Apa itu Komet atau Bintang Berekor Komet

Komet mempunyai bentuk aliran yang tidak sinkron menggunakan planet-planetpada umumnya. Bentuk peredaran komet lebih ellips. Dengan demikian hargaexkentrisitas elipsnya lebih akbar daripada harga eksentrisitas elips planetpada umumnya.
Komet terdiri atas kepala serta ekor. Ekor komet sangat panjang mampu mencapai berjuta-jutakm. Bahkan, terdapat komet yang panjang ekomya mencapai 100 juta km.

Kepala komet terdiriatas bagian inti serta lapisan luar inti yang terdiri dari kabut serta gas yangmembeku, yang disebut koma.

Arah ekor komet selalumenjauhi matahari, sebab didorong oleh energi matahari. Jadi bila kometbergerak menjauhi mata­hari, maka ekornya ada di depan. Komet akan nampak jelasdari bumi apabila mendekati titik perihelium.
Nama komet disesuaikandengan nama orang yang menemukannya. KometHalley diketemukan oleh EdmundHalley dalam tahun 1705. KometKohoutek diketemukan oleh Kohoutek,pada tahun 1973. Komet Westdftemukan dalam tahun 1986. Adasatu komet lagi, bemama Biela,yang tak pemah muncul lagi sejak pemunculannya yang terakhir dalam tahun 1852.
Waktu edar kometberbeda-beda. Ada komet yg nampak setiap 5 tahun sekali. Ada yg setiap 6,6tahun. Ada jua yang sesudah 76 tahun baru kelihatan kembali. Komet Biela waktu edarnya 6,6 tahunsekali. Pada tahun 1848komet ini pecah menjadi 2 bagian, ketika sedang mendekati titik periheliumdan mata­hari. Tahun 1852muncul pulang dengan jeda satu sama lain cukup jauh, yaitu kurang lebih dua,lima jutakm. Dan pemunculan tahun 1852 itu adalah pemunculan terakhir untuk komet Biela.

Komet yang mempunyaiwaktu edar 76 tahun sekali merupakan kometHalley. Komet ini merupakan ko­met yang paling menarik perhatian.sebab pada tahun 1910 kometini muncul dengan ekor sangat panjang. Namun, dalam tahun 1986, banyak orang kecewa karena kometini nir ada seindah yang diperlukan. Bahkan, dengan mata telanjang hampirtidak nampak.
Ada komet yang waktuedarnya antara 5 sampai 10 tahun. Jumlahnya mencapai sekitar 50 buah. Komet inidisebut keluarga komet Yupiter.
Perlu diketahui bahwaekor komet terdiri dari gas-gas CO, CN2, serta gas-gas labil sepertiCH2, NH2, serta OH, sebagai hasil dissosiasi CH4,NH3, serta H20.
Untuk mengetahuibagaimana bentuk komet serta lintasannya, perhatikan gambar berikut ini:
Pada malam hari ketikalangit bersih tidak berawan, kadang-kadang kita melihat pijar benda langit yangberpindah tempat. Lamanya berpindah hanya beberapa detik untuk selanjutnyapadam. Benda langit yang berpijar serta berpindah tempat itulah yang nsmmanya bintangberalih atau meteor. Ada juga yangmenyebut dengan kelarat.
Benda-benda itu  mempunyai berukuran sangat mini , menggunakan garistengah 0,dua sampai 0,5 mm. Oleh Karena  sangat mini maka bisa disebut debu atau kersik kosmis.

Kersik kosmis ini masukke atmosfer bumi bagian atas dengan kecepatan sekitar 40 km tiap detik. Padaketinggian sekitar 100 - 160 km dari permukaan bumi, kersik ini menekan molekul-molekul udara di depannya, sampai panas serta berpijar, sehingga kersik pasir ituterbakar di atmosfer.

Kadang-kadang kitamelihat meteor yang tampak misalnya berekor. Ekor meteor itu sebetulnyamerupakan cahaya  pijar yang mengandung ion-ion tertentu.
Arah gerak meteor ataubintang beraliih nir beraturan. Namun, kadang-kadang kita jumpai meteor yanggerakannya atau arahnya beraturan menurut satu arah. Keadaan itu diklaim  hujan meteor atau hujan bintang beralih.Meteor-meteor itu seolah-olah datang dari satu titik, yang disebut radian. Hujan bintangberalih diklaim sinkron dengan nama rasi loka radian berasal. 
Jika arah­nyadari Perseida disebut hujan perseida.Jika dari dari bintang atau rasi Leonida diklaim hujan leonida. Hujan leonida, setiap 33 tahun sekali, padatanggal 10-14 November nampak lebih deras dari pada tahun-tahun lainnya. Menuruttaksiran, banyaknya me­teor yang jatuh ke atmosfer bumi atau ke bagian atas bumi,jum Iahnya berjuta-juta butir setiap hari. Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI