Cara Membuat Splash Screen Dan Timer Menggunakan Strawberry Prolog

Assalamu’alaikum…
PadaPembahasan kali ini saya ingin buen humorii mengenai Cara Membuat Splash Screen Dan Timer Menggunakan Strawberry Prolog.Disini saya akan memberikan listing, Logika, Dan Outputnya, oke deh langsungsaja ya disimak.. :
1. Listing Program

?-
window(_,_,win_utama(_),"Faris Belajar",100,50,450,450).
win_utama(init) :-
persenmenu utama
menu( normal, _, _,menu_mulai(_),"&new game"),
menu( normal, _, _,menu_exit(_),"&exit").
menu_exit(press) :-
close_window(_).

win_func(init) :-
persenmenu utama
menu( pop_up, _, _,menu_start(_),"&start"),
menu( normal, _, _,menu_exit(_),"&exit").

menu_mulai(press):-
close_window(_),
window(_,_,win_func(_),"Faris Belajar Timer",100,50,450,450).
menu_start(init) :-
menu( normal, _, _, menu_easy(_),"&Praktis"),
menu( normal, _, _, menu_hard(_),"&Sulit").

menu_easy(press) :-
message("Time","engkau memiliki ketika 10 dtk sebelum BOMmeledak",i),
update_window(_),
G_M := 10,
G_waktu is set_timer(_,1,time_func).

menu_hard(press) :-
message("ketika","engkau memiliki saat 5 dtk sebelum BOMmeledak",i),
update_window(_),
G_M := lima,
G_waktu is set_timer(_,1,time_func).

time_func(end):-
(G_M=:=10 ->
pen(5,rgb(255,255,255)),
rect(49,10,70,25)),
(G_M=:=0 ->
kill_timer(_,G_waktu),
message("WARNING","BOOOOMMM nGame Over !!!",!),
close_window(_)
else
Angka is print(G_N),
font(30,70,"Ravie"),
G_M <>= G_M-1),
T isprintq(G_M),
text_out(10,10,T),beep.

2. Logika Program

?-
window(_,_,win_utama(_),"Faris Belajar",100,50,450,450).
win_utama(init) :-
persenmenu utama
menu( normal, _, _,menu_mulai(_),"&new game"),
menu( normal, _, _,menu_exit(_),"&exit").
menu_exit(press) :-
close_window(_).

=> Kodingan diatasdigunakan untuk menciptakan ventilasi acara yg pertama dengan nama “Faris Belajar”, menggunakan ukuran X1 = 100 , Y1 = 50 , X2 = 450 , Y2 = 450 serta aku beri nama function-nya“win_utama” untuk member tau bahwa itu merupakan jendela 1. Didalam win_utamaterdapat menu, “new game dan exit” ditandai menggunakan sintaks pilihan menu.

Ketika kita klik menu exit makaakan keluar menurut ventilasi utama, tetapi apabila kita klik pilihan menu new game, maka akanmenampilkan jendela selanjutnya yaitu jendela ke-2 buat selanjutnya kitamainkan.


win_func(init) :-
persenmenu utama
menu( pop_up, _, _,menu_start(_),"&start"),
menu( normal, _, _,menu_exit(_),"&exit").

menu_mulai(press):-
close_window(_),
window(_,_,win_func(_),"Faris Belajar Timer",100,50,450,450).
menu_start(init) :-
menu( normal, _, _, menu_easy(_), "&Mudah"),
menu( normal, _, _, menu_hard(_),"&Sulit").

=> Kodingan Win_func(init) diatas digunakan buat menciptakan ventilasi program yg keduadengan nama “Faris Belajar Timer”waktu kita telah menklik pilihan menu new game dalam ventilasi 1. Pada jendela ke-2 ini,memiliki pilihan menu antara lain : menu start,dalam menu start memiliki submenu mudah dan sulit . Serta terdapat juga pilihan menu exit.

menu_easy(press) :-
message("Time","engkau memiliki ketika 10 dtk sebelum BOMmeledak",i),
update_window(_),
G_M := 10,
G_waktu is set_timer(_,1,time_func).

menu_hard(press) :-
message("ketika","engkau memiliki saat 5 dtk sebelum BOMmeledak",i),
update_window(_),
G_M := lima,
G_waktu is set_timer(_,1,time_func).

=> Kodingan diatas (press) merupakan kelanjutankodingan yang sebelumnya, dimana kodingan diatas adalah kodingan untukmemunculkan sumenu Mudah dan Sulit supaya berfungsi ketika saat di klik. Didalammenu_easy serta menu_hard sudah ada sintaks yg siap dijalankan jika telahmemilih pilihan menu tersebut. Didalam menu tersebut masing-masing telah terdapat sintakspesan dan penghitungan saat mundur, saat yang diberikan untuk gampang merupakan 10detik dan sulit merupakan lima dtk, jadi saat menentukan submenu mudah atau sulit akanmuncul dialog message dan akanmenampilkan dtk berjalan mundur.

time_func(end):-
(G_M=:=10 -> %timerdihitung mulai dari nomor 10
pen(5,rgb(255,255,255)), %memberikantulisan agar hitam
rect(49,10,70,25)),
(G_M=:=0 ->
kill_timer(_,G_waktu),
message("WARNING","BOOOOMMM nGame Over !!!",!),
close_window(_)
else
Angka is print(G_N),
font(30,70,"Ravie"), %membuatangka mempunyai font ravie
G_M <>= G_M-1),
T isprintq(G_M),
text_out(10,10,T),beep. %angkadetik yang ada menyesuaikan akan keluar di window di koordinat X=10 dan Y=10


=> Fungsi countdown tadi perlu dipanggil supaya bisa berjalan, buat itu padatime_func sudah dipasang sintaks buat menghitung mundur waktu serta jua pesanyang akan keluar selesainya saat habis.

3. Output Program





Mungkinitu saja buen humoriI mengenai CaraMembuat Splash Screen Dan Timer Menggunakan Strawberry Prolog. Apabila adakata istilah yg keliru dan kurang berkenan mohon dimaafkan, semoga berguna..terima kasih atas kunjungannya.. ^^

Wassalamu’alaikum..
Download Strawberry Prolog : Disini atau Disini 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI