Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Samudera Pasifik

Samudera Pasifik merupakan galat satu berdasarkan 5 lautan pada dunia yang merupakan samudera terluas dengan luas area 155.557 km persegi serta membentang dari Samudera Arktik di utara hingga lautan pada daerah selatan atas Antartika. Samudera ini berbatasan menggunakan benua Asia, Australia, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Dengan tital area 28% menurut luas bumi maka lautan ini luasnya hampir sama menggunakan total luas daratan pada bumi.
Samudera Pasifik dibagi sebagai daerah bagian utara serta wilayah bagian selatan menggunakan garis khatulistiwa menjadi pembatasnya. Samudera ini diperkitan terbentuk jutaan tahun kemudian dan memiliki topografi yang unik serta paling penting lagi memainkan peranan penting pada iklim dunia dan ekonomi global.
Samudera Pasifik terbentuk jutaan tahun yang kemudian selesainya pecahnya benua Pangea 250 juta tahun kemudian. Tidak terdapat data niscaya kapan Samudera ini berkembang namun data geologi menemukan bahwa usia lantai lautan tertua pada wilaya hini berada dalam angka 180 juta tahun.
Samudera Pasifik mempunyai variasi topografi mulai dari tanggul samudera , palung serta gunung barah dasar laut yang terbentuk menurut hot spot pada tengah samudera . Contoh gunung barah dasar laut spektakuler pada lautan ini adalah yg menciptakan kepulauan Hawaii. Beberapa gunung api lain nir ada hingga bagian atas misalnya Davidson Seamount di California.
Tanggul lautan ditemukan pada beberapa titik pada tempat keluarnya magma di dasar lautan. Titik terdalam di bumi juga ditemukan pada samudera ini yakni Challenger Deep di daerah Palung Mariana dengan kedalaman maksimum mencapai hampir 11 km.
Pantai-pantai yang menghadap ke Samudera Pasifik kebanyakan memiliki tebing curam serta kasar dan berbatasan menggunakan pegunungan seperti pantai barat Amerika tetapi pada beberapa bagian masih ada pantai yang lebih landai. 
Wilayah Pasifik bagian utara lebih poly berbatasan menggunakan daratan dibanding bagian selatan. Namun pada bagian selatan masih ada beberapa kepulauan kecil seperti Mikronesia dan Kepulauan Marshall. Pulau terbesar pada wilayah ini merupakan Papua Nugini.


Kondisi iklim di Samudera Pasifik sangat bervariasi serta ditentukan oleh garis lintang, ada tidaknya daratan dan tipe menurut massa udara yg berkiprah pada atas air. Suhu permukaan lat di lautan ini memainkan peranan penting dalam membentuk iklim dan cuaca di beberapa wilayah termasuk Indonesia. Suhu pada wilayah perairan ekuator lebih hangat dibanding yang jauh menurut ekuator. Badai siklon pula banyak terbentuk di lautan ini seperti Topan Haiyan yg melanda Filipina. Fenomena El Nino dan La Nina juga terbentuk di wilayah lautan ini serta berdampak pada anomali cuaca di Indonesia khususnya.
Karena luasnya mencapai 28% dari total bumi maka aneka macam macam keanekaragaman mulai berdasarkan ikan, termubu karang dan mahluk lainnya berada pada samudera ini. Bagi beberapa negara, samudera ini sebagai huma buat mencari ikan segar serta banyak sekali mineral dan sumber daya minyak bumi serta gas.

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru