Analisa Jurnal Nur Wijayaning Rahayu Arsitektur Grid Computing Pada Oracle 10g Pengantar Komputasi Modern Part2

Tugas Softskill


Assalamu’alaikum..

Dalampembahasan sebelumnya saya telah membahas mengenai Apa Itu Komputasi Modern ?, nah kali ini aku ingin menganalisa jurnal Arsitektur GridComputing Pada Oracle 10g karya Nur Wijayaning Rahayu. Tulisan inimerupakan Tugas Softskill PengantarKomputasi Modern. Oke pribadi saja ya disimak.

Perubahanyang terus terjadi pada usaha menuntut respon yg cepat berdasarkan setiapperusahaan. Adopsi teknologi-teknologi baru pada sistem warta yangberkembang pun dilakukan buat tujuan tadi. Di sisi lain, perusahaan jugacenderung mempertahankan investasi TI (teknologi berita) sebelumnya danmenekan porto investasi baru yg wajib dikeluarkan. Untuk menjembatani keduahal ini, Oracle Corporation mengeluarkan produk Oracle 10g berbasis gridcomputing.

InfratsrukturOracle 10g yg berbasis grid computing bisa merespon kebutuhan aplikasisecara handal dan kondusif. Lebih jauh, meskipun menggunakan aturan terbatas, pelakubisnis bisa memperkecil anggaran TI, memperbaiki produktivitas staf danmengurangi downtime yg menghabiskan poly porto. Dengan teknologi ini,perusahaan bias menghemat biaya dan memperbaiki kinerja usaha untukmendapatkan ROI secara optimal.

Lalu apa itu GridComputing ?

Gridcomputing adalah solusi menurut masalah-perkara generik yg dihadapi perusahaan IT.dalam mengadopsi grid computing, perusahaan tidak perlu merogoh langkahsecara revolusioner, lantaran aplikasi yg sebelumnya telah dijalankan akantetap bekerja seperti sebelumnya. Dan dimungkinkan juga buat mengadopsiteknologi grid computing pada pelaksanaan yg sudah dijalankan, bahkan tanpamemerlukan poly penulisan ulang konfigurasi sistem.

Konsep GridComputing

1. Sumberdaya Infrastruktur

Mencakuphardware seperti penyimpan, prosesor, memori, serta jaringan; juga software yangdidisain untuk mengelola hardware ini, seperti database, manajemen penyimpan,manajemen sistem, server pelaksanaan dan system operasi.

2. Sumberdaya Aplikasi

Adalahperwujudan nalar bisnis serta arus proses dalam software aplikasi. Sumberdayayang dimaksud bisa berupa pelaksanaan paket atau pelaksanaan protesis, ditulis dalambahasa pemrograman, dan merefleksikan tingkat kompleksitas. Sebagai model,software yg mengambil pesanan menurut seseorang pelanggan serta mengirimkan balasan,proses yang mencetak slip honor , serta nalar yg menghubungkan telepon daripelanggan tertentu kepada pihak tertentu jua.

3. Sumberdaya Informasi

Saatini, informasi cenderung terfragmentasi dalam perusahaan, sebagai akibatnya sulit untukmemandang bisnis menjadi satu kesatuan. Sebaliknya, grid computing menganggapinformasi adalah sumberdaya, mencakup keseluruhan data dalam perusahaan danmetadata yg berakibat data mampu bermakna. Data bias berbentuk terstruktur,semi-terstruktur, atau tidak terstruktur, tersimpan pada lokasi manapun, sepertidalam database, sistem file local.

Prinsip Kerja GridComputing


Duaprinsip kerja utama grid computing yg membedakannya berdasarkan arsitektur komputasiyang lain, semisal mainframe, klien-server, atau multi-tier: virtualisasi danprovisioning.

1. Virtualisasi

Setiapsumberdaya (semisal personal komputer , disk, komponen aplikasi dan sumber berita)dikumpulkan bersama-sama menurut jenisnya, kemudian disediakan bagi konsumen(semisal orang atau program perangkat lunak). Virtualisasi berarti meniadakan koneksisecara fisik antara penyedia dan konsumen sumberdaya, serta menyiapkan sumberdayauntuk memenuhi kebutuhan tanpa konsumen mengetahui bagaimana permintaannya bisaterlayani.

2. Provisioning

Ketikakonsumen meminta sumberdaya melalui layer virtualisasi, sumberdaya tertentu dibelakang layer didefinisikan buat memenuhi permintaan tersebut, serta kemudiandialokasikan ke konsumen. Provisioning menjadi bagian menurut grid computingberarti bahwa system menentukan bagaimana cara memenuhi kebutuhan konsumenseiring dengan mengoptimasi jalannya sistem secara keseluruhan.

Lalu apa ituOracle 10g ?


Untuksoftware Oracle 10g merupakan merupakan singkatan menurut grid. Fokus berdasarkan versi baruOracle ini adalah buat memudahkan perusahaan menyederhanakan prosesimplementasi grid computing di luar kerangka kerja komputasi akademik, teknik,riset serta saintifik. Oracle 10g meliputi:

1. Oracle Database 10g

Fiturutama, Real Application Clusters, menjadikan sebuah database tunggal biasdijalankan melintasi titik-titik cluster pada grid dan mengumpulkan sumberdayapemroses menurut mesin-mesin baku. Hal ini dilakukan secara fleksibel, karenadata tidak perlu dipartisi dan disebar sepanjang jaringan. Database segeramenyeimbangkan beban kerja pada titik baru dan kapasitas pemroses baru setelahproses pelimpahan kerja dilakukan, dan pula bias melepas mesin yg tidakdiperlukan buat suplai bagi pekerjaan selanjutnya.

2. Oracle Aplication Server10g

OracleAS 10g menyediakan platform infrastruktur lengkap untuk menjalankan pelaksanaan perusahaan,mengintegrasikan poly fungsi termasuk layanan J2EE serta web service, portalperusahaan, broker integrasi perusahaan, business intelligence, web caching danmanajemen service. Ketika aplikasi dijalankan pada server aplikasi di grid,maka transparansi distribusi beban kerja, pelimpahan beban kerja, danpenjadwalan dilakukan secara efisien dengan melakukan koordinasi pada banyakserver.

3. Oracle Enterprise Manaer10g

FiturOracle Grid Control di dalamnya dapat mengurangi biaya administrasi melaluiproses otomasi serta policy-based standarization. Professional TI dapatmenyatukan titik-titik hardware, database, server pelaksanaan, dan target lainpada entity logik tunggal. Oleh karenanya, eksistensi banyaknyakomputer-komputer mini pada infrastruktur grid tidak menambah kompleksitaspengelolaan.

Kesimpulan

Sistemkomputasi berkinerja tinggi berbasis teknologi grid computing nir identikdengan sistem komputer berharga mahal. Lebih lanjut, infrastruktur komputasigrid nasional bisa dibangun menggunakan menggabungkan sumber-sumber daya komputasiyang telah ada sebagai satu kesatuan yg lalu bisa berkontribusi padapengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi.bahkan, prinsip kolaborasi yang melandasi teknologi grid computing dapatmenjadi pelajaran berharga bagi kita buat menerapkannya pada kontekskehidupan yang lain.

ArsitekturGrid Computing Pada Oracle 10g
NurWijayaning Rahayu
JurusanTeknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Jl.kaliurang Km 14,lima Yogyakarta

Mungkin itu saja yang sanggup sayasharing Tentang Analisa Jurnal ArsitekturGrid Computing Pada Oracle 10g karya Nur Wijayaning Rahayu, kurang lebihnyamohon maaf, terima kasih ^^

Wassalamu’alaikum..
Kelompok

1. Muhammad Faris Al Fatih(54411827)
2. Mochamad Fajar Budi Utomo(54411523)
3. Muhammad Fajar R(54411822)
4. Tio Pratama Agung(57411119)
5. Masandi Darajat(54411344)
 

DownloadJurnal : Disini

ArtikelPengertian Komputasi Modern : Disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI