8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Laporan Hasil Observasi Dan Strukturnya Terbaru

8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Laporan Hasil Observasi Dan Strukturnya) - Contoh laporan output observasi kunjungan industri, penelitian, wawancara serta lain sebagainya merupakan pennggolongan model teks laporan output observasi menurut kategorinya. Menyambung artikel sebelumnya yang berjudul teks laporan output observasi kita akan membahas lebih dalam tentang contoh laporan hsil observasi. Pada arikel kali ini kita akan membahas contoh laporan hasil observasi secara spesifik dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang teks laporan output observasi. Sebelum membahas contoh laporan, kita ingat kembali bahwa teks laporan output observasi merupakan teks yang termasuk dalam jenis teks laporan yang bersifat general dan berisikan hasil dari suatu observasi maupun penelitian.
Pada daasarnya teks laporan merupakan sebuah teks yang disusun untuk memenuhi tugas atau penelitian tentang suatu hal. Jika dikaji lebih dalam terdapat banyak sekali contoh teks laporan output observasi yang dapat kita pelajari. dan contoh laporan hasil observasi tersebut diklasifikasin menjadi beberapa topik dan suub topik yakni, laporan hasil observasi kunjungan industri, laporan hasil observasi penelitian, laporan hasil observasi wilayah dan lain sebagainya.

Mengingat banyaknya kategori di atas maka saya akan memberikan beberapa contoh teks laporan output observasi menjadi beberapa artikel yang akan saling sambung-menyambung.
Baca Juga: Teks Laporan Hasil Observasi (Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Laporan Hasil Observasi Dan Strukturnya)

Pada dasarnya terdapat banyak sekali contoh teks laporan output observasi yang dapat kita jadikan acuan dalam pembuatan laporan setelah kita melakukan observasi. Dalam membuat teks laporan output observasi kita perlu memperhatikan struktur teks laporan hasil oberservasi itu sendiri. Adapun struktur teks laporan output observasi terdiri dari definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat.
  1. Definisi umum : Merupakan bagian pada teks laporan output observasi yang menjelaskan tentang definisi objek yang kita observasi secara umum.
  2. Deskripsi bagian : hampir sama seperti definisi umum, deskripsi bagian berisi tentang gugusan pelukisan secara detail tentang hal yg kita observasi.
  3. Laporan manfaat : merupakan bagian inti dan kesimpulan dari contoh teks laporan output observasi yang menerangkan tentang manfaat apa yang kita dapat setelah mengamati suatu hal.
Dalam menyusun contoh teks laporan output observasi kita juga harus melaporkan data data yang valid dan melampirkan bukti pada bagian lampiran. Jika kita mengambil narasumber maka kita juga harus mencantumkannya pada bagian referensi terkait.

Laporan output observasi mengenai pohon pisang

Definisi umum
Pohon pisang (musa paradisiaca) adalah tanaman berbentuk terna raksasa menggunakan batang semu yg permukaannya terlihat bekas pelepah daun.tinggi pohom ini bisa mencapai tiga meter.tanaman ini dapat tumbuh di tanah di tanah yg relatif ait dalam wilayah yg ketinggian sampai 2018 meter pada atas bagian atas bahari.pisang merupakan sebutan dari nama buah yg dihasilkan tumbuhan ini.
Deskripsi bagian
Tumbuhan ini dimanfaatkan seluruh bagiannya oleh insan sehingga dianggap sebagai flora serbaguna.tumbuhan ini asli berasal berdasarkan Asia Tenggara.bagian-bagian menurut tanaman ini adalah bonggol pisang, btg pisang, daun pisang, bunga pisang, dan butir pisang.
Deskripsi manfaat
Buah pisang kaya manfaat disamping menjadi sumber vitamin,mineral,karbohidrat bagi tubuh.pisang juha memiliki manfaat lain yaitu hampir diseluruh flora pisang bisa dimanfaatkan.
  1. Buah dapat dimakan pribadi tetapi jua dapat dijadikan bahan olahan misalnya keripik, sale pisang, dan tepung pisang.
  2. Daun yg masih menggulung bisa dijadikan obat serta daunnya yang telah tua bisa buat membungkus makanan.
  3. Batang waktu ditebang akan mengeluarkan getah, getah itu bisa dijadikan obat diare, obat sentri, serta saluran kencing.
  4. Bunga yg berwarna unggu dapat dijadikan sebagai olahan sayuran.
Selain contoh teks laporan output observasi pada tumbuhan di atas, masih terdapat banyak sekali contoh laporan hasil observasi lainnya. Seperti contoh teks laporan output observasi kunjungan industri, penelitian dan lain sebagainya.

Seringkali kegiatan praktikum yang masih ada di sekolah pula melibatkan penelitian, pengamatan dan observasi. Dan pada akhir menurut praktikum kita akan diminta buat menciptakan resensi atau konklusi praktikum. Dengan kata lain kita diminta buat membuat laporan output observasi itu sendiri. Berikut merupakan contoh teks laporan output observasi singkat mengenai praktikum pengolahan produk susu.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi / Praktikum Pengolahan Susu

Susu adalah output utama dari usaha peternakan sapi perah , tanpa terdapat susu tak terdapat kata 4 sehat  lima sempurna.  Kebutuhan susu waktu ini meningkat pesat seiring menggunakan pertumbuhan penduduk, pada Indonesia  hampir 80% kebutuan susunya  harus mengimpor menurut negara lain seperti  New Zealand, Australia, Belanda . Selain kebutuhan susu yg semakin tinggi susu pula memiliki  kelemahan yaitu gampang rusak. Susu pasca panen akan cepat mengalami kerusakan apabila nir segera di tangani menggunakan baik, susu wajib di tangani setelah pada perah misalnya disaring serta pada masukkan ke pendingin agar bisa mempertahankan kualitas dari susu tersebut,  setelah mempertahankan kualitas tentunya agar susu lebih awet perlu adanya pengolahan susu.
Paragraf pertama dan kedua merupakan definisi umum (latar belakang) dalam contoh teks laporan output observasi
Pengolahan susu adalah  cara agar susu bisa awet dan dapat di konsumsi sang konsumen, pengolahan susu bisa berupa susu pasteurisasi, susu uht,susu kental cantik . Selain itu  susu pula bisa pada olah sebagai produk-produk kuliner atau minuman yg lain yaitu seperti ice cream, karamel serta yoghurt. Ice cream  merupakan poduk olahan susu yang mempunyai cita rasa tinggi dan selalu sebagai kesukaan para konsumen, dengan adanya olahan susu berupa ice cream  maka dapat menjadi cara lain bagi orang-orang yang kurang begitu suka dengan susu cair. Karamel susu merupakan deretan antara susu menggunakan gula, karamel bisa bertahan sampai 6 bulan lebih, ini tentunya sangat menguntungkan lantaran umumnya produk susu populer menggunakan produk yang gampang rusak, menggunakan adanya pengolahan berupa karamel maka produk susu ini lebih tahan usang/ awet selain karamel susu  Yoghurt juga produk menurut olahan susu. Yoghurt adalah produk output fermentasi antara sussu denga bakteri yang akhirnya 
Paragraf ketiga dalam contoh teks laporan output observasi ini berfungsi sebagai definisi spesifik yang menjelaskan tentang alat dan bahan serta proses pembuatan susu
Eskrim atau ice cream merupakan produk olahan yang dihasilkan berdasarkan bahan utama susu, pemanis, juga perasa makananan. Pembuatan ice cream tidak terlalu sulit bahan yang diperlukan hanyalah susu segar, gula sebagai pemanis dan perasa kuliner spesifik seperti coklat, strawberry, mellon serta lain sebagainya. Dengan dibantu peralatan separator, Timbangan, Kompor, Panci, Pengaduk, Termoneter, Freezer, Mixer, Timbangan digital susu dapat dibentuk serta diproduksi secara masal buat memenuhi kebutuhan pasar.
paragraf terakhir dibawah dalam contoh teks laporan output observasi berfungsi sebagai penjelas atau kesimpulan manfaat susu dalam pembuatan ice cream
Manfaat susu pada pembuatan ice cream memang sudah nir diragukan lagi. Susu memiliki kalsium tinggi yang akan memperkaya gizi pada sebuah ice cream. Pembuatan ice cream menurut 7000 ml susu yang pada separasi sebagai 2018 ml cream  menghasilkan ice cream sebesar 50 cup. Dari uji organoleptic diatas ice cream mempunyai rasa yg lezat dengan anggun yang pas serta memiliki bertekstur lembut namun padat ,hal ini terjadi karena pembekuan campuran es krim dilakukan pada pada kulkas sehingga dibutuhkan saat yg lama supaya campuran membeku sehingga campuran sebagai padat pulang. Es krim yang lembut didapatkan lantaran adonan mekar dampak terperangkapnya udara saat dilakukan mixing, jika campuran tidak pribadi beku maka udara yang terperangkap akan terlepas balik serta hal itu yang menyebabkan es krim menjadi keras/padat walaupun begitu untuk skala mini dalam  pembuatan ice cream seperti ini sanggup dikatakan sudah normal serta indah , lantaran ice cream yang memiliki tekstur lembut umumnya diproduksi oleh pabrik-pabrik besar dan populer.

Contoh teks laporan output observasi yang lebih formal dapat kita temukan pada laporan pengamatan atau penelitian yang umumnya melibatkan proses dalam observasinya. Selain itu teks laporan output observasi kunjungan industru juga merupakan bentuk formal dari contoh teks ini.
Anda bisa membaca contoh laporan hasil observasi lain yg tedapat pada artikel selanjutnya yg berjudul 8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dalam Tumbuhan, Hewan, Alam serta Lingkungan Lengkap 
Itulah beberapa contoh dan struktur teks laporan output observasi yang dapat kita pelajari. perlu kita ingat bahwa setiap contoh teks laporan output observasi singkat memiliki struktur teks dan kaidah kebahasaan yang juga perlu kita ingat dan pelajari.terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru