Ciri Ciri Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial Terbaru

Ciri Ciri, Kelebihan serta Kelemahan Pemerintahan Presidensial - Pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial niscaya telah dijelaskan mengenai sistem pemerintahan di Indonesia. Terdapat dua jenis sistem pemerintahan yaitu pemerintahan presidensial dan pemerintahan parlementer. Kedua jenis pemerintahan tersebut mempunyai pengertian dan karakteristik ciri yg tidak sinkron beda pada memerintah negara Indonesia. Negara Indonesia telah menggunakan pemerintahan presidensial dimana kekuasaan tertinggi dipegang sang Presiden.
Indonesia telah menggunakan sitem pemerintahan parlementer dalam tahun 1950 dengan berpedoman kepada UUD S 1950. Tetapi lantaran terdapat beberapa hal yang tidak sinkron dengan dekrit presiden maka diganti menggunakan sistem pemerintahan presidensial. Kali ini buen humorii akan membahas tentang ciri karakteristik pemerintahan presidensial, kelebihan pemerintahan presidensial  serta kelemahan pemerintahan presidensial. Namun sebelumnya saya akan membahas tentang pengertian pemerintahan presidensial.

Ciri Ciri, Kelebihan serta Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Indonesia memakai sistem pemeritahan presidensial karena dalam lepas lima Juli 1959 dikeluarkan dekrit presiden. Dekrit presiden tersebut berisi tentang berlakunya kembali Undang-Undang Dasar 1945 serta tidak berlakunya UUDS 1950. Pemerintahan presidensial adalah sisem pemerintahan yang melakukan pemilu pada menentukan bagian eksekutif negara dan dilakukan terpisah dengan pemilihan bagian legislatif negara. Sistem pemerintahan presidensial ini mempunyai 3 kedaulatan yg berdasar pada trias politica berdasarkan Monstequieu yg mencakup legislatif, eksekutif maupun yudikatif. Presiden memiliki kekuasaan sebagai ketua negara dan ketua pemerintahan.
Baca jua : Biografi Cut Nyak Dhien Pahlawan Wanita Indonesia
Didalam sistem ini terdapat kedaulatan bahwa para menteri berfungsi buat membantu presiden dan bertanggung jawab terhadap presiden. Tetapi tetap berpegang pada anggaran yang sudah dibuat sang para menteri. Para menteri tersebut dipilih langsung oleh presiden. Didalam pemerintahan presidensial menyatakan bahwa anggota legislatif dilarang menjadi pejabat eksekutif ataupun kebalikannya. Badan legislatif, eksekutif juga yudikatif termasuk kedalam lembaga independen dalam pemerintahan presidensial ini. Dibawah ini masih ada ciri karakteristik pemerintahan presidensial , kelebihan pemerintahan presidensial  serta kelemahan pemerintahan presidensial.

Ciri Ciri Pemerintahan Presidensial

Apapun jenis sistem pemerintahannya maka niscaya memiliki karakteristik karakteristik yang tidak sinkron beda. Sama halnya pemerintahan presidensial ini mempunyai ciri karakteristik yang masih ada didalamnya. Ciri ciri pemerintahan presidensial bisa anda simak dibawah ini:
  • Presiden memiliki 2 kekuasaan yaitu sebagai kepala negara dan ketua pemerintahan.
  • Pemilihan presiden terjadi secara pribadi serta melalui pemilu sang rakyat.
  • Pemilihan anggota legislatif terjadi secara eksklusif serta melalui pemilu oleh masyarakat.
  • Presiden dapat memberhentikan juga mengangkat para menteri yg bersifat departemen serta non departemen lantaran mempunyai hak prerogratif.
  • Para menteri bertugas buat membantu presiden dan bertanggung jawab terhadap presiden tetapi pada pemerintahan presidensial ini para menteri dilarang buat membantu pihak legislatif.
  • Pihak eksekutf nir mempunyai tanggung jawab terhadap pihak legislatif juga sebaliknya.
  • Pihak eksekutf nir mampu menjatuhkan pihak legislatif maupn kebalikannya.
Baca jua : Proses Masuk serta Berkembangnya Hindu Budha di Indonesia


Kelebihan Pemerintahan Presidensial

Setelah karakteristik karakteristik pemerintahan presidensial diatas kemudian terdapat kelebihan pemerintahan presidensial. Berikut kelebihan pemerintahan presidensial yang dapat anda simak dibawah ini :
  1. Badan legislatif mempunyai masa jabatan yang lebih jelas, contohnya pada Indonesia masa jabatan badan legislatif misalnya Presiden merupakan 5 tahun 
  2. Keadaan badan eksekutif lebih stabil lantaran dalam kekuasaannya tidak menerima gangguan maupun tidak tergantung oleh parlemen.
  3. Badan legislatif nir terdapat anggota parlemen sehingga tidak masih ada aspek kaderisasi terhadap pihak pihak eksekutif.
  4. Program kerja kabinet bisa disusun dan diubahsuaikan dengan lamanya masa jabatan.


Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Dalam sistem pemerintahan presidensial terdapat kelemahannya jua. Walaupun masih ada kelebihan pemerintahan presidensial namun tetap ada kelemahan pemerintahan presidensial. Berikut kelemahan pemerintahan presidensial yg dapat anda simak dibawah ini.
  1. Pertanggungjawaban terhadap sistem pemerintahannya nir kentara.
  2. Dalam menciptakan keputusan terhadap kebijakan yg berlaku memerlukan saat yg lebih lama .
  3. Badan eksekutif dapat menciptakan kekuasaan yg mutlak lantaran nir ada pengawasan eksklusif berdasarkan pihak legislatif.
  4. Keputusan pengambilan kebijakan publik nir tegas lantaran terdapat perbedaan serta terdapat sistem tawar menawar terhadap pihak eksekutif menggunakan pihak legislatif. 

Demikinlah penerangan tentang pemerintahan presidensial yg terdapat pada Indonesia. Artikel diatas jua telah aku jelaskan tentang ciri karakteristik pemerintahan presidensial, kelebihan pemerintahan presidensial serta kelemahan pemerintahan presidensial. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru