksemplum ini tergolong teks buatan lantaran partisipannya mengalami insiden yang tidak ingin terjadi. Partisipan menginginkan insiden tadi teratasi tetapi faktanya tidak dapat melakukan apapun. Teks eksemplum ini berisi mengenai peristiwa eksklusif maupun menceritakan sebuah kejadian. Kejadian tadi membuat tokohnya sebagai berubah sifat supaya tidak mengalami kejadian yang sama. Biasanya teks ini diceritakan secara naratif sang penulisnya. Apakah anda telah tahu apa itu teks eksemplum? Kali ini buen humorii akan membahas mengenai contoh teks eksemplum singkat mengenai pendidikan serta pengalaman langsung. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini

8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan serta Pengalaman Pribadi

Sebelumnya aku akan membahas tentang teks eksemplum ini. Didalam jenis teks ini mempunyai pengertian, struktur juga karakteristik karakteristik teks. Hal tersebut bermanfaat buat membedakan jenis teks ini menggunakan jenis teks lainnya. Struktur dan ciri teks eksemplum pula berfungsi dalam pembuatan model teks eksemplum singkat ini. Teks eksemplum merupakan jenis teks yang mendiskripsikan sikap tokoh dalam sebuah cerita. Dalam pembuatan contoh teks eksemplum pengalaman eksklusif juga mengenai pendidikan akan selalu terdapat struktur yang diawali menggunakan sosialisasi tokoh. Setelah itu dilanjutkan dengan peritiwa yang tokoh alami. Kemudian diakhiri dengan perubahan sikap pada tokoh tersebut. Dalam contoh teks ini umumnya berisi pengalaman hayati seorang.
Sebelum anda membuat model teks eksemplum maka harus memperhatikan struktur teksnya. Struktur teks eksemplum ini menjadi pedoman pada pembuatan teks yang baik serta sahih, berikut penjelasannya :
  1. Orientasi berisi pembukaan cerita untuk mengawali sebuah peristiwa. Misalnya wanita itu penyabar serta baik hati.
  2. Absrak berisi mengenai pokok kejadian yg masih ada pada cerita. Struktur ini berfungsi menjadi pengantar dalam sebuah peristiwa yg akan terjadi pada cerita. 
  3. Insiden berisi mengenai sebuah peristiwa yang nir diinginkan. Misalnya Ina lupa belajar buat ulangan hari ini dikarenakan malam kemaren ia tertidur.
  4. Interpretasi berupa sebuah amanat yg diberikan oleh tokoh tentang peristiwa yg telah terjadi tadi.
  5. Koda berisi mengenai penutup menurut sebuah cerita.

Dalam membuat contoh teks eksemplum, anda harus memperhatikan struktur serta hal yng terkait menggunakan jenis teks ini. Hal tersebut dilakukan agar model teks tersebut menjadi lebih bagus. Selain struktur teks eksemplum adapula ciri cirinya. Ciri ciri teks ini berfungsi sebagai pembeda menggunakan jenis teks lainnya. Ciri karakteristik teks eksemplum ini mencakup stukturnya yg lengkap, berupa sebuah kejadian yg nir diinginkan sang tokoh, insiden tadi disajikan secara urut dan jelas,  serta tergolong kedalam bahasa yg deskriptif. Contoh teks eksemplum dibuat menggunakan unsur kebahasaan yg baik. Unsur kebahasaan ini memiliki kecenderungan dengan kebahasaan pada teks mekanisme. Unsur teks eksemplum tersebut meliputi :
  • Menggunakan kata penghubung atau konjungsi
  • Didalamnya terdapat kalimat kompleks
  • Menggunakan istilah kerja
  • Menggunakan kata rujukan

Setelah membahas pengertian teks eksemplum, struktur teks eksemplum disertai menggunakan ciri karakteristik teks eksemplum dan unsur kebahasaan teks eksemplum. Selanjutnya aku akan menyajikan contoh teks eksemplum singkat mengenai pendidikan dan pengalaman pribadi.

Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi

Orientasi :
Aku merupakan seseorang mahasiswa yang sedang pergi kuliah. Setelah pulang saya segera ingin makan siang. Kemudian aku mencari makan yg dekat dengan rumah karena saya terlalu capek buat berjalan. Akhirnya saya membeli mie ayam yg terdapat digang depan rumahku. Sesampainya disana saya bertemu dengan kakakku yang pula sedang membeli mie ayam. Sesampainya dirumah kakakku langsung membuka mie ayam itu lalu memakannya. Tapi saya menunggu mie ayam itu sampai dingin terlebih dahulu. (Awalan Contoh Teks Eksemplum )
Inisden :
Melihat kakakku yang lahap makan membuatku tidak tabah buat segera membuka mie ayam tersebut. Akhirnya saya tergiur buat segera membuka mie ayam tersebut walaupun masih dalam keadaan yang panas. Aku buru buru ingin membuka plastik mie itu lantaran sudah sangat lapar. Tetapi plastik yg aku gigit terbuka lebar dan mie ayam tersebut tumpah keluar menurut mangkok. Mie ayam itu pula menciptakan celanaku sebagai basah. Dengan kejadian ini membuatku memalukan didepan kakakku. Kakakku berpesan bahwa saya wajib sabar serta hati hati dalam membuka mie ayam tersebut supaya nir tumpah. Kejadian itu membuatku tidak makan siang. (Peristiwa tak terduga Contoh Teks Eksemplum )
Interpretasi :
Cerita ini menjelaskan bahwa kita harus berhati hati serta sabar sebelum merogoh sebuah keputusan. Kemudian kita juga wajib memperhitungkan dampak yang akan ditimbulkan nanti. (Pesan Contoh Teks Eksemplum).
Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi (Kejadian di Parkiran Reataurant)
Pengalaman ini merupakan sebuah peristiwa yg nir akan pernah lupa dalam hidupku. Dua bulan yg kemudian saya menerima prestasi karyawan teladan pada sebuah tempat kerja perpajakan tahun ini. Dengan prestasi karyawan terbaik yang aku dapatkan ini membuat para sahabat dan rekan kerjaku mengucapkan selamat secara langsung maupun melalui media umum. Prestasi ini mmbuat kedua orang tuaku bangga serta mereka memberikan hibah kepadaku. Ayah memberikanku sebuah kendaraan beroda empat sport Lamborgini Gallardo menggunakan desain yg glamor seharga lima.200.000.000. Mobil glamor ini diberikan kepadaku lantaran ayah sangat bangga karena prestasiku diusia belia ini.
Setelah peristiwa itu kira kira seminggu lalu aku berniat buat mengajak seluruh keluargaku buat makan malam disebuah restoran berbintang yg terdapat pada Bandung. Akupun bertanya kepada seluruh pihak famili dan mereka menyetujuinya. Makan malam ini sekaligus merayakan prestasi yg aku dapatkan serta menciptakan seluruh keluargaku senang . Setelah semua keluargaku sepakat, lalu hari yg dinantikanpun tiba. Kami beserta sama menuju restaurant yang dituju. Setelah sampai direstaurant tersebut kami memesan kuliner serta sehabis seleai kemudian membayarnya. Makan malam tadi berlangsung secara bahagia penuh canda tawa dari semua famili.  Karena kami terlalu asik berbincang bincang ternyata saat sudah menujukkan pukul 19.00 malam. Pada waktu itulah aku wajib menghadiri sebuah konferensi pers yg ada pada Mall Bandung.
Pertemuan ini bertujuan buat mempromosikan toko batik yang akan saya buka minggu depan. Karena janjiku tersebut membuatku segera menyelesaikan makan serta segera berpamitan menggunakan meminta maaf dikarenakan pulang terlebih dahulu. Setelah meminta ijin buat pergi, kemudian aku segera keparkiran menuju mobilku tadi. Akupun segera masuk kemobil namun ada perempuan yg menarik tanganku lalu menutup mulutku. Wanita itu andal serta menyeramkan, beliau mengatakan buat menyerahkan uang yg aku punya atau menentukan buat meninggal. Karena perasaaanku sudah nir hening akhirnya aku segera merogoh seluruh uang yang masih ada didompetku kemudian saya berikan kepada wanita tersebut.
Aku nir bisa melawannya karena ia beserta kedua orang laki laki yang membawa pisau. Pisau itu d arahkan sempurna keleherku. Setelah mengambil seluruh uangku lalu mereka pergi mengunakan mobil miliknya. Melihat mereka sudah pulang lalu saya segera masuk kemobil serta menguncinya. Didalam kendaraan beroda empat aku berusaha buat hening akibat peristiwa yg menimpaku tadi. Keringatku masih bercucuran dan badanku masih gemetaran. Aku sangat bersyukur karena Allah masih melindungiku dari penjahat penjahat tadi. Walaupun saya kehilangan semua uang yang terdapat didompetku namun aku masih bersyukur tidak terdapat barang berharga lain yang diambil sepeti laptop dan lain lain yang ada pada mobilku. Hal ini mengajarkan pada kita bahwa kita harus berhati hati dan pandai mengatur ketika terutama saat hari sudah malam.
Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi (Tidak Ada Makan Malam)
Setelah salat maghrib saya merasa lapar karena sudah waktunya buat makan malam. Aku segera mencari makanan digang depan rumahku. Karena aku nir ingin berjalan terlalu jauh lalu aku hanya membeli ketoprak digang depan saja. Sesampainya disana ternyata sudah terdapat tetangga tetanggaku yg juga makan disana. Mereka menggunakan lahapnya memakan ketoprak yang masih panas. Lantaran terlalu panas aku tidak segera memakannya walaupun saya sebenarnya sangat lapar. Ketoprak yg ada dipiringku sangat enak buat segera dimakan. Karena aku telah sangat lapar lalu saya tergesa gesa memakannya.
Contoh teks eksemplum pengalaman eksklusif ini menceritakan pengalaman jelek saat hendak makan
Setiap sendok lahapan ketoprak saya makan dengan lezatnya. Akhirnya  lantaran tergesa gesa akhirnya ketoprak yg saya beli tumpah serta membuat celana serta bajuku kotor.  Tiba tiba aku kaget dan malu
karena kejdian tadi. Saat itu rasa kaget dan maluku luar biasa lantaran disaksikan oleh tetangga tetanggaku. Ada salah satu tetanggaku yg menyampaikan kepadaku, ketika makan jangan buru buru dan tergesa gesa. Jika kita tidak sabar pasti akan tumpah seperti yg aku alami. Akhirnya makan malamku hancur serta saya kelaparan dimalam itu.  Berdasarkan cerita ini mengajarkan bahwa apapun yang kita lakukan wajib dilakukan dengan sabar dan hati hati lantaran wajib memperhatikan akibat nantinya.
Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pengalaman Pribadi (Wahana Menyeramkan)
Saat semasa liburan sekolah aku memiliki pengalaman yang tidak akan kulupakan. Saat liburan sekolah tiba, merupakan saat waktu yg paling menyenangkan. Siang itu saya didatangi oleh sahabat teman sekolahku. Mereka tiba buat menjemputku lantaran ingin mengajak kekota. Kami beserta sama menuju sebuah taman bermain dengan banyak sekali sarana. Disana masih ada wahana yg menantang serta menyeramkan seperti sarana berputar 360 derajat, sarana halilintar, dan masih poly lagi. Kami hingga pada wahana histeria lalu segera membeli tiket buat menaikinya. Wahana ini membuat aku dihempaskan keudara setinggi 20 meter, kemudian dijatuhkan seakan akan jatuh kebawah tanpa pengaman.
Namun waktu sedang asik serta berada diatas, wahana ini datang tiba berhenti sendiri. Kami pun panik mengalami insiden ini karena posisinya masih diatas ketinggian. Semua yang menaiki wahan ini meminta tolong. Peristiwa ini tidak terduga bahkan nir terbayangan akan seperti ini. Ada orang yang ketakutan bahkan menangis akibat sarana yang tewas mendadak ini. Akupun merasa takut seakan nyawaku sedang diambang batas, seketika saya teringat kedua orang tuaku. Aku menangis dan menyebut nama mamaku. Sudah hampir 30 menit kami tersangkut diwahana ini,namun masih ada beberapa petugas yang memperbaiki sarana tadi.
Baca pula: Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, jenis dan contoh
Akhirnya berkat para petugas tersebut nyawa kami seluruh terselamatkan tanpa terdapat satupun yg terluka. Setelah itu kami terasa lega dan bersyukur pada Allah lantaran masih diberi keselamatan. Akibat insiden itu saya menjadi takut saat melihat wahana yg sama. Akhirnya aku selalu hati hati serta waspada pada melakukan sebuah tindakan. Lantaran kita nir akan pernah menyangka apa yang akan terjadi kedepannya. Sebelum menaiki sarana tersebut harusnya kita bertanya terlebih dahulu kepada petugas apakah wahana ini aman untuk dinaiki.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan

Selein membahas teks ekspemplum pengalaman langsung, kali ini kita pula akan membahas teks eksemplum tema pendidikan yang pada dasarnya akan menceritakan pengalaman tokoh yg berkenaan dengan pendidikan.
Jangan Matematika
Aku sebenarnya memang tidak terlalu pandai apabila wajib dihadapkan menggunakan problem matematika. Ketika aku duduk pada bangku sekolah dasar, aku mencoba mengerjakan soal soal matematika yg aku rasa sangat berat serta susah buat dikerjakan.
Ibuku sendiri adalah wanita penyabar dan perhatian, terlebih lagi dalam anak anaknya. Dia ingin semua anaknya menjadi anak yang cerdas, berbakti dan bisa membanggakan orangtuanya. Sedangkan menginjak bangku kelas dua SD saja saya telah mulai malas serta nakal terutama pada hal belajar. Apabila terdapat sahabat sekelas yang mengajakku bermain, tentu saya akan lebih menentukan bermain dibandingkan mendengarkan penerangan guru yg berbelit belit menjelaskan pelajaran yang tidak aku mengerti.
Disuatu siang, aku pergi sekolah pada keadaan capek, lemas serta lesu. Bukan lantaran alasan, namun karena nilai matematika yang aku dapatkan tidak sinkron harapanku alias buruk. Sembari mengeluarkan bukuku dari dalam tas ibuku bertanya "Kamu dapat nilai berapa hari ini?" Aku hanya sanggup diam mendengar pertanyaan ibuku. Hingga akhirnya bunda mengulangi pertanyaan itu kembali. Dengan sangat berat hati aku beritahukan nilaiku yg sebenarnya dalam mak .
Dengan gugup dan takut mengecewakan mak saya mengatakan "Nilai matematikaku hanya dapat 2 bu". Mendengar jawabanku mak eksklusif marah dan melemparkan kitab matematikaku ke lantai hingga menyebabkan suara yg keras. Tetapi dibalik kemarahan ibuku, beliau pula bangga lantaran saya bisa berkata amanah meskipun itu akan menciptakan ibuku murka . Ibuku bangga saat aku mengakui kesalahanku sendiri dan mau buat berusaha lebih rajin.
Baca pula: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
Sejak saat itulah aku mulai berusaha buat menyukai matematika dan pelajaran pelajaran yg awalnya dulu aku benci. Selain itu aku jua sudah berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yg sama misalnya bermain dengan teman saat pengajar menunjukkan materi pembelajaran pada muridnya.
Contoh teks diatas bisa kita kategorikan sebagai model teks eksemplum mengenai pendidikan juga pengalaman pribadi karena bersenggolan menggunakan pengalaman pribadi seseorang tokoh dengan tema pendidikan
Inilah beberapa model teks eksemplum singkat tentang pendidikan serta pengalaman pribadi yg dapat aku sajikan. Pembuatan teks eksemplum ini wajib memperhatian struktur, ciri karakteristik serta hal lain yang terkandung didalamnya. Contoh teks eksemplum yang baik bisa dibentuk menggunakan berpedoman pada hal hal tersebut. Semoga artikel ini dapat berguna buat anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI