Cara Berfikir Sinkronik Dalam Mempelajari Sejarah

Belajar sejarah artinya belajar mengenai masa kemudian serta untuk tahu sejarah diharapkan cara berpikir yg sinkronik. Kata sinkronik asalnya berdasarkan bahasa Yunani syn artinya menggunakan dan chronoss artinya ketika. Dalam kamus besar bahasa Indonesia sinkronik diartikan menjadi segala sesuatu yg bersangkutan dengan insiden yang terjadi dalam suatu massa.

Kajian sejarah sinkronik adalah menyelidiki peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada masa atau ketika tertentu menggunakan lebih mendalam. Lebih jelasnya bisa dijelaskan bahwa konsep sikronik pada sejarah merupakan bagaimana menilik atau menyelidiki pola-pola, tanda-tanda serta karakter menurut sebuah insiden sejarah dalam masa tertentu. Secara umum sinkronik memiliki karakteristik-ciri berikut:

1. Mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi dalam masa tertentu.
2. Menitikberatkan kajian insiden dalam pola-pola, gejala serta karakter.
3. Bersifat horizontal.
4. Tidak ada konsep pebandingan.
5. Cukup kajian lebih sempit.
6. Kajiannya sangat sistematis.
7. Sifat kajian lebih berfokus serta mendalam. 
Oleh karenanya bisa dikatakan bahwa sinkronik pada sejarah adalah kajian yang lebih menitikberatkan dalam meneliti gejala-tanda-tanda yg meluas berdasarkan sebuah peristiwa namun ketika nya terbatas. Contohnya seseorang sejarawan ingin menyusun sejarah perekonomian Indonesia masa kolonial Belanda. Hal yang akan dia lakukan merupakan meneliti gejala atau fenomena perkembangan kehidupan ekonomi bangsa Indonesia yg terjadi pada masa pendudukan Belanda saja.

Tidak ada goresan pena yang membandingkan dengan kondisi ekonomi masa pendudukan Belanda di tempat lain. Apabila sejarawan itu menerapkan konsep sinkronik maka beliau hanya akan mengamati semua yang terkait dengan masalah perekonomian tersebut secara mendalam dan terstruktur. Sejarawan akan mencari tahu data-data yg sekiranya mampu menjawab pertanyaan seputar perkembangan ekonomi rakyat dalam masa Belanda. Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI