BentukBentuk Kerusakan Lingkungan Hidup

Peradaban manusia yg begitu cepat menyebabkan lingkungan menjadi cepat rusak seiring meningkatnya
aktivitas manusia. Tetapi selain itu terdapat pula faktor alami yang mengakibatkan terjadi kerusakan lingkungan. Jadi menurut faktor penyebabnya, kerusakan lingkungan hidup dapat dibedakan sebagai 2 jenis yaitu: 

Baca jua:
Konsep geografi pola serta contohnya
Tahap-termin perkembangan kota dari Mumford
Fungsi pembelajaran geografi
1. Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa alam
Bencana alam merupakan salah satu faktor yg menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan. Namun kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh alam sejatinya buat menjaga keseimbangan lingkungan itu sendiri. Beberapa insiden bencana alam yg berdampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain:
  • Erupsi Gunung Api: Letusan gunung api terjadi akibat aktivitas magma pada perut bumi yang meningkat dan menyebabkan tekanan bertenaga keluar bumi melalui celah kawah gunung api. Berbagai bahaya yang ditimbulkan gunung barah antara lain: hujan abu vulkanik, genre lava, awan panas, gas beracun dan lahar dingin yang berupa material padat batu, kerikil dan pasir yang mengalir.
  • Gempa bumi: Gempa adalah getaran kulit bumi yg diakibatkan aneka macam faktor misalnya pergerakan lempeng, erupsi gunung barah, bom atau bangunan roboh. Gempa bumi tidak dapat diprediksi manusia sehingga saat terjadi acapkali banyak sekali korban jiwa. Berbagai impak baik eksklusif juga nir eksklusif antara lain: Robohnya bangunan, jalan retak, tanah longsor, tsunami dan lainnya.
  • Angin topan:adalah genre angin kencang yang beranjak menurut daerah bertekanan tinggi ke daerah tekanan rendah. Angin topan poly terjadi pada wilayah lintang tinggi misalnya Amerika Serikat, Jepang dan Filipina. Serangan angin topan bisa mengakibatkan berbagai kerusakan lingkungan misalnya: menghancurkan rumah, rusaknya areal pertanian, menimbulkan ombak akbar di laut tanggal, mengganggu penerbangan.
2. Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Manusia
Manusia menjadi mahluk secara umum dikuasai di bumi berperan besar dalam perubahan struktur bumi. Kemajuan peradaban manusia tak jarang membawa impak buruk bagi lingkungan hidup diantaranya:
  • terjadinya pencemaran dampak kegiatan industri.
  • terjadinya banjir dampak buruknya drainase dan menyempitnya DAS.
  • longsor yang diakibatkan penebangan kayu di hulu gunung.
  • meningkatnya suhu daerah akibat pembangunan gedung beton di kota.
  • polusi udara dampak kendaraan bermotor berbahan bakar fosil.
  • kerusakan lahan dampak akitivitas pertambangan tidak bertanggung jawab.
  • kebocoran reaktor nuklir
  • kebakaran lahan gambut secara disengaja
Itulah beberapa kerusakan lingkungan hayati yang diakibatkan faktor alam dan insan. Semoga kita senantiasa menjaga bumi ini supaya tetap lestari serta nyaman buat ditinggali. Baca jua: Contoh pengelolaan asal daya berkelanjutan

Sumber dan gambar:
Modul SCBD. Lingkungan Hidup

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru