8 Hal yang Bikin Kita Rindu Bulan Ramadhan

Ramadan (bahasa Arab:رمضان; transliterasi: Ramadhan) merupakan bulan kesembilan pada almanak Hijriyah (sistem almanak kepercayaan Islam). Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian kegiatan keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya Alquran, mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca Alquran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian seremoni Idul Fitri.
Selama bulan Ramadan, penganut agama Islam akan berpuasa setiap hari sampai Idul Fitri tiba. Ied ialah Hari Raya. Fithri asal dari istilah fathara adalah 'memecah, mengakhiri". Ied al-Fithri ialah Hari Raya Mengakhiri Puasa (Ramadan).
Hari terakhir berdasarkan bulan Ramadan dirayakan menggunakan sukacita oleh seluruh muslim pada global. Pada malam harinya (malam 1 Syawal), yg biasa diklaim malam kemenangan, mereka akan mengumandangkan takbir bersama-sama. Di Indonesia sendiri ritual ini menjadi tontonan yg menarik lantaran umumnya para penduduk (yang beragama Islam) akan mengumandangkan takbir sembari berpawai keliling kota dan kampung, kadang-kadang dilengkapi menggunakan memukul beduk serta menyalakan kembang barah.
Esoknya lepas 1 Syawal, yang dirayakan sebagai hari raya Idul Fitri, baik laki-laki maupun wanita muslim akan memadati masjid maupun lapangan loka akan dilakukannya Salat Ied. Salat dilakukan 2 raka'at kemudian akan diakhiri sang dua khotbah tentang Idul Fitri. Perayaan kemudian dilanjutkan dengan acara saling memberi ma'af di antara para muslim, serta sekaligus mengakhiri semua rangkaian kegiatan keagamaan khusus yang menyertai Ramadan.
1. Salat tarawihPada malam harinya, tepatnya sesudah salat isya, Kaum Muslimin melanjutkan ibadahnya menggunakan melaksanakan salat tarawih. Salat khusus yang hanya dilakukan dalam bulan Ramadan. Salat tarawih, walaupun bisa dilaksanakan dengan sendiri-sendiri, umumnya dilakukan secara berjama'ah di masjid-masjid. Terkadang sebelum pelaksanaan salat tarawih pada tempat-loka tertentu, diadakan ceramah singkat buat membekali para jama'ah dalam menunaikan ibadah dalam bulan bersangkutan. Setelah melaksanakan sholat tarawih, umumnya eksklusif pada lanjutkan dengan sholat witir sebesar 3 rakaat.sumur : //id.panduan materi Belajar.org/wiki/RamadanDi bulan penuh berkah itu tentu banyak hal yg kita sukai dan tunggu2.
 1. Belajar Menghargai
 

 Di Bulan ramadhan gue belajar menghargai umat yg melakukan puasa. Berdasarkan kecil gue telah terbiasa buat menghargai temen2 dan tetangga gue yang menjalankan puasa. Pernah ketika itu gue laper banget pengen makan ,akan tetapi temen gue puasa  kita lagi kerja tugas bersama. Gue putusin buat menunda lapar sebagai bentuk solidaritas gue terhadap temen aku . Gue tau mereka juga pasti lapar pulang sekolah ngga makan sama sekali. Kita seluruh pada ajar buat saling menghargai . Serta hal itu membentuk sayamenjadi pribadi yang lebih peka terhadap lingkungan. Hal ini adalah hal yg fundamnetal pada mempertahankan persatuan pada tengah2 perbedaan.
2. Buka Puasa bersama

 yah , biasanya klo temen atau tetangga gue buka puasa bersama gue pula di ajak  buat buka puasa bersama sesekali. Kebayang ngga gimana cita rasanya? Cita rasanya seneng banget  walaupun gue bukan muslim tapi mereka permanen menghargai gue serta malah ngajak buka bersama. Cita rasanya sangat menyenangkan hayati damai ama sesama. Ini sangat membekas pada hati gue sampai sekarang. Kebersamaan itu makin tinggi serta tidak ternilai harganya. Rasa toleransi serta menghargai sesama makin tinggi.
3. Banyak yang jual jajanan berbuka puasa
 
nah, klo yang satu ini pasti tau. Di tempet agan masing2 pasti ad daerah yg selalu rame ketika bulan puasa. Rame dengan yg jual cincau, dawet, kurma dll.gue termasuk org yg suka nih klo bulan ramadhan dtg sorenya gue pasti beli jajanan ini. Selain itu hal ini juga menjadi galat satu mata pencaharian dadakan. Hal ini tentu rupawan karena ngga hanya yg muslim yg beli, yang non muslim jua banyak yang beliii.
4. Taraweh
Nah, ini  umumnya abis taraweh yah banyak yg pergi ke rumah jalan kaki. Jadinya kdg gue nimbrung ngobrol. Semuanya membaur jadi satu, sambil ngobrol ngalur ngidul atau terdapat isu modern pada lebih kurang lingkungan, ngomongin poskamling, mak bunda pkkk anak2 dengan gamenya atau komiknya, seru deh pokoknya yg gue rasain itu damai. Gue bener ngerasa hayati ini sangat indah jika kita menggunakan sesama saling menghargai dan menghormati.
5. Sahur
ini yang gue kangenin .. Waktu sahur ada yg keliling komplek gue sambil tereak sahur buat bangunin org sahur.gue pula kebangun  kdg ngga bisa tidur lagi gue sambil ntn tv banyak acara tv sahur bersama kan. Nah bagi gue hal ini latif lantaran itulah identiknya bulan ramadhan.semuanya diingatkan buat nir melupakan sahur.
 6. Ngabuburit
 
Nah, ini pula yang gue senang , ntah telah jadi tradisi atau gimana selalu ada tempet favorit buat nungguin sampe waktunya berbuka datang. Gue demen ni, gue pula nongkrong bareng temen2 gue sambil ngomongin masalah sekolah, tugas ataupun hal2 lain. Selain itu kita pula bisa mendapat kenalan baru  karena seringkali gue dapet tmn baru karena nongkrong pada spot yang sama.
7. Mendekatkan diri dalam dewa.

Bulan puasa jua adalah moment bagi umat islam buat lebih mendekatkan diri dalam oleh pencipta. Pada sebulan penuh puasa ini, merupakan waktu dimana kita membersihkan diri berdasarkan dosa yg telah dilakukan selama sebelas bulan sebelumnya. Sebab pada dasarnya insan kerap melakukan dosa baik itu disengaja serta nir disengaja. Bulan puasa merupakan waktu yg ditunggu tunggu buat bertaubat.8. Suasana puasa.
 

Ini sebenenarnya perpaduan menurut seluruh aktivitas diatas. Pada ketika puasa, suasananya khas dan nir akan pernah ditemui di bulan bulan lain selama setahun. Pada bulan puasa, semuanya berubah, terasa lebih khusus, mulai berdasarkan acara televisi, acara radio, hingga aktivitas insan sehari2nya, berubah, Hingga pula terdapat kuliner kuliner yg timbul cuma pada bulan puasa..nah, segitu dulu deh hasil pemikiran saya, masih poly hal2 latif yg terjadi di bulan penuh berkah tadi. Perbedaan itu adalah jalan menuju kedamaian









Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI