Bagaimana Proses Terjadinya Revolusi Bumi


Revolusi bumi merupakan proses perputaran bumi mengelilingi matahari. Perputaran ini akan membentuk beberapa kenyataan antara lain: mobilitas semu tahunan surya, perubahan rasi bintang dan perbedaan lama siang dan malam. Revolusi bumi ini terjadi karena gravitasi bumi mempertahankan diri terhadap gaya gravitasi matahari yang sangat besar .
Jika kita cermat dalam mengamati datangnya sinar matghari padabulan-bulan Maret, Juni, September, dan Desember, maka kita akan mengetahuibahwa arah sinar matahari datangnya nir permanen. Pada tanggal 21 Maret, mentari terletak di khatulistiwa. 

Tanggal 21 Juni terletak pada garis kembali utara (Tropic of Cancer).tanggal 23 September, pulang ke khatulistiwa lagi dan pada tanggal 22 Desemberterletak pada garis kembali selatan (Tropic of Capricorn).

Apakah pergeseranmatahari itu pergeseran yang sebenarnya?

Pergeseran itu merupakan pergeseransemu tahunan surya lantaran poros bumi selalu menunjuk ke satu arah (kebintang kutub) serta arah itu membentuk sudut 66 °denganbidang tempuhan atau peredaran bumi. Atau bisa jua dikatakan bidangkhatulistiwabumi memben­tuk sudut 23° menggunakan bidang tempuhan atauperedaran bumi. Kare­na kedudukan yang demikian itu sinar mentari nir selalumenyinari permukaan bumi yg sama, tetapi berubah-ubah sinkron dengan kedudukanbumi dalam saat itu.untuk detail,perhatikan gambar berikut ini
 
Demikian Bagaimana Proses Terjadinya Revolusi Bumi.semoga bermanfaat.
Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI