CARA MEMBUAT JADWAL MINGGUAN PEMBELAJARAN KELAS DAN PROSES KEAKTIFAN PTK DI PADAMU NEGERI
PADAMU NEGERI mulai semester genapTahun Pelajaran 2018/2015 menerapkan fitur baru yaitu: Entri JadwalPembelajaran Kelas Mingguan. Fungsi serta tujuan dari fitur ini sbb:
1. Sebagai syarat utama proseskeaktifan PTK secara kolektif, dimana berdasarkan isian jadwal ini sebagai dasarditerbitkannya surat ajuan keaktifan kolektif PTK sang Kepala Sekolah (S25a) yg dirilis 23 Februari 2018 nanti. Jika Admin Dinastelah menyetujui (S25b) maka setiap PTK pada sekolah tadi diijinkan olehsistem buat cetak kartu digital masing-masing periode semester genap tahunajaran 2018/2015. .
2. Dari persetujuan Admin Dinas(S25b) maka sistem otomasi mencatatkan riwayat mengajar pada portofolio parapendidik (guru) sesuai dengan jadwal mengajar pada sekolah tersebut. Dengandemikian maka setiap Pendidik (pengajar) tidak perlu lagi mengisi riwayat mengajardi pilihan menu portofolio secara pengakuan manual baik buat sekolah induk maupun noninduk lokasi bertugasnya.
3. S25a serta S25b pula untukmembantu pelaporan kondisi data pedagogi Pendidik (Guru) pada setiap sekolah kepihak Dinas pada semester aktif yang lebih valid sinkron kondisisebenarnya.
Berkenaan dengan hal tadi,dalam proses isian jadwal dimaksud (terkait menggunakan S25a dan S25b), harapdiperhatikan kelengkapan data-data pendukung menjadi berikut:
a. Data Siswa
Harap dilengkapi data individusiswa pada setiap taraf, data murid ini pula wajib didaftarkan di setiaprombel/kelas yang aktif, lantaran data anak didik akan menjadi perhitungan otomatissistem buat melaporkan rasio pengajar:murid dan rombel:siswa yang tercetak pada S25adan S25b.
b. Data Rombel/Kelas
Harap dilengkapi data rombel/kelassetiap taraf, data rombel/kelas ini sebagai dasar entri jadwal pengajaranmingguan di setiap rombel/kelas dan otomasi perhitungan rasio rombel:siswa danrasion guru:siswa yang tercetak di S25a dan S25b.
c. Data Kurikulum
Padamu Negeri menyediakan masterdata kurikulum terpusat baik berbasis KTSP juga K-13 berdasarkan baku kodemapel program sertifikasi pengajar periode 2018 (Sumber: Lampiran dalam Buku 1Pedoman Sertifikasi Pengajar 2018). Untuk itu pastikan melakukan sinkronisasikurikulum sinkron pedoman di sistem. Sekolah berhak menentukan penerapankurikulum per taraf yang berdampak terhadap daftar mapel yang disediakan olehsistem ketika melengkapi Jadwal Pembelajaran Mingguan di setiap Kelas/Rombeldalam satu taraf.
d. Data Jadwal PembelajaranManual
Harap disiapkan Jadwal PembelajaranMingguan pada setiap Rombel/Kelas yang berlaku dan sudah ditetapkan oleh KepalaSekolah sebelumnya sebagai dasar entri Jadwal Pembelajaran pada Padamu Negeri.padamu Negeri akan membantu proses validitas alokasi ketika mengajara parapendidik (pengajar) agar terjamin tidak terjadi bentrokan jadwal.
Menentukan Kurikulum serta sinkronisasi Mata Pelajaran denganKurikulum Nasional
Sebelum mengerjakan ini siapkanlah dulu jadwal pelajaranyang diberlakukan pada sekolahnyadari kelas I-VI buat SD (misal Ia,Ib,IIa,IIb.....), begitu jua dengan SMP (misal VIIa,VIIb.....) atau SMA.
Berikut panduan entry data pengaturan jadwal kelas mingguan :
a. Tentukan Kurikulum danSinkronisasi Mata Pelajaran menggunakan Kurikulum Nasional
Ikuti langkah-langka berikut untukmen-set kurikulum yg Anda terapkan pada sekolah Anda serta lakukan SinkronisasiMata Pelajaran menggunakan Kurikulum Nasional :
1. Login padamu sekolah pilih menu Sekolah,pilih Kurikulum.
2. Selanjutnya, pada DasborKurikulum, pilih menu Daftar Mata Pelajaran.
3. Selanjutnya pilih kurikulum,klik tombol Pilih Kurikulum, dan tentukan kurikulum yangakan diterapkan. (KTSP/ Kurikulum 2018).
4. Akan ditampilkan daftar matapelajaran dalam kurikulum yang Anda pilih.
5. Lakukan sinkronisasi matapelajaran dari kurikulum nasional kedalam kurikulum yang Anda pilih, kliktombol Sinkronisasi Data.
6. Pilih Tingkat Mata Pelajaranyang akan pada sinkronisasi. Singkronisasi Mata Pelajaran dipakai untukmenyalin Mata Pelajaran yang sudah tercatat dalam sistem. Daftar Mata pelajaranyang disalin sinkron dengan pilihan taraf yg dipilih. Klik Lanjutjika sudah sinkron.
7. Konfirmasi Mata Pelajaran, jikatelah sinkron klik Simpan >> Ok.
8. Berikut output dari sinkronisasimata pelajaran dengan kurikulum nasional. Untuk menambah atau membuat matapelajaran baru, klik tombol [+] seperti dalam gambar. 9. Isi data Mapel yang diinginkan,klik Simpan jika telah sesuai.
NEXT>>>
d. Buat Model Jadwal Baru
Sebelum Anda membuat jadwal kelasmingguan, tentukan dahulu contoh jadwal yg akan dipakai dalam masing-masingkelas. Ikuti langkah berikut buat menset contoh jadwal maupun membuat modeljadwal baru :
1. Pilih submenu Jadwalpada menu Sekolah.
2. Pada dasbor Jadwal, pilih KelolaModel buat Jadwal Kelas.
3. Pada halaman baru yg timbul,klik tombol Buat Model baru.
4. Isi data Model Jadwal Baru. KlikSimpan apabila telah sinkron.
5. Selanjutnya, akan ditampilkantemplate default model jadwal sinkron jumlah jam belajar mengajar yg telahAnda tentukan sebelumnnya.
7. Isikan data jadwalpelajaran / Tatap Muka dalam tabel, klik pada kolom seperti pada gambar untukmengisikan kegiatan
8. Edit kegiatan tiap jam tatapmuka sinkron peraturan sekolah Anda. Pilih jenis kegiatan serta durasi kegiatantersebut, misal hari Senin jam pertama adalah Upacara. Klik Tombol Simpan jikasudah benar.
9. Model jadwal berhasil dibuat.ulangi langkah ke-tiga buat membuat Model Jadwal yg lainnya. Berikut contohhasil akhir Model Jadwal yg telah dibuat.
NEXT>>>
e. Memasukan Model Jadwalke dalam Kelas
1. Untuk memasukan Model jadwalyang sudah Anda buat kedalam masing-masing kelas, silakan kembali ke halamandasbor Jadwal, pilih pilihan menu Jadwal Kelas >> Lihat Jadwal Mingguan>> Klik tombol Pilih Kelas.
Selanjutnya, Pilihkelas yang Anda inginkan.2. Pilih model jadwal yang akandimasukkan pada kelas tersebut. Klik icon gear misalnya dalam gambar,pilih model jadwal yg sinkron. Klik Ya buat melanjutkan.
3. Untuk memasukan mata pelajaranpada tiap jadwal jam tatap muka, klik dalam kolom yg masih kosong misalnya padagambar.
4. Isikan data kegiatan yangdiinginkan. Klik tombol Simpan jika sudah sinkron.
5. Ulangi langkah diatas hingga seluruh kolom terisi dengan kegiatan tatap muka. Berikut output akhirpembuatan jadwal kelas mingguan.
Mau pedoman selengkapnya silahkan download arsip pdf disini
Setelah terselesaikan baru lanjutkan ke termin selanjutnya sinkron jadwal
Jadwal rilis lengkapnya sebagaiberikut:
1. Rilis 2 Februari 2018
+ Pengelolaan Jadwal PengajaranKelas
+ Kuisoner Literasi TI bagi Guru download disini
+ Ajuan NUPTK Baru (S06)
+ Registrasi PTK Baru (A05/A06)
2. Rilis 9 Februari 2018
+ Pemutakhiran profil sekolah
+ Pemutakhiran sekolah daerah 3T
+ Pemutakhiran status sekolahinti/gugus KKG/MGMP
+ Pemutakhiran status sekolahinklusi
+ Pemutakhiran koordinat lokasisekolah
3. Rilis 16 Februari 2018
+ Registrasi Ulang Sertifikasi Guru
+ Verval NRG
+ Rekonsiliasi NPSN PDSP
+ EDS Lanjutan
+ PKG Lanjutan
4. Rilis 23 Februari 2018
+ Ajuan Keaktifan Kolektif olehKepala Sekolah
+ Kuisoner Literasi TI bagi KepalaSekolah serta Pengawas
+ Cetak Kartu Digital PTK SemesterGenap TP. 2018/2015
===========================================================PROSES KEAKTIFAN PTK
Proses keaktifan PTK dalam satusekolah dilakukan secara kolektif dari ajuan menurut Kepala Sekolah keDinas. Namun untuk cetak Kartu Digital setiap semester permanen dilakukan mandirioleh setiap PTK.Catatan : Ajuan kolektif tadi sekaligus sebagailaporan resmi rekap beban kerja PTK aktif pada sekolah ke Dinas setempat. Infoselengkapnya bisa Anda lihat disini.
Berikut langkah singkat mencetakkartu digital bagi PTK yang sekolahnya sudah diajukan vervalnya oleh KepalaSekolah dan sudah disetujui ajuan vervalnya oleh Dinas :
1. Login sebagai PTKpada //padamu.siap.web.id/ .
2. Silakan isi PegID/NUPTK danpassword login akun PTK Anda serta pilih layanan Padamu PTK jika sudah berhasillogin.
3. Pada halaman dasbor PADAMU PTKAnda akan ditampilkan status keaktifan Anda, perhatikan gambar.
4. Klik Info Mengajar untukmelihat Riwayat Mengajar Anda.
Pemutakhiran riwayat mengajar tidakperlu pada entri manual lagi sang setiap pengajar. Sistem akan meng-update riwayatmengajar baik di sekolah induk atau non induk secara otomatis ke setiapportofolio guru sinkron menggunakan isian jadwal aktivitas belajar mengajar mingguanpada semester aktif yang di entri sang petugas admin/operator sekolah.
Catatan: harap disiapkan dokumen penjadwalan mingguan pembelajaran di setiapkelas dalam semester 2 TP. 2018/2015 yang sudah berlaku pada sekolah waktu inisebagai dasar entri ke sistem Padamu Negeri). Klik buat melihat Panduan Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan.
5. Unggah foto Anda, klik UnggahFoto.
Pilih file foto berdasarkan media penyimpanankomputer Anda. File yg bisa diunggah adalah file JPG, PNG, serta GIFdengan ukuran maksimum yg diijinkan 250 X 400 pixel.
6. Selanjutnya, klik PeriksaPortofolio, periksa portofolio Anda.
Jika terdapat yg wajib disesuaikansilakan klik Edit Kembali, namun jika telah sesuai klik OK.
7. Selanjutnya, klik tombol AktifkanPortofolio untuk periode Tahun Ajuran 2018-2015 Semester dua.
8. Langkah terakhir setelahsemua PTK dalam satu sekolah melakukan keaktifan secara kolektif serta telahdiajukan Kepala Sekolah ke Dinas buat persetujuan verval, barulah PTK tersebutdapat mencetak kartu digital. Tombol Cetak kartu digital akan aktif jikaverval ajuan ketua sekolah sudah disetujui dinas. Klik tombol Cetak untukmencetak kartu digital PTK. 9. Selamat, kartu digital Andasebagai indikasi keaktifan PTK periode Tahun Ajuran 2018-2015 Semester 2telah berhasil dicetak.
Mau panduan selengkapnyasilahkan download arsip pdf disini