Cara Menentukan Jam Waktu Kedudukan Dan Gerakan Bumi

Untuk  menentukan letak suatu loka, baik dipermukaan bumi maupun pada bola langit, dibutuhkan suatu cara yg lazimdigunakan yg dianggap tata koordinat. apabila loka yang kita cari terletakdi bagian atas bumi, kita memakai tata koordinat bumi. Misalnya mencariletak suatu kota, letak suatu pulau, serta letak negara. Kita menggunakan tatakoordinat bumi. Dalam geografi letak suatu tempat yg menurut tatakoordinat bumi disebut letak astronomis
Biasanya digunakansatuan derajat lintang (Lintang Utara atau Selatan) serta derajat bujur (BujurBarat atau Timur).
Jika tempat yang kitacari terletak di bola langit kita menggunakan tata koordinat bola langit.Tata koordinat bola langit terdiri atas: rapikan koordinat horizon,rapikan koordinatekuator, serta tata koordinat ekliptika.
Masing-masing tatakoordinat mempunyai aturan tersendiri yg akan dibicarakan pada uraianberikut ini.
 

Tata Koordinat Bumi
KU adalah kutub utara bumi. (North Pole)
KS adalah kutub selatan bumi. (South Pole)
Antara KU serta KS dihubungkan garis-garis. Garis-garis itu dianggap garis bujur  atau meridian.
Garis bujur 0° dimulai dari sebuah kota bernama Greenwich (dekat London).tempat-tempat sebelah timur Greenwich sampai garis bujur 180°, dianggap bujur timur  (BT). 
Tempat-loka pada sebelah barat Greenwich, sampai bujur 180°, disebut bujur barat (BB).
Jadi bujur 180°BT berimpit dengan bujur 180°BB. Garis bujur yang berimpititu terletak di Samudera Pasifik. Namanya garis atau batas tanggal internasional. (international date line).
Maksud batas lepas international tersebut untuk menyeragamkan serta memudahkanperhitungan kalender pada separuh atau setengah bagian global. Jadi pada hal ini, dunia dibagi menjadidua bagian, yaitu separuh dunia bagianbarat serta separuh dunia bagiantimur.

Dengun adanya pembagian daerah waktu  tadi itu dengan gampang dapat menghitungperbcdaan ketika antara  Jayapura (IrianJaya) menggunakan Bandung (Jawa barat). Jika di Jayapura pukul 09.00. Maka diBandung baru pukul 07.00. Tetapi hal itu akan membawa dampak sampingan (bagi arlojiyang kita gunakan). Jika kita pulang berdasarkan Jayapura ke Bandung, maka sehabis sampaidi Bandung, jam atau arloji yg kita gunakan wajib kita undurkan 2 jam, agarwaktunya sama menggunakan ketika pada Bandung (yg tcrmasuk WIB). Apabila tidak, makawaktu yg ditunjuk oleh arloji yg kita gunakan akan terlalu cepat 120 menitatau dua jam.

Hal lain yg penyebabnya sama adalah bila kita naik pesawat terbang dariJakarta ke Jayapura. Jika kita berangkat berdasarkan Jakarta pada pukul 07.00 WIB, denganwaktu terbang selama 5 jam, maka hingga pada Jayapura arloji kita baru menunjukangka 12. Berarti baru pukul 12.00 (WIB). Padahal arloji atau jam dinding dariteman-teman kita pada Jayapura sudah menunjuk angka 2 atau telah pukul 14.00.berarti kita wajib mengajukan arloji yang kita pakai sebesar dua jam, jikamenghendaki saat yang ditunjuk sang arloji kita sama dengan waktu setempat(WIT).
Berikut ini mampu Anda lihat peta pembagian wilayah saat.
Dari peta tersebu  kita dapatmelihat bahwa ketika (Ionceng)di Asia-Afrika Iebih dulu berdasarkan padawaktu (lonceng) di Canada-Amerika.dalam hal ketika (Ionceng) ini, kita berpedomanpada garis bujur 0°, yaitu bujur yang melewati kota Greenwich. Tetapi dalam halpenentuan saat (kalender) yang digunakan sebagai pedoman perhitungan adalahbatas lepas internasional. Dengan demikian lepas buat Canada-Amerika akan‘Iebih lalu’ daripada waktu buat Asia -Afrika.
Dengan istilah lain, apabila kita berlayar 1 hari berdasarkan Hawai (Honolulu)icebarat melewati batas tanggal internasional menggunakan tujuan Jepang (Tokyo), kitaakan sampai selang (satu) hari. Apabila kita berangkat berdasarkan Honolulu pada tanggal2 April, maka kita hingga dirTokyo lepas 4 April.
Namun sebaliknya jikakita menurut Tokyo tanggal 2 April berlayar ke Honolulu 1 hari, maka kita akansampai dalam tanggal dua April. Indonesia terletak pada separuh global,bagian timur yaitu  dalam 95°BT - 141°BT. Dengan kata lain seluruhwilayah Indone­sia mempunyai bujur sebesar 46°
Untuk menyeragamkan  (Ionceng) diseluruh global, maka dunia dibagi sebagai 24 daerah waktu. Masing-masing daerahwaktu besarnya 150 bujur. Atau setiap 450  bujur sama dengan 1 jam (60 menit). Jadi setiap 10 bujur besarnya 4 mnt.

Indonesia derajat bujurnya sebesar 46°, sang Lantaran itu ketika pada Indonesiadibagi menjadi tiga wilayah waktu, yang masing-masing tidak sama 60 menit.

Adapun daerah saat diIndonesia itu terdiri atas 3

1.waktu Indonesia Bagian Timur.(WIT), yang mencakup Propinsi
Maluku serta Irian Jaya
2. Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) yg mencakup Propinsi Timor Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa TenggaraTimur, Bali, Propinsi di Sulawesi,Propinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.
3. Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), yang meliputi Propinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat,Propinsi di Jawa serta Sumatera. 

Dengan demikian jelaslah bahwa garis bujur atau meridian bisa dipakaisebagai pedoman dalam menghitungperbedaan waktu antara-satu daerah menggunakan daerah lain, antara negarasatu menggunakan negara lain.
Selain garis bujur, pada bola bumi atau globe seperti gambar di muka,terdapat garis-garis sejajar yang melilit bumi arah timur-barat. Garis-garisyang melilit bumi serta sejajar satu dengan yang lain, disebut garis lintang atau paralel.
Garis lintang itu dimulai dari garis lintang 0°, yg diklaim menggunakan khatulistiwa, garis lini, atau ekuator. Dari khatulistiwa ke utarasampai ke Kutub Utara, besarnya 90°. Jadi loka-loka yg terletak disebelah utara khatulistiwa, mempunyai kedudukan lintang utara (LU).
Bagaimana dengan tempat-tempat yang terletak di sebelah selatankhatulistiwa? Tempat-tempat di selatan khatulistiwa berkedudukan lintangselatan (LS). Dari, khatulistiwa ke Kutub Sela­tan, besarnya 90°.         

Tempat pada permukaan bumi yang memiliki lintang tinggi (yaitutempat-loka yang jauh berdasarkan ekuator), misalnya pada daerah kutub,akanmemperoleh sinar mentari yang tidak selaras intensitasnya apabila dibandingkan denganlintang rendah. Hal itu bekerjasama erat menggunakan sudut datangnya sinar. Makinbesar sudut datangnya sinar, makin poly sinar surya yg diserap olehpermukaan bumi. Berarti makin sedikit sinar yg dipantulkan
Daerah kutub, sudut datang sinar matahari lebih mini jika dibandingkandengan daerah lintang tengah (daerah sedang). Apalagi jika dibandingkan dengandaerah ekuator. Untuk detail, lihat gambar berikut adalah!
Jadi, garis lintang atau paralel berpengaruh terhadap temperatur dipermukaan bumi. Bahkan berpengaruh terhadap iklim pada  permukaan bumi, yg diklaim iklim surya.


Demikian Penjelasantentang CaraMenentukan Jam Waktu Kedudukan Dan Gerakan Bumi
Semoga berguna.
Gambar: disini, disini, disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI