Cara Membuat Animasi Bola Memantul Lantai dan Tembok Menggunakan Aplikasi Blender 3D

Assalamu’alaikum…

Masih dalam pembahasan Blender 3d, Dalampembahasan sebelumnya aku sudah coba untuk menjelaskan bagaimana caranyamembuat animasi air. Dalampembahasan kali ini, saya ingin coba membahas mengenai Cara Membuat Animasi Bola Dapat Memantul Menggunakan Aplikasi Blender.oke deh eksklusif saja ya disimak.. :

1. Pastinyasobat wajib membuka Aplikasi Blender terlebih dahulu.

2. Setelahaplikasi blender-nya terbuka, maka akan seperti gambar dibawah :


Pada gambar diatas terlihat padaproperties-nya terdapat Render, Animation, dan Play.

(lihat yg dikotakkan merah), fungsi dari ke-tiga nyaadalah :

Render : untuk memper-latif tampilan object yg kita buat,buat lebih cepatnya tekan F12 dalam keyboard.

Animation : buat memperindah object yang sudah dibentuk menjadianimasi yang dapat beranjak, buat lebih cepatnya tekan ctrl + F12 padakeyboard.

Play : agar dapat melihat object tadi menjadi animasiyang indah.

untuk detail, lihat gambardibawah :




3. Okesaatnya kita menciptakan animasinya.. Disini aku akan menciptakan Animasi BolaMemantul berdasarkan Lantai mengenai dinding. Maka yang kita butuhkan merupakan 1 Cube(buat membuat tembok), 1 Plane (buat membuat lantai), serta 1 UV-Sphere (untukmembuat bola).

masih dalam lbr kerja yg taditelah dibuka. Pada lembar kerja yang telah terdapat 1 Cube, kita tambahkan Plane,caranya tekan shift + a padakeyboard – pilih Mesh – pilih Plane.
Pada Plane tadi kita aturUkurannya memakai s padakeyboard. Dan atur sesukanya.

NB: s+y atau s+x atau s+z serta gunakan pula mouse, sesuaikan sajadengan Sumbu X,Y, atau Z buat output yang memuaskan.

Setelah tersebut sobat atur, maka saya ilustrasikanseperti gambar dibawah :


4. Lalulangkah yg selanjutnya adalah kita menciptakan tembok dengan Cube yg telahtersedia. Caranya, seleksi Cube tersebutdengan memakai Klik Kanan Mouse,dan tekan s dalam keyboard, aturtipis, lebar, panjang, serta ke-sejajarannya, supaya terlihat lebih indah.
NB: s+y atau s+x atau s+z serta gunakan pula mouse, sesuaikan sajadengan Sumbu X,Y, atau Z buat output yang memuaskan.

Saya contohkan seperti gambar dibawah:


5. Setelahitu kita buat Bolanya menggunakan UV-Sphere. Dengan cara shift + aMeshUV-Sphere. Lalu atur letaknya serta besar kecilnyadengan menekan tombol s padakeyboard.

Maka akan menampilkan gambar :

6. Langkahselanjutnya adalah lihat dalam bagian Properties (sebelah kanan). Ubah :

Display :Full Screen
Dimensions : HDV 1080p
Resolution: X = 720,Y = 720
Frame Rate: 24
Ceklist padaStamp
Output :simpan terserah sobat (aku simpan di Desktop)
Format File : AVI Raw

7. Setalahitu kita buat step by step sampai bola tersebut misalnya terpantul. Caranya : seleksi bola tersebut, tekan i kemudian o dalam keyboard

Setelah itu atur/pindahkan garis hijau pada Frame,misalnya gambar dibawah :


NB : seleksibolanya terlebih dahulu – (tekan i – o) – baru atur garis hijau pada frame, danbegitu seterusnya.

Hingga sampai frame 250.. Kreasikanimajinasi sobat hingga menciptakan bola tadi seakan akan memantul. Sayacontohkan misalnya pada gambar dibawah :


Setelah itu coba Play, dan jikaberhasil bola tersebut akan bergerak memantul.


8. Setelahsobat play serta konfiden hasilnya telah bisa pada render menggunakan cara klik Animation dalam properties, atau denganmenekan tombol ctrl+F12 padakeyboard. Lihat gambar dibawah :


Jika telah selesai File Video-nyaakan tersimpan pada desktop, dengan nama (0001-0250)


9. Langkah selanjutnya merupakan langkah untukpemberian texture/pemberian agarobject tadi terlihat misalnya aslinya. Disini aku hanya memberikan gambar(seperti diimport gitu) dan akan memberikan texture lantai, tembok dan bolabasket.
Sebelum memberikan texture-nya, kitapindahkan dulu tampilannya ke ObjectMode. (tekan Tab dalam keyboard). Setelah masuk ke Object Mode – seleksi pada bagian Cube (yang tegak berdiri).

Lalu pindahkan lagi ke Edit Mode dengan menekan tombol Tab.


9.1 .setelah itu klik materialNewDiffuse (pilih warna sesukanya) – lalau ceklist dalam Transparency. Lihat selengkapnya padagambar dibawah.


9.dua . Sesudah itu kita atur dalam Texture-nya.caranya klik TextureNew – pilih Type (Image or Movie) –pilih Image (open) dan cari filegambar yang sobat inginkan – kemudian pilih pada Coordinates (UV).

Unntuk File gambarnya, Saya telahberikan dalam 1 folder tutorial ini. Silahkan sobat pilih sendiri.
9.3. Setelah itu dalam pada layar sebelahkanan klik Display Current Editorpilih UV/Image Editor – pilih dalam Browse Image to be linked (file yangtadi sobat telah pilih) – dan pada layar sebelah kiri tekan u dalam keyboard (pilih Unwrap).

Lebih jelasnya lihat kangkah-langkah pada gambardibawah :


Setelah langkahnya telah benar, dansobat tekan f12 akan terlihat gambartembok misalnya gambar dibawah :

10. Begitupula buat menciptakan lantai ikuti langkah ke-9 sampai ke 9.3.

NB : open file, serta cari dalam folder ini, yang bernama (Lantai 1.jpg), seperti dibawah :


Untuk melihatnya tekan F12 dalam keyboard untuk merender.

11. Setelahitu yg terakhir memberikan texture pada bola basketnya. Caranya hampir samaseperti pada langkah 9 – 9.tiga .

NB : open file, serta cari dalam folder ini, yang bernama (Bola Basket.jpg), seperti dibawah :


Pilih Coordinates nya tetap Generated.

12. Sobatjuga mampu memberikannya pengaruh menggunakan cara klik particles – klik tanda plus(+), serta akan misalnya gambar :


13. Setelahpemberian texture dan impak terselesaikan, kini saatnya kita rendering animasidengan menekan tombol ctrl+F12 padakeyboard.

Maka hasilnya akan misalnya gambar :


Jika Proses rendering tersebut telahselesai, output video-nya mampu terlihat di desktop sobat. Dengan nama 0001-0250.

Setelah output render-annya telahselesai, sobat mainkan lagi dengan pelaksanaan pemutar video yang ada pada PC/Laptopsobat. Saya contohkan misalnya gambar :

Sekiranyaitu saja, Cara Membuat Animasi Bola DapatMemantul.untuk tutorial lengkapnya serta aplikasi Blendernya bisa sobat downloaddi bawah, serta bila terdapat yang samar-samar sobat bisa bertanya melalui kotakkomentar dibawah atau Contact Me pada Header Blog ini.
Mohon maaf apabila ada istilah yg salah serta kurang berkenan daripembahasan ini. Semoga berguna.. ^^ terima kasih..

Wassalamu’alaikum…



Download Artikel Lengkapnyadan .blend, Disini

DownloadBlender V2.67b for Windows 32-bit, Disini

DownloadBlender V2.69 for Windows 32-bit, Disini

DownloadBlender V2.69 for Windows 64-bit, Disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru