Cara Merangkum Isi Diskusi Pengertian Unsurunsur Diskusi Merangkum dan Contohnya Terbaru
Pengertian diskusi – Diskusi merupakan suatu pertukaran pikiran, gagasan, pendapat antara 2 orang atau lebih secara mulut dengan tujuan mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat. Diskusi yg melibatkan beberapa orang diklaim diskusi kelompok. Dalam diskusi gerombolan diharapkan seorang pemimpin yang disebut ketua diskusi. Tugas ketua diskusi merupakan membuka dan menutup diskusi, membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan gagasan, menengahi anggota yg berdebat, dan mengemukakan kesimpulan hasil diskusi.
Paragraf diatas mengungkapkan mengenai pengertian diskusi, berikutnya akan dibahas mengenai unsur-unsur diskusi serta cara merangkum isi diskusi, dilengkapi menggunakan contohnya.
a. Tugas moderator/pimpinan diskusi
b. Tugas Pembicara
a. Gagasan-gagasan pokok yg masih ada dalam makalah,
b. Tanggapan-tanggapan dari para peserta,
c. Tanggapan-tanggapan pembicara, dan
d. Konklusi yg dihasilkan
Rangkuman isi pembicaraan pada suatu diskusi tersebut akan dijadikan bahan buat menyusun laporan diskusi. Menyusun laporan adalah tugas krusial karna lapornan adalah bentuk pertanggungjawaban selesainya kita melakukan suatu aktivitas.
Contoh merangkum isi diskusi, dengan topik: penggunaan ejaan pada karya tulis ilmiah siswa Sekolah Menengah Atas Kelas XII
1. Masalah yg diangkat pada diskusi:
a. Pemakaian tanda baca
b. Pemakaian huruf kapital
2. Persoalan yang muncul:
a. Masih dijumpai penggunaan tanda baca yang nir tepat. Misalnya penggunaan pertanda koma (,) untuk menulis kalimat pribadi, menulis kalimat beragam bertingkat yg klausanya mendahului induk kalimat, serta pertanda koma buat menulis gelar yang terletak di belakang nama.
b. Masih dijumpai dengan pengunaan huruf kapital yg tidak tepat. Misalnya, penggunaan alfabet modal buat penulisan judul karya ilmiah, penggunaan huruf kapital buat yang nir diikuti nama orang.
3. Tanggapan/komentar peserta:
a. Tidak hanya guru bahasa Indonesia yg peduli buat mengingatkan anak didik mengenai penulisan tanda baca serta penggunaan huruf modal yg tidak tepat.
b. Apa yg wajib dilakukan murid serta guru supaya terhindar dari kesalahan tersebut?
4. Pemecahan perkara:
a. Siswa membaca serta memeriksa balik EYD.
b. Guru selalu mengevaluasi kalimat-kalimat siswa terutama penggunaan pertanda baca serta huruf kapital
c. Pengajar serta anak didik mencermati kesalahan supaya nir mengulang kembali kesalahan tersebut.
5. Kesimpulan:
a. Kesalahan yang terjadi satu tipe
b. Semua guru peduli terhadap penggunaan pertanda baca dan alfabet modal yg benar
c. Siswa masih wajib menyelidiki EYD
Sumber goresan pena: Buku Pengayaan Bahasa Indonesia, Kelas XI Semester 2
Paragraf diatas mengungkapkan mengenai pengertian diskusi, berikutnya akan dibahas mengenai unsur-unsur diskusi serta cara merangkum isi diskusi, dilengkapi menggunakan contohnya.
Unsur-unsur Diskusi
Setiap unsur-unsur pada pada diskusi mempunyai tugas serta peranannya masing-masing. Agar diskusi mampu berjalan dengan lancar maka setiap unsur diskusi harus menjalankan tugas dan kiprahnya tadi menggunakan baik. Tugas unsur-unsur diskusi adalah menjadi berikut.a. Tugas moderator/pimpinan diskusi
- Menyiapkan utama masalah yg akan dibicarakan
- Membuka diskusi serta menjaskan topik diskusi
- Memperkenalkan komponen diskusi terutama pembicara jika terdapat unsur pembicara/penyaji.
- Membuat diskusi menjadi hidup atau dinamis
- Mengatur proses penyampaian gagasan atau tanya jawab.
- Menyimpulkan output diskusi dan membacakan simpulan diskusi
- Menutup diskusi
b. Tugas Pembicara
- Menyiapkan materi diskusi sesuai topik yang akan dibahas.
- Menyajikan pembahasan materi atau menyampaikan gagasan-gagasan dan pandangan yang berkaitan menggunakan topik diskusi.
- Menjawab pertanyaan secara objektif dan argumentatif.
- Menjaga supaya pertanyaan permanen dalam konteks pembicaraan.
- Mencatat topik permasalahan
- Waktu serta tempat diksusi berlangsung
- Mencatat jumlah peserta
- Mencatat segala proses yang berlangsung dalam diskusi
- Menuliskan konklusi atau output diskusi
- Membuat laporan hasil diskusi
- Mendokumentasikan catatan tentang diskusi yg sudah dilakukan
- Mengikuti tata tertib dan aturan pada diskusi.
- Mempelajari topik/perseteruan diskusi
- Mengajukan pertanyaan, pendapat/sanggahan, atau usualan
- Menunjukkan solidaritas dan partisipasi
- Bersikap santun dan tidak emosional
- Memusatkan perhatian
- Turut serta menjaga kelancaran dan kenyamanan diskusi
Merangkum Isi diskusi
Merangkum isi pembicaraan pada suatu diskusi berarti menyusun pokok-pokok atau inti pembicaraan sebagai satu kesatuan yg runtut serta lengkap. Rangkuman isi pembicaraan suatu diskusi hendaknya berisi:a. Gagasan-gagasan pokok yg masih ada dalam makalah,
b. Tanggapan-tanggapan dari para peserta,
c. Tanggapan-tanggapan pembicara, dan
d. Konklusi yg dihasilkan
Rangkuman isi pembicaraan pada suatu diskusi tersebut akan dijadikan bahan buat menyusun laporan diskusi. Menyusun laporan adalah tugas krusial karna lapornan adalah bentuk pertanggungjawaban selesainya kita melakukan suatu aktivitas.
Contoh merangkum isi diskusi, dengan topik: penggunaan ejaan pada karya tulis ilmiah siswa Sekolah Menengah Atas Kelas XII
1. Masalah yg diangkat pada diskusi:
a. Pemakaian tanda baca
b. Pemakaian huruf kapital
2. Persoalan yang muncul:
a. Masih dijumpai penggunaan tanda baca yang nir tepat. Misalnya penggunaan pertanda koma (,) untuk menulis kalimat pribadi, menulis kalimat beragam bertingkat yg klausanya mendahului induk kalimat, serta pertanda koma buat menulis gelar yang terletak di belakang nama.
b. Masih dijumpai dengan pengunaan huruf kapital yg tidak tepat. Misalnya, penggunaan alfabet modal buat penulisan judul karya ilmiah, penggunaan huruf kapital buat yang nir diikuti nama orang.
3. Tanggapan/komentar peserta:
a. Tidak hanya guru bahasa Indonesia yg peduli buat mengingatkan anak didik mengenai penulisan tanda baca serta penggunaan huruf modal yg tidak tepat.
b. Apa yg wajib dilakukan murid serta guru supaya terhindar dari kesalahan tersebut?
4. Pemecahan perkara:
a. Siswa membaca serta memeriksa balik EYD.
b. Guru selalu mengevaluasi kalimat-kalimat siswa terutama penggunaan pertanda baca serta huruf kapital
c. Pengajar serta anak didik mencermati kesalahan supaya nir mengulang kembali kesalahan tersebut.
5. Kesimpulan:
a. Kesalahan yang terjadi satu tipe
b. Semua guru peduli terhadap penggunaan pertanda baca dan alfabet modal yg benar
c. Siswa masih wajib menyelidiki EYD
Sumber goresan pena: Buku Pengayaan Bahasa Indonesia, Kelas XI Semester 2