Apa itu Geografi Bisnis

Adakah hubungan antara usaha dengan geografi?. Tentunya apabila dicermati dari kacamata ilmu, maka setiap ilmu mempunyai interaksi satu sama lain dan saling melengkapi. Geografi Bisnis merupakan salah satu ilmu yg menggabungkan antara bisnis serta geografi. Geografi usaha adalah keliru satu bidang bisnis yang memakai teknik-teknik dan alat geografi buat menuntaskan tugas-tugas bisnis yg berkaitan menggunakan marketing dan penentuan lokasi unit usaha. Alat geografi yang paling generik dipakai pada bidang geografi usaha adalah peta dan Sistem Informasi Geografi.


Aplikasi Geografi Bisnis
1. Identifikasi Marketing
Aspek krusial dalam usaha tentunya adalah mengindentifikasi target pasar atau pemetaan pelanggan. Dengan menggunakan basis pemetaan geografi pelanggan potensial, maka pebisnis bisa mencari konsentrasi pasar potensial tertinggi pada suatu wilayah tertentu. SIG memungkinkan pemetaan tersebut akan terselesaikan menggunakan efisien serta peta dibuat dalam warna-warna yang mewakili simbol konsentrasi pelanggan.
Contohnya bila pemilik toko sandang anak akan mempertimbangkan untuk merelokasi tokonya maka data populasi anak dimasukan pada acara SIG serta dipetakan menggunakan memakai simbol rona gelap buat konsentrasi famili menggunakan anak tertinggi dan rona cerah untuk konsentrasi famili dengan anak yg ringan. Setelah terselesaikan, hasil analisa SIG akan menyoroti wilayah yg ideal buat toko pakaian anak menurut faktor di atas.
2. Menentukan Apakah Layanan Dibutuhkan
Seperti pemetaan pelanggan, aspek ke 2 ini penting buat usaha supaya sanggup menemukan dimana layanan yang diharapkan buat mendapatkan kemungkinan angka penjualan terbaik. Menggunakan pemetaan memungkinkan berbagai jenis pelanggan bisa diidentifikasi buat melihat apakah suatu daerah membutuhkan bisnis atau layanan tertentu. Contohnya merupakan pusat layanan orang tua, maka penting untuk bisnis tersebut buat berada di area dengan proporsi manula terbesar.
3. Mengindentifikasi Layanan Lain Pada Area Yang Sama
Masalah lain yg ada pada usaha adalah adanya dua jenis layanan pada lokasi yang sama. Contohnya dalam jarak seratus meter masih ada 2 butir toko kudapan manis sehingga akan memperketat persaingan pada penjualan. Dengan memakai pendekatan Geografi Bisnis maka seluruh usaha atau jasa dari jenis tertetu pada suatu wilayah dapat dipetakan. Dengan SIG, sasaran pelanggan dapat diletakan di atas lapisan yg menunjukkan lokasi suatu toko kue contohnya serta output analisa bisa menemukan lokasi yang ideal buat mendirikan toko yg baru.
4. Menganalisa Penjualan
Geografi usaha jua dapat membantu pengusaha buat menganalisa pola geografis penjualan produk mereka. Dalam mengidentifikasi pola ini, manager atau pelaku usaha dapat melihat daerah-wilayah tertentu dimana orang membeli aneka macam produk. 
5. Penentuan Lokasi
Lokasi yang strategis menjadi salah satu kunci primer pada pengembangan sebuah usaha. Dalam penentuan lokasi akan dipertimbangkan jua taraf pendapatan rakyat pada lebih kurang, keadaan transportasi, jalan, air serta fitur fisik daerah lainnya. Data-data tadi akan dikombinasikan pada SIG buat menghasilkan sebuah peta usaha yang komperhensif.
6. Perencana Marketing
Setelah bisnis dibangun, penting sekali buat bisa beriklan dengan sasaran pasar. Dengan menggunakan GIS di awal, maka pemetaan pasar akan dilakukan buat mengidentifikasi pola pasar. Efisiensi dan efektifitas merupakan kunci pada Geografi Bisnis. Para pelaku usaha akan bertanggung jawab buat menemukan serta menjual barang-barang pada konsumen. Peta menjadi alat bantu yg efisien pada perencanaan bisnis dengan segala fiturnya.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru