Belajar Proyeksi Peta Dengan Kerajinan Tangan

Proyeksi peta adalah teknik pemindahan bidang lengkung permukaan bumi ke bidang datar menggunakan penyimpangan seminim mungkin. Pada postingan kali ini saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman mengenai bagaimana memberikan pembelajaran proyeksi peta pada anak-anak di kelas.
Rekan-rekan pengajar yang aku hormati, perlu kita sadari bersama bahwa sudah tugas kita buat mendesain pembelajaran yang baik pada murid. Saya acapkali mengamati bahwa memang ada beberapa pengajar yang hanya sekedar ngajar saja di kelas, tidak buat RPP, tidak mendesain menggunakan baik pembelajaran sebagai akibatnya kualitas belajar ya gitu-gitu aja. Jika kita mau merubah konduite murid maka hal pertama yang wajib dilakukan merupakan merubah konduite kita terlebih dahulu. Buatlah minimal satu kali contoh pembelajaran yang tidak akan pernah terlupakan sang siswa. Dengan adanya blog ini, mudah-mudahan sanggup sebagai wahana kita untuk saling banyak sekali pengalaman dan diskusi sesama guru untuk membangun kualitas belajar yang aporisma bagi siswa. 
Kembali ke topik mengenai proyeksi peta, umumnya mungkin guru mengungkapkan materi proyeksi peta dengan contoh ceramah serta donasi slide gambar. Tapi kali ini saya akan berikan cara lain yang lebih menarik dan membuat murid akan berfikir. Saya menemukan keliru satu situs luar negeri yang menyediakan aneka jaring-jaring proyeksi peta. Nantinya anda sanggup mendownload jaring-jaring tersebut, lalu di print.
Buatlah kelas ke pada beberapa gerombolan dan setiap gerombolan akan diberi 2-4 jaring-jaring proyeksi. Jangan lupa siapkan gunting serta lem karena pelajaran kali ini merupakan kombinasi antara geografi dan seni rupa. Nanti anak didik akan diminta buat memotong dan menciptakan peta mereka sendiri, ada yang berbentuk kotak, segi enam, segitiga dan lainnya. Hal ini akan menimbulkan pertanyaan tersendiri, mengapa kok bumi sanggup dibentuk pada bentuk-bentuk yg beraneka ragam.
Setelah itu siswa nanti diarahkan buat berdiskusi mengenai jenis-jenis proyeksi peta serta syarat proyeksi peta yang baik. Hasil menurut kreasi siswa mampu dipajang pada kelas atau digantung menjadi hiasan. Berikut ini file jenis-jenis peta yang aku pakai ketika pembelajaran proyeksi peta. Bisa eksklusif di download. Pilih saja model mana yang akan dipakai. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru