Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh Terbaru

Cara Praktis Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta ContohDalam pelajaran Matematika masih ada materi pembelajaran mengenai persen. Materi ini umumnya tak jarang kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya saat obral diskon sandang atau alat kecantikan. Tentu saja teknik menghitung % ini diterapkan. Dalam ilmu Matematika, menghitung % bisa menggunakan rumus tertentu atau menggunakan kalkulator agar lebih gampang. Tetapi kini ini ada cara gampang menghitung % tanpa kalkulator. Bahkan pada contoh menghitung % tanpa kalkulator akan lebih mudah buat memakai cara cara tadi. Dengan begitu kita nir akan malas berhitung serta tidak bergantung terhadap indera misalnya kalkulator lagi.
Menghitung persen tanpa donasi kalkulator dapat dipakai buat mengasah otak dengan cara berhitung manual. Cara ini tentunya lebih mudah serta lebih baik dilakukan apabila dibandingkan memakai bantuan alat. Persen dilambangkan dengan simbol %. Pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai cara gampang menghitung persen tanpa kalkulator beserta model menghitung persen tanpa kalkulator. Untuk detail dapat anda simak di bawah ini.

Cara Praktis Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Pada dasarnya menghitung % dapat dilakukan menggunakan memakai rumus %. Rumus ini bermaksud buat memudahkan siswa agar lebih gampang pada mencari nilai persen yang terdapat. Adapun rumus dalam menghitung persen yaitu
Persentase (%) = (bagian/semua) x 100
Dengan rumus diatas, kita dapat mengubah bentuk persen menjadi pecahan eksklusif ataupun sebaliknya. Namun lantaran banyaknya variasi perhitungan persen, maka kita wajib memakai cara gampang menghitung % tanpa kalkulator. Caranya relatif mengganti persen menjadi bentuk pecahan kemudian dirubah lagi menjadi lebih sederhana. Setelah itu dikalikan menggunakan nilai yang ingin dicari persennya. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak model menghitung persen tanpa kalkulator di bawah ini:
Baca pula : Rumus Persamaan Garis Lurus Beserta Contoh Soal
1. Pak Jono memiliki bebek yg jumlahnya 8.000 ekor. Jika bulan depan pak Jono ingin menjual bebeknya sebesar 25%, maka berapakah jumlah bebek yang akan pada jual?

Pembahasan
Pada umumnya kita menghitung % dengan merubahnya sebagai pecahan lalu mengalikan dengan jumlah yang diinginkan misalnya cara di bawah ini:
25% = 25/100
Jumlah bebek yg dijual = 25/100 x 8.000 = 2.000 ekor

Cara diatas memakai rumus persen yg ada namun bagaimana apabila jumlah angka yg ingin dikalikan mempunyai akbar seratus ribu lebih? Tentunya cara ini akan lebih panjang dan lebih sulit. Tetapi tidak perlu risi karena anda bisa menggunakan cara mudah menghitung persen tanpa kalkulator seperti pada bawah ini :

 25% diubah menjadi 1/4 agar lebih mudah menghitungnya. Maka perhitungan persennya akan misalnya dibawah ini :
Jumlah bebek yang dijual = 8.000/4 = 2.000 ekor

2. Mall Sentul menyediakan diskon sebesar 20% menggunakan nilai belanja sebesar 200.000. Berapakah besar bonus yg diberikan oleh Mall tadi?
Baca pula : Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan
Jawab.
20%= 1/5
Besar bonus yg diberikan = 200.000/5
                                               = 40.000

Demikianlah penerangan tentang cara mudah menghitung persen tanpa kalkulator serta contoh menghitung % tanpa kalkulator. Dalam menghitung %, cara ini lebih gampang bukan? Dengan begitu anda tidak akan bergantung lagi menggunakan alat dalam perhitungan persen atau sejenisnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI