Bagaimana Bumi Ini Terbentuk Dan Penjelasan Ilmiah

Bumi merupakan planet tempat tinggal seluruh makhluk hidup bersama isinya. Sebagai tempat tinggal makhluk hidup, bumi juga tersusun atas beberapa lapisan bumi, bahan-bahan material pembentuk dari bumi, serta semua kekayaan alam yg terkandung pada dalamnya jua.

Bentuk permukaan bumi pula bhineka jua, mulai berdasarkan  pegunungan, daratan, lembah,lautan, perbukitan, danau, serta sebagainya. Bumi sebagai keliru satu planet yg pula termasuk dalam sistem tata matahari di alam semesta ini yg nir membisu misalnya apa yang kita perkirakan selama ini, melainkan bumi  pula perlu melakukan perputaran pada porosnya (rotasi) dan  jua bisa bergerak mengelilingi mentari (revolusi) sebagai sentra sistem rapikan surya ini. 
Hal inilah yg menyebabkan akan terjadinya siang malam serta pasang surut air laut. Oleh karena itu, proses terbentuknya bumi juga tidak terlepas berdasarkan proses terbentuknya rapikan mentari alam semesta kita. Bagaimana Bumi ini sanggup terbentuk secara niscaya masih merupakan perdebatan dimana poly jua berpendapat yg dikemukakan oleh para ahli menggunakan alasan yang berbeda-beda juga. Berikut ini terdapat beberapa teori  serta ilmiah mengenai pembentukan bumi yg umum dikenal.

1. Teori Planetesimal
Pada awal  pada abad ke-20, Forest Ray Moulton, seorang pakar astronomi Amerika beserta rekannya T.C Chamberlain, seseorang ahli geologi,jua sudah mengemukakan teori Planetisimal Hypothesis, yg menyampaikan bahwa matahari terdiri dari massa gas  dan bermassa akbar sekali, pada suatu ketika didekati oleh sebuah bintang lain yg sudah melintas menggunakan kecepatan  yg sangat tinggi di dekat matahari. Pada saat itu bintang melintas di dekat mentari serta jarak keduanya relatif sangat dekat, maka sebagian massa gas mentari tersebut ada yg tertarik ke luar dampak adanya sebuah gravitasi menurut bintang yang telah melintas tersebut. Sebagian dari massa gas yang jua tertarik ke luar terdapat yang pada lintasan bintang tadi serta sebagian lagi ada yang berputar mengelilingi mentari dikarenakan oleh gaya gravitasi surya. Setelah bintang melintas sudah berlalu, massa gas yang berputar mengelilingi mentari   pula menjadi dingin serta terbentuklah sebuah cincin yang usang kelamaan sebagai padat serta sanggup dianggap planetisimal. Beberapa planetisimal yang jua terbentuk akan saling tarik – menarik bergabung menjadi satu serta dalam akhirnya teah membentuk planet, termasuk bumi.

2.teori Kant – Laplace
Sejak jaman sebelum Masehi, para pakar sudah poly berfikir buat melakukan sebuah analisis terhadap gejala-gejala alam. Mulai dari abad ke 18 para pakar sudah memikirkan proses terjadinya Bumi. Salah satunya adalah teori kabut (nebula) yg telah  dikemukakan sang Immanuel Kant (1755) dan Piere de Laplace (1796)? Mereka pula terkenal menggunakan Teori Kabut Kant-Laplace. Dalam teori ini dikemukakan bahwa pada jagat raya ini masih ada suatu gas yg kemudian berkumpul menjadi kabut (nebula). Gaya tarik-menarik antar gas ini  telah membangun sebuah formasi kabut yg sangat akbar dan berputar semakin cepat. Dalam proses perputaran ini yg sangat cepat , materi kabut bagian khatulistiwa pula  terlempar memisah dan memadat (karena pendinginan). Bagian yang terlempar inilah yg kemudian menjadi sebuah planet-planet dalam rapikan surya kita.

3. Teori Pasang Surut Gas (Tidal)
Teori ini  sudah dikemukakan oleh James Jeans serta Harold Jeffreys dalam tahun 1918, yakni bahwa sebuah bintang akbar  akan mendekati surya dalam jarak pendek, sebagai akibatnya menyebabkan terjadinya suatu pasang surut pada tubuh mentari ,Pada ketika mentari itu masih berada pada keadaan gas. Terjadinya pasang surut air bahari yg kita kenal pada Bumi ini, ukuranya sangat mini . Penyebabnya merupakan kecilnya massa dalam bulan serta jauhnya jarak bulan ke Bumi (60 kali radius orbit Bumi). Tetapi, jika saja sebuah bintang yg bermassa hampir sama besar dengan surya  yg mendekat, maka akan terbentuklah semacam gunung-gunung dan gelombang super besar dalam tubuh mentari , yg ditimbulkan sang gaya tarik bintang tersebut.
Gunung-gunung tersebut akan mencapai tinggi yg  sangat luar biasa dan akan membangun semacam lidah pijar yang akbar sekali bentuknya, menjulur berdasarkan massa mentari dan merentang ke sebuah arah bintang akbar itu. Dalam lidah yang panas ini juga kan terjadi perapatan gas-gas serta akhirnya kolom-kolom ini kemudian akan pecah, lalu berpisah sebagai benda-benda tersendiri, yaitu planet-planet. Bintang akbar yang  jua mengakibatkan penarikan pada bagian-bagian tubuh mentari tadi,akan melanjutkan bepergian pada jagat raya, sehingga sebagai lambat laun akan hilang pengaruhnya terhadap-planet yg berbentuk tadi. Planet-planet itu akan berputar juga mengelilingi matahari serta mengalami proses pendinginan. 
Proses pendinginan ini berjalan sangat lambat pada planet-planet besar , seperti halnya Yupiter dan Saturnus, sedangkan pada planet-planet kecil misalnya Bumi kita ini, pendinginan berjalan relatif lebih cepat juga. Sementara pendinginan berlangsung, planet-planet itu juga masih mengelilingi surya pada orbitnya berbentuk elips, sehingga akbar kemungkinan pada suatu ketika waktu meraka akan mendekati surya dalam jeda yang relatif pendek. Akibat kekuatan penarikan mentari , ini maka akan terjadi pasang surut pada tubuh-tubuh planet yg baru lahir tadi. Matahari akan menarik kolom-kolom materi dari planet-planet, sehingga lahirlah sebuah bulan-bulan (satelit-satelit) yang berputar mengelilingi planet-planet. Peranan yg bisa dipegang matahari pada membangun bulan-bulan ini dalam prinsipnya sama menggunakan peranan bintang besar dalam  jumlah dan membentuk planet-planet, seperti sudah kita dibicarakan di atas.

4. Teori Bintang Kembar 
Teori ini  telah dikemukakan oleh seseorang pakar Astronomi R.A Lyttleton. Menurut teori ini, galaksi berasal dari sebuah  kombinasi bintang kembar. Salah satunya adalah bintang meledak sehingga banyak sekali material yang terlempar. Lantaran bintang yg selalu nir meledak memiliki gaya gravitasi yg masih kuat, maka sebaran pecahan ledakan bintang tadi juga akan  mengelilingi bintang yg nir meledak. Bintang yang tidak meledak itu merupakan sebuah surya, sedangkan pecahan bintang yg lain adalah planet-planet yg mengelilinginya.

5. Teori Big Bang
Berdasarkan Theory Big Bang, proses terbentuknya bumi berawal berdasarkan  sebuah puluhan milyar tahun yang lalu. Pada awalnya terdapat gumpalan kabut raksasa yang juga berputar pada porosnya. Putaran tersebut yg memungkinkan bagian-bagian kecil serta ringan  akan terlempar ke luar dan bagian besar yang akan berkumpul pada pusat, menciptakan cakram super besar. Suatu saat, gumpalan kabut raksasa itu  lalu meledak menggunakan dahsyat pada luar angkasa yg kemudian menciptakan sebuah  galaksi dan nebula-nebula. Selama jangka saat  jurang lebih 4,6 milyar tahun yg kemudian, nebula-nebula tadi  kan membeku dan menciptakan suatu galaksi yg sanggup diklaim dengan nama Galaksi Bima Sakti, kemudian membentuk sebuah sistem tata surya. 
Sementara itu, bagian ringan yang terlempar ke luar tersebut jua  mengalami kondensasi sebagai akibatnya membentuk sebuah gumpalan-gumpalan yang mendingin dan akan memadat. Kemudian, gumpalan-gumpalan itu  jua membentuk planet-planet, termasuk planet bumi ini. Dalam perkembangannya, planet bumi jua  terus mengalami proses secara sedikit demi sedikit sehingga terbentuk misalnya sekarang ini. Ada tiga termin dalam proses pembentukan bumi tadi,
yaitu:
1. Awalnya, bumi masih dalam planet homogen dan belum jua mengalami perlapisan atau disparitas unsur.
2. Pembentukan perlapisan struktur bumi yg tadinya diawali menggunakan terjadinya diferensiasi. Material besi yg berat jenisnya pula lebih akbar akan segera karam, sedangkan yg berat jenisnya juga lebih ringan akan bergerak ke bagian atas bumi.
3. Bumi terbagi sebagai lima lapisan, yaitu inti dalam,dan  inti luar, mantel pada, mantel luar, serta juga kerak bumi Masih poly teori-teori lainnya yg dikemukakan sang beebrpa para ahli
seperti halnya: Teori Buffon berdasarkan pakar ilmu alam Perancis George Louis Leelere Comte de Buffon. Beliau pula telah mengemukakan bahwa dahulu kala terjadi tumbukan antara matahari dengan sebuah komet yang  akan menyebabkan sebagian massa matahari terpental ke luar. Massa yg terpental ini  nantinya akan menjadi sebuah planet.
Teori Weizsaecker dimana pada tahun 1940, C.von Weizsaecker, adalahn seseorang pakar astronomi Jerman yg sudah mengemukakan tata matahari dalam mulanya terdiri atas surya yg  jua dikelilingi oleh massa kabut gas. Sebagian akbar massa kabut gas ini akan terdiri atas unsur ringan, yaitu hidrogen dan helium. Lantaran panas mentari yg sangat tinggi serta kuat ini, maka unsur ringan tadi menguap ke angkasa tata matahari, sedangkan unsur yang lebih berat tertinggal serta  akan menggumpal.
Gumpalan ini akan menarik  sebuah unsur – unsur lain yg ada di angkasa rapikan mentari serta selanjutnya  akan berevolusi menciptakan sebuah  palnet – planet, termasuk bumi. Teroti Kuiper dikemukakan sang pakar Gerald P.kuiper mengemukakan bahwa dalam mulanya terdapat  sebuah nebula besar berbentuk piringan cakram. Pusat piringan ini merupakan protomatahari, sedangkan massa gas yg berputar mengelilingi promatahari ini adalah protoplanet.
Dalam teorinya, beliau pula memasukkan  sebuah unsur – unsur ringan, yaitu sebuah hidrogen serta helium. Pusat piringan yg adalah protomatahari sebagai sangat panas serta kuat, sedangkan protoplanet sebagai dingin. Unsur ringan tersebut  akan menguap serta malia menggumpal sebagai sebuah planet – planet.
Teori Whipple oleh seorang ahli astronom Amerika Fred L.whipple, jua sudah mengemukakan dalam mulanya rapikan surya terdiri menurut gas serta kabut debu kosmis yang nantinya akan  berotasi menciptakan semacam piringan. Debu dan gas yang berotasi ini menyebabkan terjadinya pemekatan massa dan nantinya pula akan  menggumpal menjadi padat, sedangkan kabutnya hilang menguap ke angkasa. Gumpalan yg padat saling bertabrakan dan lalu membentuk planet – planet ini.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI