Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan Contoh Struktur Alur dan Tema Terbaru

Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Tema, Dan Tokoh) - Setelah sebelumnya kita membahas pengertian, karakteristik-karakteristik, struktur, unsur serta nilai cerpen maka kali ini kita akan menyimak sebuah model cerpen yg bertemakan persahabatan. Apabila dikaji lebih dalam lagi perlu diingat bahwa cerpen merupakan singkatan menurut cerita pendek, dan adalah salah satu jenis teks pada bahasa indonesia disamping teks pelukisan, narasi dan lain sebagainya.
Sebenarnya contoh cerpen singkat terdapat banyak sekali jenisnya, antara lain adalah cerpen singkat mengenai persahabatan, cerpen singkat mengenai pendidikan, cerpen singkat romantis serta lain sebagainya. Berbagai jenis cerpen singkat tadi dapat dengan gampang kita temukan dalam media baik media online juga offline. Tetapi dari aneka macam contoh cerpen tadi cerpen singkat persahabatan merupakan cerita yang paling banyak diminati.
Cerpen mengenai persahabatan kali ini diambil dari referensi sebuah buku semi novel yang memiliki judul hampir sama yakni cerpen persahabatan yang admin baca ketika sedang mengunjungi gramedia. Cerpen mengenai persahabatan sendiri memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dari cerpen jenis lain karena didalam cerpen persahabatan terdapat unsur intrinsik yang memiliki nilai-nilai yang mengajarkan kita untuk menghargai arti sebuah persahabatan dan pertemanan. persahabatan yang erat dan melekat pada beberapa orang tentunya dapat dibukukan menjadi sebuah contoh cerpen singkat ini.
Jika kita amati berbagai contoh cerpen singkat yg telah kita baca, maka kita akan menemukan baik unsur intrinsik serta unsur ekstrinsik cerpen tersebut. Unsur intrinsik cerpen tentang persahabatan sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bagian yakni: tema, tokoh, latar, alur dan lain sebagainya yag akan kita bahas setelah membaca cerpen persahabatan dibawah ini.
Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan
Mari kita ingat pulang berita yang kita dapat dalam artikel sebelumnya yang berjudul Teks Cerpen (pengertian, Ciri, Struktur, Unsur, Dan Nilai). Bahwa cerpen atau cerita pendek adalah bentuk karangan teks yg memiliki jumlah kata dibawah 10.000 kata yang menceritakan kisah hidup manusia dari karangan fiksi maupun legenda. Untuk lebih memahaminya, maka simaklah contoh cerpen singkat bersama unsur intrinsiknya mengenai persahabatan lengkap dengan pembahasan, Alur, Struktur serta Tema dibawah ini.
Baca Juga : Jenis, Pengertian Dan Struktur Teks Dala Bahasa Indonesia
Untuk mengidentifikasi unsur intrinsik model cerpen singkat mengenai persahabatan, terlebih dahulu kita wajib menyimak dan memperhatikan liputan terkait cerpen persahabatan itu sendiri.

Betapa menyenangkannya menjadi orang kaya. Hidup serba berkecukupan. Apapun yang diinginkan akan terpenuhi. Lantaran seluruh telah tersedia. Seperti halnya Tiyas. Seorang anak orang kaya yang sebagai banyak sorotan, Berangkan dan pergi selalu diantar sang supir eksklusif dan kendaraan beroda empat mewahnya.
Meskipun bergelimang harta tiyas tidaklah menyombongkan diri. Tidak kalah menggunakan Tiyas, Orang tua Tiyas pula merupakan orang yang baik dan ramah, Tidak berpatokan pada harta dalam berteman dan tidak membeda-bedakan orang disekelilingnya. Kawan-kawan Tiyas sangat senang serta betah berlama-usang di tempat tinggal Tiyas lantaran mereka selalu disambut ramah serta diperlakukan misalnya famili sendiri oleh famili Tiyas.
Baca Juga : Sruktur Teks Cerpen Lengkap
Tiyas memiliki seorang sahabat yang sangat setia menemaninya pada menghadapi lika liku kehidupan. Tidak jauh berdasarkan rumahnya Dwi sahabat tiyas tinggal di kampung dekat rumah Tiyas, hanya saja dipisahkan oleh RT saja. Tetapi telah hampir 2 minggu Dwi tidak mengunjungi Tiyas di rumahnya. “Hmmm Dwi kemana ya mah, Biasanya hampir setiap hari Dwi main kesini. Tapi ini telah hampir lewat 2 minggu Dwi tidak datang lagi.” Ujar Tiyas. “Mungkin Dwi sedang sakit!” jawab Mama Tiyas. “Ih, iya jua ya mah, siapa memahami memang Dwi lagi sakit. Kalo begitu nanti sore Tiyas mau menengoknya” pungkasnya  menggunakan penuh semangat.
Sudah lima kali Tiyas mengetuk pintu tempat tinggal Dwi. Karena menunggu lama tidak kunjung dibuka akhirnya Tiyas memberanikan diri untuk bertanya kepada tetangga mengenai menghilangnya Dwi. Benar saja, Ternyata sudah dua minggu Dwi ikut orang tuanya pulang ke desa. Sebab ayahnya habis kena PHK. Akhirnya famili Dwi memutuskan buat balik ke desa dan memilih menjadi petani.
“Oh, kasihan sekali Dwi,” ungkapnya didalam hati,
Di rumahnya, Tyas tampak melamun sembari memikirkan nasib teman setianya itu.
“Ada apa Yas? Kok engkau nggak misalnya biasanya, malah tampak lesu dan kurang semangat.” Papa bertanya sambil menegur.
“Dwi, Pa.” Jawab Tiyas
“Memangnya terdapat apa menggunakan Dwi sehingga membuatmu muram, Apa beliau sedang sakit?” Tyas menggeleng kepada ayah.
“Lantas kenapa?” Papa sebagai penasaran.
“Sekarang Dwi sudah pindah tempat tinggal . Kata tetangga sebelah rumahnya Dwi ikut orang tuanya pulang ke desa. Kabarnya bapaknya habis di PHK dan memilih buat menjadi petani”.
Sambil menatap Tiyas papa termenung memikirkan ucapan tiyas dengan rasa setengah tidak percaya.
“Kalau Papa tidak eksklusif percaya, Coba tanya deh, sama Pak RT atau ke tetangga lain” ujarnya.
“Lalu apa planning engkau ?”
“Aku harap Papa mampu menolong Dwi!”
“Maksudmu?”
Baca Juga : Contoh Cerpen Sedih Dan Romantis Tentang Cinta
“Aku pengen Dwi bisa disini lagi” Tyas  memohon dengan agak mendesak.
“Baik bila itu sanggup biki engkau seneng. Tapi, kamu harus mampu mencari alamat tempat tinggal Dwi yang pada desa” kata Papa.
Berkat donasi pemilik kontrakan bekas rumah Dwi akhirnya 3 hari kemudian Tiyas berhasil memperoleh alamat tempat tinggal Dwi yg berada di desa. Ia merasa sangat senang . Kemudian Papa beserta menggunakan Tiyas tiba ke tempat tinggal Dwi pada sebuah desa terpencil serta lokasi rumahnya masih masuk ke pada lagi. Bisa pada tempuh dengan jalan kaki dua kilometer. Kedatangan kami disambut orang tua Dwi serta Dwi sendiri. Betapa gembira hati Dwi ketika bertemu dengan Tiyas. Mereka berpelukan relatif usang buat melepas rasa rindu. Dalam awalnya Dwi sangat kaget menggunakan kedatangan Tiyas secara tiba-datang.
“Maaf ya Yas. Aku tak sempat memberi warta ke kamu kalo saya mau pindah”
“Ah, nir apa-apa. Yang penting saya sudah ketemu kamu dan merasa senang .”
Setelah berbincang cukup lama , Papa mengungkapkan tujuan kedatangan mereka kepada orang tua Dwi. Ternyata orang tua Dwi nir keberatan, mereka menyerahkan segala keputusan pada Dwi sendiri.
“Begini, Wik, kedatangan kami kemari, ingin mengajak engkau buat ikut kami ke Surabaya. Kami menduga engkau itu sudah misalnya famili kami sendiri. Gimana Wi, apakah engkau bersedia ikut?” Tanya Papa.
“Soal sekolahmu,” lanjut Papa, “engkau nggak usah khawatir. Sseluruh biaya pendidikanmu izin papa yg menanggung.”
“Baiklah bila memang Bapak dan Tiyas menghendaki saya ikut, saya mau pak. Saya juga mengucapkan poly terima kasih atas kebaikan Bapak yg mau membantu aku serta keluarga saya.”
Kemudian Tiyas bangkit berdasarkan loka duduk kemudian mendekat memeluk Dwi. Tampak mata Tyas berkaca kaca tidak kuat menunda kebahagiaan. Kini Dwi tinggal pada rumah Tiyas. Sementara orang tuanya permanen tinggal di desa. Selain buat mengerjakan sawah, mereka juga merawat nenek Dwi yg telah semakin tua.
Dari model cerpen singkat tentang persahabatan ini bisa kita ambil pesan yang tersirat bahwa kita harus mensyukuri nikmat yang telah kita miliki serta selalu merasa berkecukupan misalnya halnya Dwi yang selalu bersyukur sekalipun hayati serba kekurangan. Cerpen singkat tema teman ini jua mengajarkan dalam kita buat menjunjung tinggi nilai solidaritas anatar sesama, dan menghargai sebuah nilai persahabatan yg terjalin.

Unsur Instrinsik Cerpen Singkat Persahabatan

Setelah kita membaca model cerpen tentang persahabatan diatas, kita dapat menyimpulan unsur intrinsiknya yang terdiri berdasarkan:
  1. Tema : Persahabatan.
  2. Tokoh : Tiyas, Papa Tiyas, Mama Tyas serta Dwi.
  3. Watak :Tiyas Suka Menolong, Dwi tidak suka membebani orang lain, Papa Tiyas Baik hati dan ramah, Mama Tiyas : Peduli.
  4. Alur : Maju.
  5. Latar :Tempat - Rumah Tiyas, Rumah Dwi.
  6. Waktu : Siang Hari.
  7. Suasana : Mengharukan.
  8. Sudut pandang : Orang Pertama.
  9. Amanat : Sebagai makluk dewa kita wajib saling tolong menolong Dan Berbagi kepada sesama.

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan

Selamat Tinggal, Engkau Sahabatku

Mentari sudah menampakkan sinarnya yg hangat, menerangi 3 sahabat dekat yang tengah berkumpul disebuah rumah terbuat dari kayu. Angin berhembus semilir lembut, menerpa daun daunan pohon menggunakan berukuran besar yang menari mengikuti arah berhembusnya angin. Ketiga sahabat tadi adalah karina, helena, delia.
Dalam contoh cerpen singkat mengenai persahabatan paragraf pertama kita dapat melihat struktur teks yakni tak berbentuk cerpen. Abstrak sendiri berkenaan dengan pengenalan awal suatu cerpen
Sebagai teman mereka selalu berkumpul bermain bersama sama dalam tempat tinggal kayu tersebut. Bersedagurau, tertawa dan bembira beserta, menikmati indahnya bunga bunga yang tengah berbaris nan rapi dilihat dari atas pohon. Rumah yg saati ini berdiri kokoh diatas pohon tadi dinamakan rumah pohon persahabatan yang melambangkan persahabatan ketiga orang tersebut.

Karina adalah sosok perempuan yg sangat energic serta semangat dalam pembelajaran fisika, kimia juga sesuatu yang berhubungan dengan sains. Selain itu beliau sangat senang bersedagurau dan bercanda layaknya wanita dalam biasanya. Namun sifat manja yang beliau miliki menjadi sebuah kelemahan yg belum bisa dia kuasai.

Helena sendiri adalah wanita yg cerewet, suka berdiam diri serta mempunyai hobi mendengarkan musik jass memakai telepon genggam yg selalu dia bawa kemapun beliau pulang. Meskipun terlihat menjadi perempuan yg senang menyepelekan sesuatu, namun beliau sangat alhi pada bidang sejarah dan handal dalam bernyanyi maupun memainkan musik.
Pada paragraf 2, 3 dan 4 contoh cerpen singkat persahabatan kita akan menemukan orientasi yg memuat pengenalan tokoh pada cerpen persahabatan ini
Dan yang terakhir artinya Delia, dia merupakan wanita yg getol mempunyai rambut panjang yang teramat sangat baik. Ia suka menolong teman sahabatnya. Dia sangat pintar pada pelajaran biologi juga matematika. Tidak heran bila dia selalu menerima predikat terbaik di kelasnya. Lantaran nir pernah mendapatkan nilai rendah, dia selalu menjadi idola di sekolahannya.

Di suatu pagi, karina terbangun menggunakan paras yang lemas lesu. Matanya masih buram menggunakan wajah berkunang kunang yg membuatnya enggan berdiri. Tetapi dia wajib permanen bangun karena jam dinding telah menunjukkan pukul 07.00. Selain itu hari ini adalah hari pertama karina memasuki ruang kelas delapan. Maka diapun berusaha bangun buat bersiap siap menuju ke sekolah.
Pada pragraf ini kita akan menemukan awal mula kasus atau komplikasi pada model cerpen singkat persahabatan. Komplikasi dimulai ketika Delia menyembunyikan dan mengabaikan sakitnya
"Teng Tong". Lonceng sekolahan berbunyi menandakan sekolah sudah memasuki jam petama menciptakan helena yang sedang mendengarkan musik terganggu. Suara lonceng itu menggema masuk pada pendengaran helena. Sedangkan Delia menggunakan senyumnya yg spesial nan cantik merogoh kitab kitab menurut tas coklat yang dia bawa. Tetapi perasaan tidak lezat sedang dia rasakan, entah kenapa kepalanya mendadak sakit tetapi dia berusaha untuk permanen menahannya. Dan anehnya Delia selalu menoleh kanan kiri bak mencari sesuatu yg hilang.

Helena yg bertanya-tanya akhirnya bertanya sembari berbisik, "Del, engkau kenapa?" Delia yang berbalik menjawab "Apa engkau melihat karina? Rasanya dari tersebut saya nir melihatnya" Helena menggeleng menandakan dia nir tau keberadaan karina. Tiba tiba saja, seseorang pengajar perempuan berambut panjang berkilau tiba misalnya model iklan shampoo dan menyapa kelas "Selamat pagi anak anak" sapa bu mala menggunakan bunyi lantang.

Ibu mala kemudian berbalik ke meja serta nampak tengah mencari sesuatu diantara tumpukan kertas yg tampaknya sengaja dibiarkan terbengkalai serta berantakan. Tiba tiba pintu mulai terbuka secara misteris, berdasarkan pintu itu munculah bayang bayang. Dan ketika dipandang ternyata itu merupakan karina. Karina yg nampak kaget melihat bu bencana sudah hadir secara perlahan masuk kedalam kelas tanpa menimbulkan bunyi sedikitpun.

Delia yg tak bertenaga menunda tertawa melihat aktualisasi diri karina yg nampak lucu didepan kelas. Delia serta Helena melihat karina berlari diantara dua barisan bangku coklat yg ditata menggunakan teramat sangat rapi hingga kahirnya karina lega telah duduk disamping Delia.
Dalam contoh cerpen singkat persahabatan ini ditutup menggunakan resolusi yakni delia ternyata sakit tumor serta tengah dirawat pada rumah
Setelah jam pelajaran selesai, akhirnya ketiga teman itu pulang ke tempat tinggal pohon loka mereka berkumpul setiap harinya. Pada saat itu sakit kepala delia balik kambuh, tetapi misalnya biasanya Delia permanen merahasiakan rasa sakitnya.

Hingga pada suatu hari waktu kedua sahabatnya Karina serta Helena dirumah pohon menunggu kedatangan Delia buat mengerjakan pekerjaan tempat tinggal , Tetapi Delia yang dinantikan nir kunjung hadir. Sudah 5 hari Delia nir terlihat pada kelas maupun pada rumah pohon persahabatan. Hingga di hari keenam karena merasa penasaran Helena dan Karena tiba kerumah Delia untuk menanyakan kabarnya.
Contoh cerpen singkat persahabatan ini pula memuat banyak sekali unsur intrinsik, selain itu kita juga dapat menganalisa struktur cerpen itu sendiri
"Tok Tok" Suara karina mengetok pintu rumah Delia. Dalam hati karina bertanya "Kenapa ya poly sekali kursi kursi berjajar dirumah Delia, apakah dirumahnya sedang terdapat program selametan. Tapi kenapa dia tidak mengundang saya serta Helena?"

Ibu Delia akhirnya membuka pintu dan menjawab pertanyaan Karina. Alangkah terkejutnya karina mendengar delia masuk tempat tinggal sakit karena terkena tumor otak. Ternyata selama ini delia sudah menyembunyikan penyakitnya dari sahabat temannya.
Delia yang sudah terkena penyakit mematikan tadi berada dirumah sakit serta tengah menunggu operasi. Sontak berita ini membuat teman sahabatnya menjadi nir percaya. Delia yg terlihat selalu riang itu nir pernah berbicara serta menyinggung penyakitnya. Akhirnya karina, serta helena memberanikan diri buat menanyakan nasib sahatanya. Ibu delia mejawab menggunakan penuh rasa sedih bahwa delia sudah meninggal. Ia merogoh sepucuk surat "Ini nak, delia titip ini untuk temen temennya". Ibu bergegas masuk buat menyembunyikan kesedihannya.
Dalam surat tadi bertuliskan "Untuk sahabat sahabatku, maaf selama ini aku menyembunyikan kebenaran akan diriku. Aku telah berjuang semampuku. Tapi ini merupakan batasnya, ini adalah kehendak yg maha kuasa. Sebagai manusia kita hanya bisa pasrah dan tawakan setelah berjuang. Meskipun ini akhir dari perjuanganku, aku berharap akan menjadi awal perjuangan kalian yang baru. Jaga terus tali persahabatan kita, jangan pernah lupakan saya buat selamanya" Tulisan tangan delia tadi sontak membuat karina dan helena menangis histeris. Mata karina terasa buram serta berkunang kunang. Dan seketika bruk, karina jatuh kelenger serta helena tidak kuat menunda rasa kaget akhirnya pula ikut tersungkur ke tanah sembari menangis.

Pada dasarnya model cerpen mengenai persahabatan bisa kita temukan dalam aneka macam media, misalnya yang aku jelaskan sebelumnya. Selain mencari surat keterangan model cerpen singkat persahabatan, kita sanggup menciptakan model cerpen persahabatan sendiri menurut pengalaman pribadi menggunakan teman kita.

Itulah contoh cerpen mengenai persahabatan yg bisa kita simak serta patut untuk kita model. Persahabatan merupakan hal yg latif bila kita bisa saling enghargai dan mempunyai rasa perduli menggunakan teman kita. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI