Buku Panduan Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah RKAS Secara Online


BukuPanduan Sistem Informasi Rencana Kegiatan serta Anggaran Sekolah (RKAS) merupakanbuku petunjuk bagaimana langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi RKAS. Denganadanya kitab panduan ini dibutuhkan bagi user yg memakai Aplikasi RKAS initidak menemukan kesulitan, sehingga bisa membantu pihak sekolah pada membuatlaporan-laporan keuangannya dengan baik.

Manajemenkeuangan adalah galat satu substansi manajamen sekolah yang akan turutmenentukan berjalannya kegiatan pendidikan pada sekolah. Sebagaimana yg terjadidi substansi manajemen pendidikan pada biasanya, kegiatan manajemen keuangandilakukan melalui proses perencanaan,pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, supervisi atau pengendalian.

Manajemenkeuangan dapat juga diartikan sebagai tindakan pengurusan / ketatausahaankeuangan yang meliputi pencatatan , perencanaan, aplikasi,pertanggungjawaban serta pelaporan. Sebagai suatu forum pendidikan perluditingkatkan dan disesuaikan menggunakan kebutuhan serta perkembangan pembangunan disegalabidang baik segi wahana dan prasarana Pendidikan,fasilitas kerja juga kesejahteraan yg layak bagi semua tenaga Pendidik.untuk memenuhi sasaran tadi sangat diharapkan porto yg cukup danadministrasi yang tertib. Salah satu pendanaan yang diberikan pihak pemerintahkepada sekolah yaitu dengan adanya dana Bantuan Operasioanl Sekolah atau lebihkita kenal dengan dana BOS.

Perencanaanprogram BOS meliputi dua aktivitas utama yang dilakukan oleh ketua sekolahbersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah danmenyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Dalammengidentifikasi kebutuhan sekolah, ketua sekolah dan Tim Manajemen BOSsekolah perlu memilih kondisi sekolah ketika ini.

Salahsatunya dengan melakukan penilaian diri. Dengan melakukan penilaian diri akan menunjukkankinerja sekolah misalnya, bagian yg mengalami perbaikan atau peningkatan,bagian yg permanen, serta bagian yg mengalami penurunan.

Halini penting dilakukan karena dana BOS merupakan sumber utama bagi sekolah untukmemenuhi porto penyelenggaraan sekolah, serta kebijakan pemerintah mengharuskanBOS sebagai wahana krusial buat menaikkan akses serta mutu pendidikan dasaryang bermutu.

Setelahmengidentifikasi kebutuhan sekolah sinkron hasil evaluasi diri yang dilakukanoleh sekolah, maka ketua sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah dapatmenyusun Rencana Anggaran Pendapatan serta Belanja Sekolah (RAPBS) berdasarkanhasil evaluasi diri sekolah. Dalam penyusunan RAPBS, ketua sekolah dan Tim ManajemenBOS sekolah wajib memperhatikan ketentuan-ketentuan menurut masing-masing sumberdana. Sangat dimungkinkan suatu acara didanai menggunakan subsidi silang dariberbagai pos atau asal dana. Program-program yg memerlukan bantuan daripusat harus dialokasikan asal dana berdasarkan pusat dengan sharing berdasarkan sekolah dankomite sekolah atau bahkan daerah.

Misalnyauntuk pembangunan ruang personal komputer , laboratorium baru, gedung perpustakaan, dansebagainya. Sedangkan yang berupa acara rehab besar dana lebih diprioritaskandari provinsi. Untuk program yang lebih operasional mampu berdasarkan dana blockgrantatau lainnya yang bersifat lebih luwes. Mengingat begitu pentingnya dalammelakukan manajemen keuangan sekolah terutama danaBOS dari pemerintah, maka diperlukan suatu sistem yg mampu melakukanpencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan, Sistemtersebut adalah RKAS.

RKAS(Rencana Kegiatan serta Anggaran Sekolah) adalah sebuah system keterangan yangdibuat buat menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari prosesperencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan ataupengendalian. Dengan sistem yg terdistribusi diperlukan banyak sekali pihak yangterlibat bisa berkoordinasi menggunakan baik. Capaian hasil terakhir yangdiberikan sistem fakta ini adalah pelaporan, dimana setiap report yangdihasilkan sudah diubahsuaikan dengan format yg dikeluarkan pemerintah.
Selengkapnyamengenai Buku Panduan RKAS download disini

Aplikasie-RAKS dan Filenya telah mampu pada unduh di link ini //rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download.html


Unduh pada Link yang di sematkan di bawah ini
1.Download Aplikasi RKAS
2.Download Aplikasi Panduan RKAS

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI