Booming Batu AkikMengapa Banyak Terdapat di Indonesia

Bulan-bulan ini masyarakat Indonesia banyak disuguhkan menggunakan fenomena "booming" batu
akik pada aneka macam daerah. Tak ayal boomingnya warta batu akik menyebabkan menjamurnya pedagang batu akik di aneka macam daerah. Banyak warga yg berduyun-duyun pulang ke gunung, bukit bahkan sungai untuk mencari keberadaan batu akik dan dijadikan batu cincin nantinya. Sebenarnya sejak dahulu batu akik memang poly digunakan warga Indonesia menjadi perhiasan atau jimat dan lainnya, namun hebohnya baru kini ini terasa. Saya pun jadi kena getah dari informasi booming batu akik ini karena ada sahabat yang minta dikirimkan batu akik dari Kalimantan Selatan padahal yg namanya batu yg sama saja to,,hhhaa. 
Lalu mengapa pada Indonesia banyak terdapat batu akik?. Saya akan jelaskan berdasarkan sisi geografi dan geologi sedikit supaya kalian tahun tentang terbentuknya batu akik. Batu atau batuan pada dasarnya asal dari magma yg membeku. Batuan merupakan bahan bentukkan alam yg bersifat padat serta tersusun atas atas satu jenis mineral atau lebih. Batuan dari pembentukannya terdapat tiga yaitu batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf
  • batuan beku = terbentuk langsung dampak pembekuan magma
  • batuan sedimen = terbentuk karena pengendapan
  • batuan metamorf = terbentuk karena perubahan batuan sebelumnya dampak suhu serta tekanan tinggi pada pada bumi
Dari ketiga jenis batuan tadi, batu akik termasuk ke pada batuan metamorf. Ciri khas dari batuan ini adalah kristal batuannya mempunyai alur-alur tertentu serta warnanya berubah. Batuan metamorf ini terbentuk di pada bumi serta sanggup timbul pada atas permukaan tanah bila sudah mengalami deposisi/pengangkatan atau uplift dalam bahasa geologi. Kalian pernah liha batu marmer?Marmer merupakan batuan metamorf yang awalnya merupakan batu kapur yang terkena panas dan tekanan berubah wujudnya jadi misalnya keramik.
Lalu mengapa di Indonesia poly jenis batu akiknya?. Perlu kembali disadari dan dipahami sang masyarakat Indonesia bahwa kepulauan indonesia secara geologis terletak pada zona ring of fire atau cincin barah pasifik serta loka bertemunya 3 lempeng tektonik aktif (Eurasia, Indo Australia dan Pasifik) sehingga interaksi ketiga lempeng tadi membentuk mineral-mineral dalam hal ini batuan berharga jauh pada dalam bumi. Tentunya pembentukkan batu tersebut memakan saat usang hingga jutaan tahun sebelum akhirnya terangkat dan bisa timbul di sungai. Itulah mengapa poly orang mencari batu akik di sungai, padahal sebelumnya batu itu ada jauh pada pada bumi dahulu  kala. Bagaimana sudah paham tentang proses terbentuknya batu akik?.

Beberapa jenis batu akik pada Indonesia memang memiliki nilai jual yg sangat fantastis sebagai akibatnya menarik hati orang untuk berburu batu tadi. Namun yg perlu dipahami adalah bahwa batu tetaplah batu dalam hal ini fungsi sebenarnya batu akik merupakan buat hiasan atau cinderamata jadi tidak terdapat istilah batu akik mempunyai tenaga atau bisa mendapatkan berkah. Batu akik hanya keliru satu bukti dari kekayaan mineral Indonesia yg harus dipelihara sebaik mungkin.

Sumber serta Gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru