Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan Dan Perairan Terbaru

Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan Dan Perairan - Seperti yg kita ketahui bahwa ratusan tahun yg kemudian, planet planet dalam tata matahari (termasuk Bumi) bentuknya bulat yang dibatasi sang pepat pada dua kutubnya. Kita pula acapkali melihat tiruan bumi berupa globe sebagai wujud bola global. Di rakyat sudah beredar teori bahwa bumi sejatinya nir berbentuk bulat dengan pepat pada kedua kutubnya. Namun sejatinya bumi berbentuk datar. Teori ini dikenal menggunakan nama Teori Flat Earth. Lalu bagaimanan sebenarnya bentuk muka bumi ini? Pastinya bumi terbentuk menurut daratan dan perairan.
Banyak sekali bantahan mengenai teori bumi itu bulat. Namun terdapat ayat maupun dalil Allah yg menyatakan bahwa bentuk menurut bumi artinya bulat. Kebenaran berdasarkan bukti tersebut sangat lemah dan bahkan kurang bisa meyakinkan warga . Hal inilah yang mendasari perdebatan mengenai bentuk bumi. Nah dalam kesempatan kali ini aku akan menjelaskan mengenai bentuk muka bumi berupa daratan serta bentuk muka bumi berupa perairan. Untuk detail bisa anda simak di bawah ini.

Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan Dan Perairan

Di dunia ini kita mengenal bentuk bentuk muka bumi, baik berupa daratan juga perairan. Berdasarkan miniatur bola dunia atau globe, masih ada dua rona yg mendeskripsikan permukaan bumi yakni warna kuning/coklat serta warna biru. Untuk warna kuning/coklat dalam globe melambangkan sebuah daratan. Sedangkan buat rona biru pada globe melambangkan perairan. Kedua bentuk muka bumi (daratan serta perairan) inilah yg menciptakan sebuah kehidupan makhluk hidup didunia..
Baca pula : Siklus Hidrologi (Pengertian, Proses Terjadinya, dan Macam)

Bentuk Muka Bumi Daratan

Bentuk muka bumi yang pertama berupa daratan. Bentuk muka bumi daratan tadi telah kita kenal sekali. Bahkan bisa dibilang daratan adalah hal yang acapkali kita temui serta hal yg paling penting dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan tumbuhan, hewan serta insan sehari hari hidup dan tinggal di daratan. Wujud menurut daratan tadi bisa berupa padang pasir, tanah, es, serta sebagainya.
Bentuk muka bumi daratan seperti tanah tersebut dipakai sebagai tempat tinggal manusia pada aneka macam negara, termasuk negara Indonesia. Daratan yg dijadikan sebagai tempat tinggal manusia memiliki majemuk bentuk yang tidak sama. Bentuk daratan tersebut dikenal menggunakan nama relief. Relief daratan bisa dibagi menjadi beberapa jenis misalnya perbukitan atau bukit, jurang, lembah, pegunungan juga gunung. Bentuk bentuk relief tadi terdapat di negara Indonesia. Indonesia memang dikenal menjadi negara yang memiliki bentukan alam yg luar biasa. Berikut penerangan tentang masing masing bentuk relief:
Gunung
Bentuk muka bumi daratan yg pertama berupa gunung. Gunung termasuk kedalam relief daratan yg tak jarang kita jumpai. Negara Indonesia memiliki poly gunung, baik gunung aktif juga gunung pasif. Gunung adalah permukaan bumi yg bentuknya menonjol dan menjulang tinggi. Bentuk relief yang satu ini memiliki 3 bagian yaitu kaki gunung, lereng dan zenit gunung. Untuk jenisnya dapat dibagi sebagai dua yaitu gunung aktif juga gunung mati/nir aktif.
Gunung Aktif
Gunung aktif merupakan jenis gunung yang berapi. Jenis gunung ini masih aktif bahkan dapat mengeluarkan material material yang asal berdasarkan permukaan bumi. Ketika gunung berapi mengeluarkan isi menurut perut bumi umumnya dinamakan dengan erupsi. Proses terjadinya erupsi gunung berapi dapat berlangsung selama satu periode. Namun setiap gunung berapi mempunyai jangka saat erupsi yg tidak sama beda. Inilah bukti bentuk muka bumi sangatlah majemuk.
Ketika gunung berapi mengalami erupsi, ada yang menyebabkan bala besar maupun nir. Tidak heran bila di Indonesia mempunyai gunung aktif yg berbeda beda. Gunung gunung tadi bisa mengalami erupsi dalam beberapa ketika. Jenis gunung aktif di Indonesia yg dapat kita temui misalnya gunung Kelud, gunung Bromo, gunung Sinabung, gunung Merapi serta lain lain. Dengan banyaknya gunung tadi menciptakan bentuk muka bumi daratan semakin banyak jenisnya.
Baca pula : Pengertian dan Macam Macam Piramida Penduduk
Gunung Tidak Aktif
Selanjutnya masih ada bentuk muka bumi daratan misalnya gunung tidak aktif. Seperti namanya, bentuk relief tadi termasuk kategori gunung mangkat lantaran nir bisa mengeluarkan isi berdasarkan perut buminya lagi. Dengan begitu, jenis gunung ini pula tidak akan mengalami erupsi. Hal tadi dapat terjadi karena banyak sekali faktor. Gunung nir aktif tadi mungkin awalnya merupakan gunung aktif namun semakin usang keaktifan dari gunung tadi memudar serta menjadikannya nir aktif. Namun adapula gunung yg memang sama sekali nir mengalami erupsi. Misalnya gunung Tangkuban Perahu.
Pegunungan
Bentuk muka bumi daratan selanjutnya berupa pegunungan. Bentuk relief misalnya pegunungan ini tidak selaras dengan gunung walaupun namanya sama. Pegunungan ialah deretan berdasarkan aneka macam gunung yg berdekatan. Pegunungan seringkali kali disebut sebagai kumpulan berdasarkan beberapa gunung. Pegunungan dapat dibagi sebagai dua jenis yaitu pegunungan tinggi dan pegunungan rendah. Berikut penerangan mengenai masing masing jenis pegunungan.
Pegunungan Tinggi
Bentuk muka bumi pegunungan yg pertama ialah pegunungan tinggi. Pegunungan tinggi adalah pegunungan yang mempunyai tinggi sampai 1.500 meter lebih berdasarkan permukaan bahari. Adapula pegunungan tinggi yang populer pada benua Asia yaitu Pegunungan Alpen.
Pegunungan Rendah
Bentuk muka bumi pegunungan yang kedua ialah pegunungan rendah. Pegunungan rendah artinya pegunungan yang mempunyai tinggi sekitar 500 sampai 1.500 meter berdasarkan bagian atas laut. Jenis pegunugan rendah ini poly masih ada dinegara Indonesia.
Perbukitan atau Bukit
Bentuk muka bumi daratan selanjutnya berupa perbukitan atau bukit. Perbukitan adalah bentuk relief bumi yang bentuknya berupa tonjolan pada daratan. Perbukitan atau bukit tersebut memiliki tinggi lebih kurang 200 hingga 500 meter dari bagian atas laut. Bentuk berdasarkan perbukitan tadi hampir sama menggunakan pegunungan, tetapi tingginya lebih rendah dibandingkan tinggi pegunungan. Di perbukitan ini suhu udaranya lebih dingin dan sejuk dibandingkan dataran rendah. Daerah perbukitan terebut bahkan bisa ditanami berbagai tanaman spesial yang cocok buat udara dingin. Misalnya tumbuhan teh juga tembakau. Adapula perbukitan yg sengaja dijadikan sebagai tempat wisata.
Lembah
Bentuk muka bumi daratan selanjutnya berupa lembah. Lembah merupakan bentuk relief permukaan bumi yg bentuknya berupa cekungan. Lembah dapat diklaim sebagai wilayah dataran rendah disekitar perbukitan. Biasanya lembah dipakai menjadi tempat tinggal para penduduk lebih kurang. Hal tadi dikarenakan udaranya yang cukup hangat dibandingkan suhu udara pada pegunugan.

Bentuk Muka Bumi Perairan

Bentuk muka bumi nir hanya berupa daratan saja, melainkan dapat berupa perairan. Dalam miniatur bola dunia, perairan digambarkan dengan warna biru. Apabila kita perhatikan warna biru pada bola globe lebih lebih banyak didominasi dibandingkan rona daratan. Hal tersebut dikarenakan perairan di bumi memang lebih poly daripada daratannya. Perairan tersebut terdapat yang luas serta adapula yg berada didaratan. Untuk jenis perairan luas dapat berupa samudera atau samudera . Berikut jenis jenis bentuk muka bumi perairan beserta penjelasannya :

Paparan Benua atau Dangkalan
Bentuk muka bumi perairan yg pertama berupa paparan benua atau dangkalan. Dangkalan adalah jenis bagian atas laut yang relatif luas dengan kedalaman lebih kurang kurang dari 200 meter. Bentuk relief yang satu ini bisa dikategorikan menjadi kepanjangan berdasarkan daratan benua juga pulau. Contoh paparan benua atau dangkalan di Indonesia adalah dangkalan Sahul serta dangkalan Sunda.
Baca pula : Letak Astronomis dan Letak Geografis Indonesia
Ambang Laut
Bentuk muka bumi perairan selanjutnya berupa ambang laut. Ambang bahari artinya jenis relief laut yg dangkal serta memisahkan dua lautan yg pada. Contoh ambang bahari di global adalah ambang bahari Gibraltar serta ambang laut Sulu.

Punggung Laut
Bentuk muka bumi perairan selanjutnya berupa punggung laut. Punggung laut merupakan bentuk relief permukaan laut yg mempunyai bentuk seperti dengan bukit. Punggung laut merupakan bukit yg letaknya didalam bahari, tetapi nir ada ke permukaan bumi.

Gunung Laut
Bentuk muka bumi perairan selanjutnya berupa gunung laut. Gunung bahari adalah jenis permukaan laut yg berupa gunung. Letak gunung tadi berada didalam laut/ bawah laut. Gunung bahari bisa dibagi menjadi dua yaitu gunung bahari aktif serta gunung laut tidak aktif.

Pulau Karang
Bentuk muka bumi perairan selanjutnya berupa pulau karang. Pulau karang artinya jenis relief bagian atas bahari yang didalamnya tersusun sang batuan atau karang yg jumlahnya banyak. Batuan karang tersebut terbentuk berdasarkan hewan laut yang telah meninggal serta menumpuk sebagai satu.

Beken atau Lubuk Laut
Bentuk muka bumi perairan selanjutnya berupa beken atau lubuk laut. Beken atau lubuk bahari merupakan relief yang bentuknya berupa cekungan lebar dan besar yg cukup dalam.

Palung Laut
Bentuk muka bumi perairan yg terakhir berupa palung bahari. Palung laut dapat disebut menjadi jurang laut. Bentuk dari palung laut adalah memanjang kebawah misalnya huruf V, sempit, serta gelap. Palung laut artinya relief permukaan laut yang terdalam. 

Demikianlah penerangan tentang bentuk bentuk muka bumi daratan serta bentuk muka bumi perairan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI