9 Pertemuan Sungai Menakjubkan Di Dunia

Manusia sudah bermukim serta menggantungkan hidupnya di daerah sungai sejak dahulu, lihat saja Peradaban Mesopotamia, Sungai Indus, Sungai Nil semuanya berada di pinggir sungai. Saat ini poly kota-kota besar terletak di bibir sungai seperti halnya London dengan Sungai Themes nya dan Bangkok menggunakan Sungai Chaopraya. Di Indonesia sendiri banyak kota-kota yang bertumpu dalam sungai misalnya Palembang serta Banjarmasin. Banyak sungai di dunia memiliki karakteristiknya yang menakjubkan. Setiap sungai mempunyai budaya serta karakteristik khas masing-masing yg menandakan identitas mereka sendiri. 
Sungai dalam dasarnya adalah suatu aliran air yg dibatasi sang suatu punggung/bukit pada sisi kanan kirinya. Nah bagaimana apabila sebuah genre sungai bertemu menggunakan sungai lainnya?. Berikut ini 9 rendezvous aliran sungai yg menakjubkan di dunia. 
1. Alaknanda dan Bhagirathi (India)
Alaknanda serta Bhagirathi sungai berasal dari Himalaya yg keduanya sangat berpengaruh terhadap budaya dan sejarah Hindu. Keduanya merupakan sungai primer pada wilayah utara India.
2. Jialing dan Yangtze (China)
Sungai Jialing merupakan sungai yg sangat berliku dan memiliki penampang yg sangat lebar. Sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang pada Asia serta sangat memengaruhi budaya negeri Tirai Bambu. Aliran Yangtze mempunyai karakteristik spesial berwarna kekuningan karena membawa endapan lumpur dari hulu.
3. Ilz, Danube dan Inn (Jerman)
Tiga sungai ini bertemu pada Passau, Jerman serta ketiganya mempunyai warna air yg berbeda.
4. Rio Negro dan Rio Solimoes (Brasil)
Dua sungai ini bertemu saling berisisan tanpa bercampur satu sama lain. Rio Negro berwarna gelap sedangkan Solimoes berwarna moka dari output endapan pasir yang terbawa menurut Amazon.

5. Rhone serta Arva (Swiss)
Sungai Rhone merupakan galat satu sungai primer pada daratan Eropa dan mengalir melewati Perancis dan Pegunungan Alpen Swiss. Rhone mempunyai warna yang lebih biru dibanding Arva.

6.  Ohio dan Missisippi (USA)
Sungai Ohio danMississippi bertemu pada selatan Illinois dengan karakteristik yang beda.  Ohio mempunyai air yang lebih biru dibanding Mississipi yg keruh sang lumpur.
7. Mosel dan Rhine (Jerman)
Sungai Mosel membelah Perancis, Luxembourg dan Jerman serta pada akhirnya bertemu dengan Rhine pada Koblenz, Jerman.
8. Drava dan Danuve (Kroasia)
Sungai Danuve adalah sungai terpanjang ke dua pada Eropa serta melewati 10 negara, berawal pada Jerman dan berakhir di Laut Hitam.
9.  Thompson serta Fraser (Kanada)
Sungai Thompson merupakan sungai no 3 terbesar di Kanada serta bertemu dengan Fraser yg banyak mengandung lumpur pada wilayah British Columbia, Kanada.
Itulah sembilan rendezvous 2 hati, eh sungai-sungai latif di dunia. Bagaimana?Tertarik buat berwisata ke salah satu antara lain?. Baca jua: Animasi Proses Meandering

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI