Apa itu Nanoteknologi

Pernah mendengar kata atom, molekul?Tentunya bila kalian dari berdasarkan jurusan IPA pasti tahu. Bagaimana cara melihat atom padahal manusia
tidak punya kemampuan buat melihat benda menggunakan ukuran teramat kecil?Itulah nanoteknologi. Nanoteknologi merupakan suatu kreasi penciptaan dan penggunaan bahan-bahan menggunakan sekala yang sangat kecil sekali. Bahan-bahan atau material nano berukuran  satu sampai 100 nanometer (nm). Satu nanometer sama menggunakan 1/1 milyar meter atau lebih kurang 50.000 kali lebih kecil dari diameter rambut insan, terbayang kan ekstrimnya ukuran sekecil itu?. Para ilmuwan membuat kisaran 1- 100 nm menjadi skala nanometer serta bahan-bahan atau materi-materi yg berada pada skala tadi disebut nanocrystal atau nanomaterial.
Skala nano ini sangat unik karena tidak terdapat zat padat dibuat lebih kecil. Banyak mekanisme biologis dan fisika bekerja pada skala nanometer. Pada skala ini material menampakan sifat fisika yg berbeda sehingga para ilmuwan berharap poly efek baru yang disebabkan pada teknologi ini menjadi terobosan pada masa depan.

Hingga ketika ini nanoteknologi sudah berkembang dan membentuk berbagai macam produk di aneka macam bidang di semua dunia khususnya negara maju. Contoh yang tak jarang kita lihat serta kita pakai pada kehidupan sehati-hari merupakan perangkat processor personal komputer yang bisa berfungsi buat mentransfer data. Selain itu produk-produk kosmetik juga telah poly memakai teknologi nano. Tetapi ilmuwan masih percaya bahwa sampai saat ini mereka baru sebatas menggunakan teknologi nano dalam lapisan kulitnya saja. Jauh di pada itu masih poly lagi rahasia-rahasia yang belum terpecahkan terkait nanoteknologi. Untuk memahami berukuran skala nano bisa dipandang dalam struktur sebuah atom atau susunan banguan terkecil menurut suatu materi. Atom hidrogen adalah salah satu atom terkecil yaitu 0,1 nm. Sel insan berkisar menurut lima.000 hingga 200.000 nm  yg berarti sel insan lebih besar menurut skala nanometer. 
Ide menurut nanoteknologi merupakan fisikawan Richard Feynman yg dalam ceramahnya pada tahun 1959 berkat bahwa ilmuwan nanti akan bisa memanipulasi dan mengontrol atom serta molekul. Istilah nanoteknologi mulai dikenal tahun 1980 Prof. Torio Taniguchi menciptakan istilah nanoteknologi setelah berhasil menghasilkan mikroskpop yang bisa melihat atom. 


Sumber dan gambar:

disini
//www.nano.gov/nanotech-101/what/definition

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI