Cara Menghitung Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus Terbaru

Cara Menghitung Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus - Kubus artinya bangun ruang 3 dimensi yg mempunyai enam bidang sisi yang sama besar dan kongruen. Bentuk sisi sisi dalam kubus artinya bujur kandang. Selain itu kubus jua mempunyai diagonal sisi dan diagonal ruang. Cara menghitung diagonal sisi kubus dan cara menghitung diagonal ruang kubus bisa diperoleh menggunakan memakai rumus yang ada. Rumus tadi relatif sederhana serta gampang untuk diingat.
Kubus banyak digunakan sebagai soal soal ujian sekolah juga nasional. Biasanya para murid diharuskan buat menghitung besar diagonal sisi, diagonal ruang amaupun volume kubus. Soal soal tersebut dapat menggunakan mudah anda kerjakan, bila anda mengetahui rumus rumus kubus yang ada. Pada kesempatan kali ini aku akan mengungkapkan tentang cara menghitung diagonal sisi kubus serta cara menghitung diagonal ruang kubus. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada bawah ini.

Cara Menghitung Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus

Diagonal artinya garis yang diperoleh menurut penarikan keliru satu titik sudut menggunakan sudut lainnya yang saling berhadapan sebagai akibatnya dapat melintang. Diagonal tadi terdiri berdasarkan diaginal sisi (bidang) serta diagonal ruang, seperti halnya yg masih ada pada bangun kubus. Cara menghitung diagonal sisi kubus serta cara menghitung diagonal ruang kubus bisa menggunakan rumua yg ada. Berikut penjelasan selengkapnya:
Baca jua : Kumpulan Gambar Jaring Jaring Kubus

Diagonal Sisi Kubus

Sebelum membahas mengenai cara menghitung diagonal sisi kubus, aku akan mengungkapkan pengertian diagonal sisi terlebih dahulu. Diagonal sisi kubus adalah garis penghubung antara 2 titik yang saling berseberangan dalam permukaan bidang kubus. Perhatikan gambar kubus di bawah ini!
Gambar kubus pada atas menunjukkan beberapa letak diagonal sisi pada bangun tadi. Kubus memiliki 12 diagonal sisi. Cara menghitung diagonal sisi kubus dapat menggunakan prinsip theorema phytagoras maupun menggunakan rumus yang terdapat. Adapun rumus diagonal sisi kubus yaitu:
Diagonal Sisi Kubus = s√2
Keterangan:
s = panjang sisi kubus

Diagonal Ruang Kubus

Diagonal ruang kubus merupakan ruas garis yg menghubungkan 2 titik sudut yg saling berhadapan pada pada ruang bangun kubus. Cara menghitung diagonal ruang kubus tidak sama dengan menghitung diagonal sisi pada kubus. Hal ini dikarenakan banyaknya diagonal sisi serta diagonal ruangnya jua tidak selaras. Kubus mempunyai 12 diagonal sisi dan 4 diagonal ruang. Perhatikan gambar di bawah ini!
Baca jua : Rumus Luas Permukaan serta Volume Limas (Rumus Sederhana)
Gambar kubus pada atas menerangkan beberapa letak diagonal ruang pada bangun tersebut. Kubus mempunyai 4 diagonal ruang. Cara menghitung diagonal ruang kubus bisa menggunakan rumus yg ada. Adapun rumus diagonal ruang kubus yaitu:
Diagonal Ruang Kubus = s√3
Keterangan:
s = panjang sisi kubus
Contoh Soal
Berapakah diagonal sisi serta diagonal ruang kubus apabila panjang rusuknya lima centimeter?
Pembahasan
Diketahui : s = 5 cm
Ditanyakan : Diagonal sisi dan Diagonal ruang = ?
Jawab:
Diagonal sisi = s√2
                      = lima√2
Diagonal ruang = s√3
                          = lima√3
Jadi diagonal sisi dan diagonal ruang kubus ialah 5√2 dan 5√3.
Sekian penerangan tentang cara menghitung diagonal sisi kubus dan cara menghitung diagonal ruang kubus. Kubus terdiri menurut 12 diagonal sisi serta 4 diagonal ruang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI