Apa Itu Tsunami dan Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Ada Tsunami


Siapayang tidak pernah mendengar istilah Tsunami? Tsunami adalah salahsatu macam bencana alam yang terjadi di Bumi. Dulu, tsunamiterdengar asing di pendengaran warga Indonesia sebelum bala dahsyat terjadidi ujung barat Indonesia, Aceh. Pada lepas 24 Desember tahun 2018, Indonesiaberduka cita. Bukan hanya Indonesia saja, namun semua global berduka cita atasterjadinya bencana alam maha dahsyat, yang mematikan ratusan ribu nyawa. Gempabumi berkekuatan sekitar  9 skala richter menyebabkan gelombang tsunami dipantai Aceh. Gelombang tsunami yang terbentuk sangatlah tinggi hingga belasanmeter dan sukses meluluh lantakkan aceh serta wilayah pada sekitarnya. Bahkan tidakhanya wilayah Aceh saja, tetapi juga beberapa negara tetangga. Sejak waktu itulahmasyarakat Indonesia semakin familiar dengan yang namanya tsunami. Bahkan katatsunami terlalu akrab sampai di indera pendengaran sehingga mengakibatkan syok dankesedihan mendalam.


PengertianTsunami
Tsunamimerupakan galat satu jenis bencana alam yang berkaitan dengan gelombang samudera .gelombang lautan yang sangat akbar dan menerjang daratan ini dianggap dengantsunami. Tsunami dari dari bahasa Jepang, Tsu yang berarti pelabuhan danNami yg berarti gelombang. Secara harfiah, tsunami mempunyai arti ombak besardi pelabuhan. Lebih ilmiah lagi,  yg dimaksud tsunami merupakan perpindahanbadan air yang disebabkan sang perubahan bagian atas laut secara vertikal yangberlangsung menggunakan tiba- datang. Mengapa nama bencana ini merupakan tsunami yangdiambil menurut bahasa Jepang? Mungkin karena negara Jepang merupakan negara yangsangat rawan dengan adanya gempa, sehingga terjadinya gelombang akbar yangmerupakan akibat menurut gempa biasa terjadi.

Gelombangtsunami adalah jenis gelombang yang dapat beranjak ke segala arah hinggamencapai jarak ribuan kilometer. Daya kerusakan yang diakibatkan gelombang iniakan semakin kuat bila berada pada daratan yg dekat dengan pusat gangguan.apabila di samudera , tinggi gelombang tsunami ini nir terlalu tinggi, hanyasekitar 1 meter saja. Meski demikian, kecepatan yg dimiliki sang gelombangini sanggup mencapai 500 sampai 1000 kilometer per jam, kecepatan ini menyamaidengan kecepatan pesawat jet. Saking cepatnya gelombang ini, kapal yg beradadi lautan sampai nir terasa akan kehadiran gelombang ini.

Sebaliknya,semakin mendekati ekosistem pantai, kecepatan gelombang ini semakinmenurun, hanya kurang lebih 35 hingga 50 kilometer per jam. Namun, tingginyagelombang akan semakin naik, sampai mencapai 20 meter. Dengan ketinggian yangsedemikian ini, maka gelombang tsunami dapat masuk ke daratan hingga jarakpuluhan kilometer. Inilah sekilas citra umum mengenai gelombang tsunami.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
                                                        Videonya mampu download disini
Taukahsahabat sekolah dasar apa itu tsunami dan apa yang wajib dilakukan saat adatsunami?
Simakinformasi lengkap dari BNPB Indonesia ini dia ya sahabat, Bapak/Ibu Gurujuga bisa menaruh pengetahuan tentang Penanggulangan Bencana Lainnya kepadaanak didik pada sekolah

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI