Contoh Badan Kerjasama Ekonomi Regional Antar Negara

Sebuah negara nir bisa berdiri sendiri
dan membutuhkan kerjasama agar bisa saling melengkapi. Berikut ini model badan kerjasama ekonomi antar negara pada dunia:

a.aseaN Association of South East Asian Nations (ASEAN)
ASEAN adalah perhimpunan bangsa-bangsa yg berada di daerah Asia Tenggara,didirikan dalam tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok Thailand. Asean terdiri dari negara Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Brunai Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam, Tujuannya menyelenggarakan kerjasama dibidang ekonomi, sosial dan kebudayaan antara sesama anggota ASEAN.

b.mee Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE)
Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) atau European Economic Community (EEC) didirikan pada tahun 1957 berdasarkan perjanjian antarnegara Eropa Barat di Roma Italia. Tujuannya merupakan menyusun dan melaksanakan politik perdagangan bersama dan mendirikan wilayah perdagangan bebas di Eropa. Selain itu, MEE jua mengadakan kerja sama dibidang perdagangan dengan negara-negara Asean termasuk Indonesia. Saat ini MEE telah menaikkan derajat kerjasamanya menjadi Uni Eropa (European Union)

c.apec Asian Pacifik Economic Coorporation (APEC)
APEC adalah organisasi kerjasama regional pada tempat Asia-Pasifik yg beranggotakan 18 negara. Didirikan dalam tahun 1989. Tujuannya melakukan liberalisasi perdagangan dan investasi, serta menaikkan permanfaatan sumbr daya alam serta kualitas asal daya manusia untuk menaikkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik.

d.ibrd International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) atau World Bank
World Bank merupakan badan internasional yg beranjak dalam bidang perbankan buat pembangunan dan kemajuan negara-negara brkembang. Didirikan dalam lepas 17 Desember 1945 bertujuan menaruh donasi, baik yg brsifat jangka panjang maupun jangka pendek pada negara-negara yg sedang menciptakan.

e.opec Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC)
OPEC adalah organisasi negara-negara pengekspor minyak, didirikan dalam bulan september 1960. Tujuannya menghindarkan persaingan diantara negara pengekspor minyak bumi, mengatur pemasaran minyak bumi serta tetapkan harga yang seragam serta mengusahakan pemenuhan kebutuhan global akan minyak bumi.

f.imf International Monetary Fund (IMF)
IMF merupakan organisasi global yang berkecimpung pada bidang keuangan internasional. Didirikan dalam lepas 27 September 1945 menggunakan tujuan buat mencapai stabilitas keuangan di aneka macam dunia serta mendorong kerjasama internasional pada bidang ekonomi keuangan.

g.undp United Nations Development Program (UNDP)
UNDP merupakan badan PBB yang melakukan kegiatan pada program pembangunan pada negara-negara berkembang. Tujuannya adalah menaruh sumbangan untuk membiayai program pembangunan, seperti survei pembuatan dan pembangunan jalan pada Indonesia.

h.cgi Consultative Group for Indonesia (CGI)
CGI dibentuk sang Bank Dunia atas prmintaan pemerintah Indonesia serta forum-lembaga internasional yg sebagian besar adalah mantan anggota Inter Gouvermental Group on Indonesia (IGGI). Tujuannya merupakan memberi bantuan kredit lunak buat pembangunana kepada Indonesia.

i.wto World Trade Organization (WTO)
Lembaga ini merupakan perkembangan dari GATT (General Agreement Tariff on Trade) yang berdiri sejak 1947. WTO didirikan buat mengatur arus perdagangan dan menghindari adanya negara-negara yg merasa dirugikan berdasarkan perdagangan tadi. Seperti adanya penerapan politik dumping.

j.ilo International Labour Organization (ILO)
ILO adalah organisasi internasional yg beranjak pada bidang perburuhan, didirikan dalam lepas 11 April 1991. Tujuannya adalah mencapai perdamaian kekal dengan terciptanya keadilan sosial, menaikkan perbaikan nasib kaum buruh dan keluarganya dan membentuk stabilisasi dibidang ekkonomi dan sosial.

k.fao Food and Agricultural Organization (FAO)
FAO merupakan organisasi global yang melakukan aktivitas serta mengusahakan bahan makanan dan output-hasil pertanian. Didirikan pada tanggal 16 Oktober 1945. Tujuannya adalah memajukan dan mempertinggi kualitas dan kuantitas bahan makanan pada seluruh global, dan menaikkan dan memajukan output pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, irigasi dll.

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI