BKN Gandeng KPK Ungkap 57.724 PNS Misterius


PendaftaranulangPNS lewat e-PUPNS telah berakhir. Hasilnya relatif mengejutkan. Diperoleh data,57.724 PNS tidak kentara keberadaannya alias misterius. 

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun wajib kerja ekstramenelisik eksistensi PNS misterius tadi lantaran berpotensi merugikan negarahingga triliunan rupiah. Bagaimana langkah BKN, berikut pernyataan Kepala BKNBima Haria Wibisana kepadawartawan JPNNMesyaMohammad, beberapa hari lalu.
PUPNS telah berapa kali dilakukan?
PUPNS telah dilakukan 2 kali. PUPNS pertama kali dilakukanpada 2018 secara manual. Saat itu memang ada temuan ribuan PNS fiktif. PUPNSkedua dilakukan 2018 lewat sistem elektro. Harusnya dilakukan pada 2018,karena bertepatan dengan Pilpres, akhirnya ditunda 2018.  Hasilnya sangatmengejutkan serta saya sampai tidak percaya karena jumlah PNS misterius inimembengkak.

Bila PUPNS sudah terdapat temuan, kenapa nir dibersihkansejak 2018?
Itulah kelemahan sistem kepegawaian kita. Saat itu semuanyamasih manual, sistem kepegawaian kita memakai IT pada 2018. Itupunjumlahnya masih minim lantaran keterbatasan anggaran. Saya menduga membengkaknyajumlah PNS misterius karena kesalahan-kesalahan administrasi dalam masa lampau.dulu, penetapan NIP tidak sang BKN tetapi oleh gubernur. Jadi BKN hanyamemberikan 200 NIP misalnya kepada gubernur. Gubernurlah yg tetapkan siapasaja berhak diberi NIP. Seringkali satu NIP dipakai lebih menurut dua orang. Ini salahsatu yg membuat sistem kepegawaian kita rancu.

Tapi PNS misterius ini bukan hanya masa lampau,poly yang di bawah 10 tahun. ‎Bukankah ini ada unsur kesengajaan?
Memang sahih. Data e-PUPNS masa kerja PNS-nya pada bawah 10tahun hampir 7 ribuan PNS misterius, 10 tahun masa kerja 16.066, 10 hingga 20tahun sebesar 22.194, masa darma 20-30 tahun 14.432 orang, dan lebih 30tahun sebesar 3.529 orang.

Dari data ini kelihatan, yg paling poly di masa kerja10-20 tahun. Bila eksistensi PNS tidak jelas serta tetap menerima honor , bisadihitung berapa kerugian negara. Itu pulalah yg membuat aku terkejut.

Apakah membengkaknya data PNS misterius karenakelemahan sistem pendataan BKN?
BKN hanya mendapat laporan data dari masing-masing instansi.sudah saya katakan tersebut memang ada kelemahan sistem administrasi kepegawaiankita menggunakan cara manual. Nah ini sudah kami benahi satu per satu denganmenerapkan sistem elektronika.

Anda yakin menggunakan sistem elektronik sanggup memanilisirkecurangan, lantaran mampu saja data tetap dimanipulasi oleh bagian kepegawaiandengan memasukkan data-data serta berkas usang?
Sebaiknya kita jangan apriori dulu. Penggunaan IT memangtidak 100 persen bisa mengklaim datanya absolut. Tapi paling tidak bisameminimalisir tindakan manipulasi. Apalagi sistem e-PUPNS yang kami bangun‎mengedepankan kevalidan data. Data masuk pun permanen diverifikasi, bukan berartilangsung diterima. Ini cuma memudahkan saja agar BKD nir bolak-balik keJakarta. Selain itu, wajib PNS bersangkutan yang mengisi formulirnya. Hasilnyaya misalnya yang telah anda publikasikan.

Di mana output e-PUPNS per 31 Januari 2018, jumlah PNS yangteregister 4.498.643 orang. Tetapi terdapat 93.721 PNS yg tidak mendaftar ulang.dari 93 ribuan itu lalu disusulkan data 35.997 PNS dari instansinya. Adayang terlambat mendaftar 12.619 orang. Tetapi ada juga yg sudah tidak aktiftapi datanya terdapat pada database.

Sebabnya macam-macam, terdapat yang mangkat , pensiun, diberhentikan, danlain-lain. Nah ada 57.724 yang belum mampu dijelaskan statusnya. Ini yangdisebut misterius. Keberadaan 57.724 PNS misterius ini berpotensi merugikannegara hingga triliunan rupiah jika nir dibersihkan. Penyebaran PNS misteriusini terbanyak pada golongan 2a, 3a, 3b, dan 4a. Bahkan di golongan 4e ada ratusanPNS bodong.‎ ‎Untuk masa kerja, terbanyak dalam 10-20 tahun pengabdian, kemudian10 tahun, 20-30 tahun, di bawah 10 tahun, serta pada atas 30 tahun.

PNS misterius ini paling poly pada instansi mana?
57 ribuan PNS ini tersebar di seluruh instansi, baik pusatmaupun daerah. Biasanya yang PNS-nya banyak, yg misteriusnya juga poly.seperti Kementerian Agama mengoleksi hampir 7.000 PNS misterius. DisusulKemendikbud sebesar dua.700 orang, Kemenhan dua.000-an, BPN 1.800 orang, danKemenkeu 1.700 PNS

Sedangkan buat daerah, yang mencapai ribuan hanya DKIJakarta yaitu 1.250 orang. Tapi bila akumulasikan, Jateng, Jabar, dan Jatimjuga memiliki PNS misterius karena masing-masing kabupaten/kota mengoleksisekitar 200 orang pegawai nir jelas.
Nah ini akan kami tertibkan serta bersihkan. Kalau dibiarkan,negara akan mengalami kerugian berlipat ganda lantaran menggaji orang yg tidakjelas. Datanya memang terdapat, namun fisiknya tidak ada.

Cara membersihkannya?
Kami membentuk dua tim pemeriksaan terkait hasil pendataane-PUPNS.‎ Tim pertama spesifik investigasi 57.724 PNS misterius. Tim kedua untukmemverifikasi data 4,49 juta PNS yang sudah terdaftar.
Khusus menelisik data PNS misterius ini, kami sudahmengantongi by name by adress sehingga tinggal dicocokkan menggunakan fisiknya. Data57.724 itu akan diserahkan kepada masing-masing instansi buat ditelisik,apakah orangnya memang terdapat atau tidak. Kemudian, apakah selama ini menerimagaji atau tidak.

Sembari pemeriksaan berlangsung (ditarget 3 bulan), gajiPNS bersangkutan usahakan tidak boleh dulu. Bila investigasi sudah terselesaikan,baru dibuka pulang bila PNS-nya benar-benar ada.

Saat ini kami belum sanggup berbuat poly lantaran investigasibaru dimulai. Saya telah perintah staf aku menyelesaikannya pada 3 bulan.praktis-mudahan hasilnya segera diperoleh supaya kami bisa melangkah ke tahapberikutnya, baik itu tindakan administrasi juga huku‎m. Jadi masing-masinghasil ini akan kami klasifikasikan dan lalu kami laporkan pada MenPAN-RBuntuk diambil tindakan lebih lanjut.

BKN akan melibatkan KPK buat masalah ini mengingatpotensi kerugiannya cukup akbar?
Ya sudah pasti, mengingat tanda terjadinya potensikerugian negara sudah kelihatan. Hanya saja berapa angka pasti kerugian negara,perlu verifikasi lebih lanjut‎. Dalam rakor kepegawaian nanti, KPK kami undangkhusus. Kami akan buka data-data e-PUPNS yg kami peroleh. ‎BKN tidak punyakewenangan buat menindaklanjuti perkara ini, wajib instansi terkait sepertiKemenPAN-RB dan KPK yg lebih punya kuasa.
Kira-kira berapa PNS yang bodong alias fiktif?
Saya belum mampu pastikan 57.724 orang ini semuanya bodongatau fiktif. Saya hanya berani berkata misterius saja karena itu akan kamitelisik lebih lanjut. Namun, dari prediksi aku yang fiktif itu sekitar 25ribuan orang. Ini angka minimal loh, bisa jadi lebih menurut  itu.

Dalam pemeriksaan, langkah pertama yg dilakukan BKN adalahmenyerahkan seluruh data ke masing-masing instansi buat dicek satu persatu.apakah orangnya terdapat atau tidak, mendapat gaji atau tidak. Jika orang terdapat, gajitetap jalan dan dimasukkan pada data base. Atau bila orangnya nir terdapat dangajinya nir jalan, itu akan dibersihkan menurut data base. Sebaliknya bilaorangnya nir terdapat dan gajinya permanen jalan, itu yg jadi perkara.

Untuk kategori orangnya tidak ada tapi gajinya tetap jalanakan kami telusuri lagi. Berapa usang dia mendapat gaji serta siapa yang menerimagaji. Kalau telah jelas semuanya akan kami laporkan pada MenPAN-RB untukditindaklanjuti. BKN juga akan menginformasikan hal ini pada KPK.‎ Langkahtegas BKN ini  buat mengakibatkan efek jera bagi oknum yg sengajamelaporkan data usang. Saya curiga, mereka karena takut serta nir jeli, akhirnyamemasukkan data usang tanpa diverifikasi lagi. Mestinya data yang dimasukkan kepusat itu harus data terbaru. Ini pulalah yg aku duga mengakibatkan banyaknyaPNS misterius.

Apakah BKN hanya melaporkan hasilnya ke MenPAN-RBatau ada tindakan preventif BKN buat membersihkan PNS misterius?
BKN permanen akan melaporkan semuanya pada MenPAN-RB. Yangbisa BKN lakukan merupakan membersihkan data-data yang orangnya tidak ada. Jadidalam pemeriksaan nanti dibentuk beberapa penjabaran. Yang orangnya tidak adadan nir terima gaji, itu yg kami pribadi bersihkan. Sedangkan orangnyatidak terdapat akan tetapi permanen jalan‎ gajinya, itu yg menunggu keputusan MenPAN-RB.

Apa langkah BKN selanjutnya‎ supaya kasus misalnya initidak terulang lagi?
Kami akan melakukan pendataan rutin. Setiap 10 tahundilakukan e-PUPNS secara holistik. Selain itu dilakukan e-PUPNS 5 tahunanuntuk daerah-daerah yg kami curigai terdapat permainan. Jadi jikalau 10 tahun itusifatnya menyeluruh. Sedangkan yg lima tahunan hanya random saja ataudiacak. 


Yang pasti, saya akan bertindak tegas buat data kepegawaianini. Negara tidak boleh dirugikan karena mengeluarkan dana kepada orang tidakjelas‎. Saya nir mau menuduh terdapat permainan pada bagian pengelola keuangan,namun semua pasti berpikir yang mentransfer gaji merupakan bendaharawan. Agarmasalahnya clear ini harus dibuka secara jelas benderang.
Sumber : jpnn.com

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru