Apa Saja Sumber Kesalahan Sinyal GPS

Penentuan titik lokasi menggunakan GPS acapkali mengalami kesalahan misalkan di pelaksanaan smartphone. Mengapa hal tadi bisa terjadi?Ada poly faktor yang mengakibatkan ketelitian pengukuran koordinat, antara lain:
1. Kesalahan Orbital
Kesalahan oerbital yang jua dikenal menjadi kesalah efermis merupakan ketidak-akurasian lokasi yg dilaporkan oleh satelit penerima GPS.
2. Delay ionosfer serta troposfer
Sinyal satelit GPS yg terlambat sampai ke atmosfer dikarenakan di atmosfer tadi megalami perubahan pada hal suhu, tekanan, kelembaban serta perubahan cuaca lain. Sistem GPS memakai suatu model yg dapa mengkalkulasi homogen-homogen jumlah delay.
3. Sinyal Multipath
Hal seperti in iterjadi waktu sinyal GPS direfleksikan ke suatu objek seperti bangunan tinggi sebelum frekuwensi tersebut bisa ditangkap sang penerima GPS. Bertambahnya saat bepergian sinyal buat sampai ke penerima GPS tadi bisa mempengaruhi ketelitian pengukuran.
4. Geometri Satelit 
Hal in mengacu pada posisi relatif suatu satelit pada satu waktu. Geometri satelit yang ideal yaitu ketika satelit ditempatkan pada sudut yang relatif lebar. Pengukuran yg lemah dihaislkan saat satelit ditempatkan dalam satu garis atau dalam satu gerombolan yang padat.
5. Jumlah satelit yang tampak
Semakin satelit GPS itu kentara terlihat maka semakin baik ketelitian itu. Bangunan, tanah lapang, intervensi frekuwensi elektornik dapat menghalangi penerimaan sinyal sehingga dapat menyebabkan kesalahan posisi atau bahkan mungkin nir dapat mendeteksi posisi sama sekali. Oleh karena itu GPS nir dapat digunakan pada dalam bangunan atau di wilayah urban.
6. Penurunan kualitas sinyal satelit
Selective Availability merupakan suatu penurunan kualitas sinyal yang dikenakan oelh pejabat Amerika Serikat. SA dimaksudkan buat menncegah musuh militer berdasarkan penggunaan sinyal GPS yang kuat.


Sumber dan Gambar:
SIG berbasis Mobile. Riyanto

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru