Arus Laut di Bumi dan Sirkulasinya Ocean Currents and Its Circullation

Air laut yg menutupi sebagian besar bumi
tidaklah membisu tapi beranjak bergerak maju buat mencapai ekuilibrium.pergerakan arus laut tersebut berpengaruh tersebut berpengaruh terhadap pola iklim bumi. Bagaimanakah pola arus laut pada bumi dan dampaknya terhadap iklim di bumi?
Laut adalah gugusan massa air yg sangat kompleks dan nir pernah beristirahat. Massa air bahari berkecimpung naik serta turun di aneka macam tempat sepanjang perjalanan mereka. Air adalah zat resistor panas yg baik sehingga beliau sangat berperan pada memengaruhi iklim global pada bumi. Kalian tentu tahu tentang fenomena badai siklon, el nino serta la nina? Itu semua merupakan akibat dari gejala yg disebabkan oleh perairan bahari. Arus bahari dipengaruhi sang faktor angin, rotasi bumi, perbedaan kadar garam, suhu dan densitas, serta bahkan bentuk dasar laut.
Arus permukaan bahari sangat ditentukan sang angin serta di bumi masih ada kata arus bahari yang berputar yang disebut Gyre. Gyre merupakan arus laut yg berputar menuju khatulistiwa dan balik lagi ke bawah. Pergerakan arus ini juga dipengaruhi sang Efek Corriolis yang mengakibatkan arus bergerak searah jarum jam di utara serta antagonis dengan arah jarum jam di selatan.
Jenis arus lain merupakan upwelling yaitu arus dingin yang bergerak menurut bawah ke atas. Hal ini tentunya akan membawa dan nutrisi berdasarkan bawah bahari menuju bagian atas sebagai akibatnya akan mengundang poly biota. Daerah upwelling biasanya kaya akan kehidupan laut lantaran kebanjiran nutrisi dari bawah yang naik ke atas.
Arus bahari lainnya adalah Arus Termohalin, yaitu arus yang disebabkan oleh disparitas densitas bahari. Densitas bahari diakibatkan oleh faktor suhu serta salinitas. Air bahari yg dingin akan memiliki densitas lebih rapat sehingga akan turun ke bawah. Di bumi in terdapat pola arus termohaline raksasa yg memengaruhi iklim dunia.

Sumber dan Gambar:
disini
disini
disini
disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru