Angin Siklon Tropis

Apakah kalian tahun mengenai fenomena Topan Haiyan yang melanda Filipina di penghujung tahun 2018?. Topan Haiyan adalah keliru satu jenis angin siklon tropis yg terjadi di atmosfer.
Mengapa di Indonesia nir pernah terjadi badai siklon besar seperti itu?
Angin adalah fenomena bergeraknya udara dari wilayah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. Suhu atmosfer bumi senantiasa mengalami kenaikan dampak pemanasan global dan akibatnya akan berpengaruh dalam suhu udara di atas permukaan air bahari. Siklon tropis dapat terbentuk pada kondisi sebagai berikut:
Baca pula:
Dampak positif negatif pariwisata
6 ilmuwan geografi populer sepanjang masa

1. Suhu permukaan air bahari relatif panas diatas 26 derajat Celcius serta kelembaban udara pada lapisan bawah relatif tinggi. Kondisi ini mengakibatkan aliran udara menyebar naik serta sebagai lebih panas daripada suhu atmosfer lingkungan.
2. Pada wilayah yang berlokasi di luar daerah DKAT (Daerah Konvergensi Antar Tropik) sekitra lima derajat LU dan LS. Daerah DKAT adalah wilayah equator termasuk Indonesia, akan namun pengaruh siklon tropis masih terasa berupa ekor siklon yang mengakibatkan adanya angin ribut (puting beliung) dan gelombang bahari tinggi. Gaya Corriolis adalah penyebab terjadinya pembelokan arah angin di atmosfer lantaran bumi yg berotasi. 
Meskipun Indonesia nir mempunyai impak langsung terhadap angin siklon tropis, akan tetapi pengetahuan serta pemahaman pada masyarakat akan pengaruh ekor siklon bisa meminimalisir jatuhnya korban. Baca pula: Tata koordinat bola langit
Sebagai gambaran, kita lihat gambar Topan Haiyan yang melanda Filipina serta jalur badai tersebut buat menunjukan bahwa badai siklon tropis akan berbelok di equator dan tidak mengenai Indonesia.

Baca pula: Komoditas andalan perkebunan Indonesia
Sumber serta Gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI