Cara Baca Peta Cuaca

Apabila kalian melihat program warta tentang ramalan cuaca pastinya presenter akan memerlihatkan peta cuaca atau peta sinoptik dengan aneka macam simbolnya. Peta Sinoptik?Sebenarnya, “peta sinoptik” itu kata ilmiahnya peta cuaca. Secara generik peta sinoptik berguna buat mengetahui keadaan cuaca di suatu area pada suatu ketika. Arah angin, kecepatan angin, awan, hujan/salju, perubahan tekanan udara, dsb. Dalam daerah itu sanggup tersaji secara sederhana dalam satu lembar kertas. Melegakan banget!

Surface chart,100 mb chart, 500-mb chart?
Peta sinoptik banyak macamnya. Apabila kamu mendapat peta ini, pertama-tama kamu wajib tahu peta ini termasuk surface chart, 100-mb chart, 500-mb chart, atau bagaimana. Weleh-weleh, apa jua itu?

Surface chart menunjukkan keadaan cuaca dalam level bagian atas bahari, atau ketinggian 0 m.


Perhatikan surface chart di atas.

Komponennya diantaranya:
a. Isobar: Garis berlabel 1008, 1004, 1000, 996 adalah isobar yg memperlihatkan tekanan udara. 1008 berarti 1008 mb, 1004  berarti 1004 mb, serta seterusnya. Perhatikan, isobar selalu digambarkan tiap interval 4 mb, dimulai menurut 1000 mb (kurang dari atau lebih dari). Jadi, peta cuaca yg sahih nir mungkin menggambar isobar 994 atau 990, contohnya.

b.simbol meteorologi: Menunjukkan arah angin, kecepatan angin, tutupan awan, suhu udara, titik embun, tekanan udara, tekanan udara 3 jam yang lalu, tren tekanan udara, jenis awan, jenis presipitasi, pula front. Untuk lebih lengkapnya, silakan klik simbol meteorologi. Ngomong-ngomong, tidak semua simbol meteorologi digunakan dalam peta cuaca. Kadang-kadang malah cuma arah, kecepatan angin serta front saja yg ditampilkan. Seberapa lengkap lambang meterologi ditampilkan akan tergantung dalam tujuan penggunaan peta cuaca itu. 

c.L dan H : L berarti pusat tekanan rendah (Low pressure), H berarti pusat tekanan tinggi (High pressure)

Upper air Map
Peta cuaca semacam 100-mb chart, 300-mb chart, 500-mb chart menggambarkan keadaan udara atas (upper air) atau mudahnya keadaan udara di loka yang tinggiiiii sekali. Beda menggunakan peta bagian atas, garis pada  peta ini bukanlah isobar, akan tetapi justru garis kontur yang pertanda ketinggian tempat-tempat yang tekanan udaranya konstan! Itulah mengapa peta ini biasa disebut peta tekanan kontinu (constant map pressure).

Gampangnya begini. Coba liat peta surface chart pada atas tersebut. 

Nah, misalnya yang kamu telah lihat, pada peta permukaan ini ada tempat-loka yg bertekanan udara 1004 mb, 1000 mb, dan sebagainya, akan tetapi semua loka ini berada di ketinggian sama, yaitu sea level ( 0 m). 
Bandingkan dengan peta 500-mb ini.


Angka 5580 itu bukan berarti tekanannya 5580 mb (jika iya, meninggal dong kita! Tekanan supertinggi tuh!). Pada peta ini, semua tempat punya tekanan udara sama, yaitu 500 mb. Nah, garis berlabel 5580 itu menghubungkan loka-tempat yang punya tekanan 500 mb pada ketinggian 5580 m. Sama halnya dengan garis 5500, berarti di wilayah itu tekanan udara sebanyak 500 mb mampu ditemui dalam ketinggian 5500 m. 

Karena menunjukkan variasi ketinggian untuk tekanan udara yang sama (isobaric), maka peta ini dianggap jua peta isobarik.

Tapi kok mampu, sih, ketinggiannya beda-beda?

Ini ada hubungannya menggunakan suhu udara. Secara umum kan semakin tinggi suatu tempat, tekanan udaranya lebih rendah. Pada daerah yang dingin, udara lebih rapat sehingga kolom udaranya lebih pendek. Akibatnya tekanan 500 mb akan dijumpai pada ketinggian lebih rendah. Sebaliknya, udara lebih renggang pada daerah panas sehingga kolom udara lebih tinggi, mengakibatkan tekanan 500 mb dijumpai di ketinggian lebih tinggi.

peta isobarik punya sistem simbol meteorologi sendiri. Perbedaannya terutama dalam bagian yg menerangkan tekanan udara. Untuk lebih jelasnya kunjungi simbol meteorologi.

Jadi komponen-komponen peta isobarik antara lain
a.garis kontur
b.simbol meteorologi upper-air
c.L serta H: L pusat garis kontur rendah. H pusat garis kontur tinggi,
d.punggung serta Lembah (Ridges and Through). Ridges (elongated highs) wilayah panas, through (elongated lows) wilayah dingin
isotherm: garis merah putus putus, menerangkan suhu udara pada derajat celcius.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI