Ciriciri Hakikat dan Objek Sosiologi Terbaru

Sosiologi  adalah galat satu bidang ilmu sosial yang memeriksa masyarakat. Sosiologi menjadi ilmu telah memenuhi seluruh unsur ilmu pengetahuan. Menurut Harry M. Johnson, yang dikutip oleh Soerjono Soekanto, sosiologi sebagai ilmu memiliki karakteristik-ciri, menjadi berikut.
  1. Empiris, yaitu berdasarkan dalam observasi dan akal sehat yg hasilnya tidak bersifat spekulasi (menganggap-duga). 
  2. Teoritis, yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dari output observasi yang konkret pada lapangan, dan abstraksi tersebut adalah kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab dampak sehingga menjadi teori.
  3. Komulatif, yaitu disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada, lalu diperbaiki, diperluas sebagai akibatnya memperkuat teori-teori yang lama .
  4. Nonetis, yaitu pembahasan suatu masalah nir mempersoalkan baik atau jelek masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan buat menyebutkan kasus tadi secara mendalam.
Hakikat sosiologi menjadi ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut.
  1. Sosiologi adalah ilmu sosial lantaran yg dipelajari adalah gejala-gejala kemasyarakatan.
  2. Sosiologi termasuk disiplin ilmu normatif, bukan adalah disiplin ilmu kategori yg membatasi diri pada kejadian waktu ini dan bukan apa yg terjadi atau seharusnya terjadi.
  3. Sosiologi termasuk ilmu pengetahuan murni (pure science) dan ilmu pengetahuan terapan (applied science).
  4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan tak berbentuk serta bukan ilmu pengetahuan nyata. Artinya yg sebagai perhatian adalah bentuk serta pola insiden pada warga secara menyeluruh, bukan hanya insiden itu sendiri.
  5. Sosiologi bertujuan membentuk pengertian serta pola-pola generik, dan mencari prinsip-prinsip dan hukum-hukum generik dari interaksi manusia, sifat, hakikat, bentuk, isi, dan struktur rakyat insan.
  6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan generik, merupakan sosiologi memiliki tanda-tanda-tanda-tanda generik yang terdapat pada hubungan antar manusia.
Objek Sosiologi - Sebagai ilmu pengetahuan sosiologi mempunyai beberapa objek, yaitu:
  1. Objek MaterialObjek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-tanda-tanda serta proses hubungan antara manusia yg menghipnotis satu kesatuan manusia itu sendiri.
  2. Objek FormalObjek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia dan proses yang timbul dari interaksi manusia didalam warga .

Sumber goresan pena: ciri-ciri, hakikat dan objek sosiologi, Sosiologi Untuk Kelas X SMA serta MA (Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional) oleh Sri Sudarmi serta W. Indriyanto.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru