Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur Barat Utara Dan Selatan Terbaru

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan - Disamping masyarakat serta pemerintahan, Wilayah merupakan komponen internal yg harus dimiliki suatu negara. Maka berdasarkan itu setiap negara yg telah merdeka diwajibkan mempunyai batasan-batasan wilayah sesuai menggunakan ketentuan internasional. Pada artikel kali ini materi4belajar akan membahas mengenai Batas Wilayah Negara Kesatuan Indonesia (NKRI) secara lengkap.
Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan
Seperti yg kita ketahui, Negara memerlukan daerah, serta setiap wilayah yg dimiliki suatu negara tentunya jua mempunyai batasan. Batas Wilayah Negara digunakan untuk mengatur serta menandai peraturan berdasarkan negara yg bersangkutan. Indonesia juga mempunyai batas daerah buat memisahkan wilayah Negara Indonesia serta Negara lain.
Telah diatur didalam Amandemen UUD RI tahun 1945 Bab IX A tentang Wilayah Negara, Pasal 25 A Menegaskan bahwa "Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara menggunakan daerah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan menggunakan undang-undang". Dari suara pasal tadi dapat ditarik konklusi bahwa Negara Indonesia merupakan Negara Kepulauan serta Nusantara, Maka menurut itu batas wilayah laut Indonesia haruslah mengacu dalam UNCLOS (United Nations Convension on the Law of the Sea) 82 atau Hukum Laut (HUKLA) 82 yg lalu diratifikasi oleh UUD No. 17 Tahun 1985.
Baca Juga : Persebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia
Penggunaan UNCLOS ini berdampak dalam negara menggunakan memutuskan adanya Batas Laut Wilayah (Batas Laut Teritorial), Batas Landas Kontinen dan Zone Ekonomi Ekslusif (ZEE).
maka jangan merasa heran apabila batas-batas indonesia memiliki hubungan menggunakan 10 negara disekitarnya lantaran batas Negara Indonesia tidak hanya mengacu pada batas darat yg hanya berbatasan menggunakan 3 negara. Untuk mengetahui Batas Negara Indonesia maka simak liputan pada bawah ini tentang Batas Wilayah Negara Indonesia bagian Timur, Barat, Utara Dan selatan :
Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan
Seperti mata angin yg memiliki berbagai penjuru, batas negara indonesia pula memiliki penjuru diantara timur, barat, selatan, serta utara.
BATAS-BATAS WILAYAH INDONESIA SEBELAH UTARA 
  • Indonesia berbatasan eksklusif dengan Malaysia (bagian timur), Tepatnya berada pada pulau kalimantan.
  • Wilayah perairan Indonesia sebelah utara (selat Malaka) berbatasan eksklusif menggunakan bahari di 5 negara, diantaranya : Malaysia, Thailand, Singapura,Vietnam dan pula Filipina.

BATAS-BATAS WILAYAH INDONESIA  SEBELAH BARAT
Perairan sebelah barat berhadapan langsung dengan bahari tanggal, tepatnya samudra hindia. Indonesia berbatasan menggunakan Negara India. Meskipun tidak berbatasan langsung secara segi darat, Namun kita juga wajib mengingat bahwa Negara kita berbatasan menggunakan Negara India Melalui Jalur laut.
Terdapat dua pulau yang menjadi penanda perbatasan atara Negara Indonesia dan Negara India, yakni pulau ronde serta pulau nicobar dimana pada area ini tak jarang kali terjadi pelanggaran daerah teritorial yang dilakukan sang para nelayan penangkap ikan.
Baca Juga : Komponen Peta Beserta Penjelasannya
BATAS-BATAS WILAYAH INDONESIA SEBELAH TIMUR
Wilayah timur Indonesia berbatasan langsung menggunakan perairan wilaayah perairan Samudera Pasifik serta daratan Papua New Ginie. Indonesia serta Papua New Ginie sudah menyepakati konvensi bilateral yang sudah dibentuk buat mengatur hak kekuasaan di masing-masing negara serta tidak mencampuri kepentingan negara lain baik di darat maupun di laut.
Wilayah Indonesia bagian timur berbatasan dengan Papua New Ginie sebelah barat, yaitu , yaitu Provinsi Barat (Fly) serta Provinsi Sepik Barat (Sandaun).
BATAS-BATAS WILAYAH INDONESIA SEBELAH SELATAN
Indonesia sebelah selatan berbatasan pribadi menggunakan daerah darat perairan Australia, Timor Leste, serta Samudera Hindia.
Timor Leste dulunya merupakan bekas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah memisahkan diri secara sukarela sebagai negara sendiri pada pertengahan tahun 1999, Sebelum memisahkan diri daerah ini dikenal menggunakan timor timur.
Indonesia jua berbatasan dengan perairan Australia. Pada athun baru 1997, NKRI serta Australia sudah menyepakati sebuah perjanjian yg mengatur tenantang batas-batas daerah negara keduanya yang meliputi Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE), hak otonomi serta batas landas kontinen.
Baca Juga : Pengertian Dan Cara Menghitung Skala Peta
Negara Indonesia merupakan negara kepulauan pada Asia Tenggara yang memiliki 13.487 pulau besar dan pulau kecil, 6.000 pulau pada antaranya nir berpenghuni, serta menyebar disekitar garis khatulistiwa. Secara astronomis Indonesia terletak pada koordinat 6°LU - 11°08'LS serta berdasarkan 95°'BT - 141°45'BT serta terletak pada antara 2 benua yaitu benua Asia dan benua Australia.
  1. Indonesia diukur dari kepulauan menggunakan menggunakan territorial laut sejauh 12 mil laut
  2. serta zona ekonomi eksklusif sejauh 200 mil bahari yang menunjuk ke segala penjuru mata angin.
Pengaturan daerah negara mencakup wilayah daratanan, perairan pada, perairan kepulauan dan laut teritorial bersama dasar laut, serta tanah yg terdapat di bawahnya, dan ruang udara yg ada di atasnya, termasuk seluruh sumber kekayaan alam yang terkandung di dalamnya, buat menaruh kepastian hukum serta kejelasan kepada rakyat negara mengenai daerah negara. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI