8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya Terbaru

8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam - Negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Dengan asal daya tadi menaruh manfaat yang relatif akbar pada pembuatan kerajinan alam. Produk kerajinan berdasarkan bahan alam ini mempunyai poly sekali inovasi, ciptaan, serta majemuk jenisnya sehingga poly sekali rakyat mancanegara yang menyukainya. Tidak hanya itu saja, produk kerajinan ini sudah berkembang sebagai sebuah indera buat memenuhi kebutuhan insan. Kerajinan menurut bahan alam ini memakai proses keterampilan tangan sehingga telah poly diekspor ekspor keluar negeri. Dengan produk kerajinan yang telah dibentuk ini membuat negara Indonesia menjadi negara eksportir terbesar didunia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas produk kerajinan menurut bahan alam. Langsung saja bisa anda simak dibawah ini.

Produk Kerajinan dari Bahan Alam

Produk kerajinan berdasarkan bahan alam ini dibentuk dibeberapa daerah pada Indonesia. Namun setiap wiayah mempunyai proses pembuatan produk kerajinan yg tidak selaras beda. Setiap daerah memiliki produk unggulan yang bisa digunakan buat karakteristik khas wilayah tadi. Perbedaan tadi dikarenakan setiap daerah memiliki sumber daya alam yang tidak sama beda. Dibawah ini saya akan membahas beberapa bahan alam yg bisa pada buat menjadi produk kerajinan bersama model serta pembuatan produknya.

Bahan Alam Tanah Liat

Produk kerajinan berdasarkan bahan alam yang pertama merupakan produk kerajinan yg dari dari tanah liat. Kerajinan dari bahan alam ini biasa dikenal menggunakan kerajinan keramik. Keramik berasal dari bahasa Yunani yaitu "keramos" yg berarti sebuah benda yg terbuat berdasarkan bahan lunak dan dibentuk melalui proses pembakaran. Tanah liat memiliki sifat yg plastis sehingga bisa dibentuk menjadi produk kerajinan keramik. Pembuatan produk kerajinan keramik ini melalui proses pembakaran dengan suhu 600-1300 derajat celcius. Pembakaran bahan alam ini berfungsi buat memadatkan, mengeraskan serta mengurangi kadar air pada tanah liat. Produk kerajinan keramik ini poly diproduksi oleh beberapa daerah. Setiap daerah memiliki karakteristik khasnya masing masing. Mulai berdasarkan bentuk, keunikan produk, motif kerajinan sampai teknik pembuatannya jua tidak sama.
Produk kerajinan menurut bahan alam ini memiliki motif yg majemuk dengan keunikan corak budayanya bahkan bisa mengalahkan keindahan keramik dari Jepang, Eropa juga China. Produk kerajinan keramik juga bisa dibuat menggunakan bahan alam berupa pasir, tanah liat, maupun feldspar. Keramik yang dibuat dari bahan alam tanah liat ini memiliki kandungan Kaoliniite, Illite, Montmorillinote, dan Halloysite. Berdasarkan kandungan tersebut membuat produk kerajinan tadi memiliki karakteristik yang tidak sinkron beda. Ciri bahan alam tanah liat yg cantik dipakai pada pembuatan keramik yaitu memiliki kandunagn plastisitas (gampang dibentuk), kwarsa, bahannya non plastik dan memiliki fusibilitas (gampang dilebur).
Produk kerajinan dari bahan alam ini memakai beberapa alat pendukung. Alat alat yang digunakan buat membuat kerajinan keramik meliputi
  • Meja putar yg berfungsi untuk membuat keramik sebagai bentuk silinder.
  • Kayu penggiling yg berfungsi buat melempengkan bahan keramik.
  • Cetakan keramik berupa gips buat menciptakan bentuk keramik.
  • Tali pemotong yg berfungsi buat merogoh produk kerajinan keramik yg masih basah berdasarkan meja putar. 
  • Pisau pahat berfungsi buat membuat hiasan yang terdapat pada keramik.
  • Sudip berfungsi untuk menaruh hiasan dalam keramik yg masih basah.
  • Butsir merupakan indera yg berfungsi buat membantu proses pembentukan bahan alam tanah liat ini.
  • Tungku pembakaran yang berfungsi untuk proses pembakaran keramik glasir maupun produk kerajinan tanah liat yg telah kering.
Setelah membahas tentang indera yang digunakan untuk menciptakan produk kerajinan menurut bahan alam ini. Kemudian saya akan memberikan beberapa teknik yang digunakan dalam proses pembuatan keramik. Berikut beberapa teknik pada menciptakan keramik:
  1. Teknik Pijit Tekan, teknik ini adalah teknik pembuatan produk kerajinan keramik secara manual. Tanah liat tadi dipijit memakai jari jari tangan menjadi bentuk awal seperti bola lalu dibentuk menjadi bentuk bentuk yang diinginkan.
  2. Teknik Pilin, teknik ini jua dibuat secara manual buat menciptakan badan keramik. Caranya cukup menggulung tanah liat hingga membangun menjadi sebuah pilinan tanah.
  3. Teknik Slab, teknik slab ini membentuk tanah liat sebagai sebuah lempengan menggunakan tangan eksklusif. Teknik ini merupakan sebuah teknik tradisional buat membentuk keramik sesuai menggunakan asa. 
  4. Teknik Putar, teknik pembuatan keramik sebagai bentuk bentuk yg simetris memakai alat putar. Biasanya produk kerajinan keramik ini sering memakai teknik teknik ini. Bagi para pengrajin tradisional niscaya menggunakan indera putar ini baik menggunakan alat putar kaki juga indera putar tangan. 
  5. Teknik Cetak, penggunaan teknik ini umumnya digunakan buat menghasilkan keramik dalam jumlah yg relatif poly dengan motif serta berukuran yang sama. Dalam menghasilkan keramik dalam jumlah yg banyak umumnya menggunakan cetakan gips menggunakan beberapa motif, baik motif jigger, motif tempel, motif padat juga motif berongga. Banyak pabrik pabrik keramik yg memakai teknik ini buat menghasilkan produk kerajinan keramik berupa mangkok, gelas, piring, cangkir serta masih banyak lagi. 
  6. Teknik pres, teknik ini pula poly dipakai oleh pengrajin pengrajin tradisional seperti pembuatan genteng, hiasan dinding, juga tegel dinding dengan beberapa motif.
Baca jua : Pengertian, Fungsi serta Unsur Unsur Seni Musik
Produk kerajinan dari bahan alam ini lalu didinginkan memakai angin angin ditempat yg terbuka tanpa menggunakan sinar matahari pribadi. Keramik yg telah kemarau lalu dibakar menggunakan tungku pembakaran. Proses pembakarannya dapat memakai kayu, gas, listrik maupun minyak tanah. Proses pembuatan motif dalam produk kerajinan ini dapat dilakukan saat setelah pembakaran pertama juga waktu keramik masih dalam keadaan setengah kemarau. 

Pemberian motif pada produk kerajinan menurut bahan alam ini bertujuan buat memperindah serta memperkuat kerajian tadi. Anda dapat merias keramik bakar ini memakai bahan pewarna glasir. Glasir adalah lapisan terluar dalam sebuah keramik umumnya terlihat mengkilap. Apabila keramik dihiasi menggunakan glasir maka proses pembakarannya harus 2 kali dan dilakukan secara khusus. Pembakaran pertama memakai suhu hingga 900 derajat celcius, lalu dihias dengan glasir. Setelah itu dibakar pulang menggunakan suhu 1200 hingga 1300 derajat celcius. 

Bahan Alam Serat Alam

Selanjutnya terdapat produk kerajinan berdasarkan bahan alam berupa serat alam. Di Indonesia masih banyak hasil hutan non kayu yg belum diperhatikan oleh pemerintah. Hasil flora ini membuat daya ekonomi semakin tinggi dan menaruh lahan pekerjaan yg relevan. Bahan alam ini dapat diubah menjadi beberapa produk kerajinan seperti topi, dompet, tempat lampu, tas maupun alas meja. Serat alam ini dibuat menjadi banyak sekali produk kerajinan menggunakan menggunakan teknik merajut, menganyam maupun makrame. Namun terdapat beberapa produk yg menggunakan teknik jahit maupun teknik tempel. Produk kerajinan berdasarkan serat alam ini bisa dicegah supaya tidak ada fungi yaitu cukup direndam menggunakan natrium benzoat juga zat pengawet serat alam lainnya.
Produk produk kerajinan dari bahan alam ini dapat diambil menurut serat alam pada beberapa jenis tumbuhan. Dibawah ini masih ada beberapa jenis tanaman yang dapat dibuat sebagai sebuah produk kerajinan:
  1. Eceng Gondok. Produk kerajinan berdasarkan bahan alam ini bisa diambil berdasarkan tanaman eceng gondok. Tanaman eceng gondok ini mempunyai serat alam yang kuat sebagai akibatnya cocok digunakan menjadi bahan dasar berbegai jenis produk kerajinan. Sebelum diproduksi, bahan alam ini dikeringkan terlebih dahulu kemudian dibentuk menjadi beberapa kerajinan. 
  2. Daun Pandan. Daun pandan jua bisa dibuat beberapa jenis produk kerajinan. Produk kerajinan menurut bahan alam ini belum terlalu populer dikalangan warga . Tetapi semakin berkembangnya jaman, poly pengrajin yg sudah memanfaatkan bahan alam ini sebagai bahan kerajinan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pandan adalah bahan serat alam yg mudah dicari dan dimanfaatkan.
  3. Sabuk Kelapa. Tanaman ini mempunyai manfaat yang sangat besar lantaran setiap bagiannya bisa dipakai. Mulai dari akar hingga daunnya dapat dimanfaatkan pada pembuatan produk kerajinan berdasarkan bahan alam. Bagian yang poly dimanfaatkan sang para pengrajin merupakan bagian serabut kelapa. Biasanya serabut kelapa ini dapat dimanfaatkan menjadi beberapa produk kerajinan.
  4. Pelepah Pisang. Bahan alam ini biasanya hanya dianggap sampah sang beberapa orang. Bahkan adapula yang membakarnya lantaran hanya mengotori lahan saja. Namun pelepah pisang yg kemarau bisa dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan lukis yg mempunyai daya jual tinggi serta nilai estetika yang tinggi. Produk kerajinan berdasarkan bahan alam ini bisa menjadi pandangan baru bagi para artis buat memanfaatkan bahan yang terdapat disekitar kita.
  5. Kulit Jagung. Produk kerajinan menurut bahan alam selanjutnya bisa memakai serat alam kulit jagung. Banyak sekali orang yang belum memanfaatkan kulit jagung ini lantaran hanya dipercaya sampah. Bagian jagung yang satu ini bisa diubah menjadi produk kerajinan yg mempunyai daya jual tinggi. Biasanya serat alam dari kulit jagung bisa dipakai untuk membuat hiasan dinding maupun rangkaian bunga yang cantik. 

Bahan Alam Kayu

Negara Indonesia adalah sebuah negara yg memiliki asal daya alam kayu yang cukup banyak. Sumber daya alam tadi mempunyai jenis yg majemuk. Bahan alam kayu ini bisa dibagi menjadi beberapa jenis misalnya kayu mahoni, kayu jati, kayu nangka, kayu sawo, kayu pinus, kayu kelapa dan masih banyak lagi. Produk kerajinan dari bahan alam ini mempunyai poly sekali variasi. Teknik pembuatan kerajinan dari kayu ini dapat memakai beberapa teknik misalnya cabut, tempel, sambung, strol, ukir, maupun pahat. Produk kerajinn yg berasal dari kayu bisa disebut woodcraf. Bahkan kerajinan ini telah poly dikenal dari luar negeri. 
Di Indonesia masih ada beberapa daerah yg menciptakan produk kerajinan dari bahan alam ini. Daerah daerah tersebut mencakup Bali, Papua, Jawa Tengah, Sulawesi maupun Kalimantan. Setiap wilayah memiliki karakteristik khas pembuatan kerajinan yg tidak sama beda. Mulai dari teknik pembuatan serta motif yg digunakan jua tidak sama. Setiap motif wilayah mempunyai ciri khas juga keunikan yg memiliki makna serta nasihat sendiri sendiri. Di daerah Yogyakarta, Bali, Toraja, Cirebon, Jepara, Palembang, Kalimantan dan lain lain mempunyai motif ukir atau pahat yang unik.

Teknik pembuatan produk kerajinan bahan alam ini cukup mudah yaitu terlebih dahulu anda menyiapkan bahan dasar kayu. Kemudian bahan kayu tadi dipotong sesuai ukuran dan dikeringkan. Pemotongan tersebut pula bisa menggunakan gergaji dan alat pahat. Kayu yg sudah diotong tadi kemudian dihaluskan dan dipahat sinkron asa. Anda dapat menghaluskannya menggunakan amplas. Setelah jadi sebuah kerajinan lalu diwarnai memakai cat spesifik.

Bahan Alam Bambu

Produk kerajinan menurut bahan alam selanjutnya memanfaatkan bambu. Bambu merupakan bahan alam yg dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan kerajinan yg mempunyai nilai jual yang tinggi. Produk yang dihasilkanpun memiliki nilai estetika yang tinggi. Bahan bambu ini bisa diubah sebagai kerajinan yang mempunyai nilai kerumitan yg tinggi atau sederhana. Kerajinan kerajinan ini poly dipakai ditoko toko, bank, spa, cottages, juga butik sebagi interior dinding. Teknik yg dipakai pada pembuatan produk ini ialah teknik sambung maupun teknik anyaman. Anyaman yg dibentuk dinegara Indonesia mempunyai motif yg unik serta banyak dikenal dimanca negara.

Bahan Alam Kulit

Bahan alam ini memanfaatkan kulit kerbau, sapi, kambing, buaya serta lain lain. Produk kerajinan menurut bahan alam ini bisa diubah menjadi beberapa produk yg unik dan memiliki nilai jual tinggi. Bahan dasar kulit ini dapat diubah menjadi kerajinan memakai proses yang sederhana. Kulit hewan tersebut dicuci lalu dikeringkan menggunakan bantuan sinar matahari langsung. Setelah kemarau lalu dihilangkan bulu serta kotorannya menggunakan cara digosok dan disayat dengan pisau. Setelah itu dicuci dengan bersih dan dikeringkan kembali. Kulit yang telah disamak ini lalu diubah menjadi produk kerajinan seperti kipas, wayang kulit, aksesoris, tas, dan masih poly lagi. Bahan alam ini juga dapat dimanfaatkan sebagai produk kerjinan tas, dompet maupun sepatu. Biasanya para pengrajin kulit memakai teknik sungging, teknik jait, rekat, press dan pahat. 
Baca jua : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenis Seni Teater

Bahan Alam Logam

Logam pula bisa dimanfaatkan menjadi produk kerajinan menurut bahan alam. Logam yang bisa dibentuk kerajinan mempunyai beberapa jenis misalnya besi, alumunium, perak, perunggu, kuningan, serta emas. Kerajian berdasarkan emas ini dapat kita jumpa didaerah daerah Kalimantan serta Jawa. Sedangkan kerajinan dari bahan perak dapat kita jumpai didaerah Bali, Yogyakarta juga Sumatera Barat. Bahan logam ini dapat diubah sebagai produk produk kerajinan seperti nampan, teko, gelas, wadah juga piala. Lantaran logam mempunyai bahan yg keras maka menggunakan teknik bakar.

Bahan Alam Batu

Produk kerajinan menurut bahan alam selanjutnya memanfaatkan batu. Indonesia mempunyai jenis bebatuan yang majemuk serta mempunyai banyak rona. Wilayah Kalimantan mempunyai jenis bebatuan yang bisa dibuat kerajinan yang unik. Daerah Tulungagung pula mempunyai batu marmer yang bisa diubah menjadi kerajinan yg latif. Selanjutnya wilayah Pacitan pula memiliki batu mulia menggunakan rona serta benuk yg beragam. Produk kerajinan yg bisa dibuat mencakup hiasan interior, hiasan ekterior, juga hiasan dinding.

Demikianlah beberapa produk kerajinan menurut bahan alam yang dapat saya bagikan. Manfaatkanlah produk produk alam kurang lebih agar mempunyai nilai keindahan dan nilai jual yang tinggi. Semoga artikel ini dapat menginspirasi anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI